Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ruanghrAvatar border
TS
ruanghr
[ArtikelHR] Kaizen, Prinsip Memperbaiki Diri Ala Orang Jepang
Kaizen merupakan istilah Jepang yang berarti memperbaiki. Secara harfiahnya yaitu perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus secara berkesinambungan dan konsisten. Istilah tersebut pertama kali dipopulerkan oleh Masaaki Imai dalam bukunya ‘Kaizen: The Key to Japan’s Competitive Success’. Prinsip ini diperkenalkan sebagai pendekatan sistematis untuk perbaikan-perbaikan dalam bisnis, namun jika dimaknai lebih mendalam arti sesungguhnya sangatlah luas.


[ArtikelHR] Kaizen, Prinsip Memperbaiki Diri Ala Orang Jepang
Orang Jepang menerapkan prinsip tersebut sebagai landasan untuk memperbaiki diri, yaitu dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Prinsip ini mereka terapkan dengan sebuah teknik yang dimulai dari hal kecil, teknik ini disebut dengan “prinsip satu menit”.


Hal apa saja yang bisa dilakukan dalam satu menit? Misalnya membaca buku dalam satu menit. Namun kegiatan itu tidak dilakukan sekali, tapi setiap hari secara terus-menerus sampai menjadi sebuah kebiasaan. Makna inilah yang sebenarnya dimaksudkan oleh Maasaki Imai, yaitu dari kebiasaan kecil yang akan membawa perubahan besar dalam hidup di kemudian hari.


Tentunya bukan hanya satu kegiatan saja yang bisa kita coba, satu hari yang berjumlah 24 jam setidaknya cukup untuk meluangkan waktu dalam satu menit atau lebih. Lantas bagaimana memulai prinsip kaizen ini? berikut langkah-langkahnya untuk sobat HeRo.


Menentukan Masalah yang Ingin Diperbaiki
Sebelum memulai prinsip kaizen ini, tentu saja kamu harus mengetahui letak masalah yang dihadapi. Hal yang sederhana untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya “kenapa?” pada diri sendiri. Contohnya “kenapa saya selalu terlambat bangun?”, “kenapa uang saya tidak terasa habisnya? dan lainnya.


Dari pertanyaan itu kamu setidaknya tahu akar permasalahannya dimana, misal bangun terlambat karena tidur yang terlalu malam. Begitupun dengan masalah lainnya yang dapat dilakukan dengan metode sederhana ini.


Menenetapkan Tujuan
Buatlah goal atau tujuan yang kamu inginkan, perlu diketahui jika kaizen ini terdiri dari tujuan-tujuan kecil. Tujuan itu ditentukan setiap waktunya, mau itu setiap menit, setiap hari, bahkan setiap minggu pun yang terpenting ada keinginan untuk dicapai dalam satu waktu.


Kita ambil contoh permasalahan di atas yaitu telat bangun. Permasalahannya yaitu selalu tidur larut malam, maka kita ambil tujuannya yaitu bangun pada pukul 5 pagi selama satu minggu. Seperti halnya kita menantang diri dengan sebuah challenge atau tantangan.


Menentukan Kebiasaan yang Akan Dilakukan
Setelah membuat tujuan atau challenge yang ingin diraih, maka.....


Yuk, baca artikel selengkapnya melalui link di bawah ini :
Kaizen, Prinsip Memperbaiki Diri Ala Orang Jepang [RuangHR.co.id]

Untuk melihat artikel dan informasi lainnya terkait RuangHR, dapat melalui link di bawah ini :
👉  RuangHR.co.id

Untuk membaca artikel kami lainnya, silahkan akses melalui link di bawah ini:

👉🏻ruanghr.co.id/berita/
Berita RuangHR


Untuk mendapatkan informasi terkait Human Resourcesdan lowongan kerja dari berbagai daerah di Indonesia, jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media kami lainnya.
Twitter: @Ruanghrcoid
Facebook: ruanghr.co.id
LinkedIn: RuangHR.co.id
Tiktok: @ruanghr.co.id
Group Facebook: [url=http://SENSOR URL SHORTENER/qfP1xEM]SENSOR URL SHORTENER/qfP1xEM[/url]
Group Telegram: bit.ly/telegramRuangHR

0
267
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.9KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.