Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ArieAhyanAvatar border
TS
ArieAhyan
HarmonyOS Buatan Huawei Mirip Banget dengan Android 10
Jakarta -
HarmonyOS harusnya menjadi sistem operasi alternatif buatan Huawei untuk menjadi pengganti Android. Tapi kenyataannya sistem operasi ini tidak sepenuhnya baru seperti klaim Huawei.
Jurnalis Ars Technica Ron Amadeo berhasil mengakses HarmonyOS 2.0 versi beta yang saat ini baru tersedia di China. Dalam laporannya, ia menemukan sistem operasi ini masih menjalankan Android 10 yang telah berganti nama.


[table][tr][td]
[/td]
[/tr]
[/table]
Amadeo menjelaskan sulitnya mendapatkan akses untuk HarmonyOS. Sebelum menjajal sistem operasi ini, ia harus mendaftar sebagai developer dengan memberikan sejumlah pengenal seperti foto paspor, kartu kredit, dan SIM.

Setelah itu ia harus menunggu dua hari untuk prosesi verifikasi identitas. Hal ini berbanding terbalik dengan Google yang mengizinkan developer untuk mengunduh SDK Android secara gratis tanpa perlu mendaftar apa-apa.
Setelah mendapatkan akses, Amadeo menemukan ia tidak bisa menjalankan emulator sistem operasi ini di perangkatnya sendiri, melainkan lewat emulator remote. Pada dasarnya, emulator ini seperti menjalankan HarmonyOS lewat Google Stadia di mana video interaktif sistem operasi tersebut disiarkan dari suatu tempat di internet.
Saat mengaktifkan ponsel, Amadeo langsung melihat antarmuka HarmonyOS sangat mirip seperti EMUI yang saat ini digunakan ponsel Huawei. Huawei mengklaim mereka memang memindahkan tampilan dan pengalaman menggunakan EMUI ke HarmonyOS.


Tapi Huawei sepertinya hanya mengganti tulisan 'Android' menjadi 'HarmonyOS'.
Saat memasuki halaman App Info, Amadeo menemukan banyak komponen Android seperti 'Android Services Library', 'Android Shared Library', 'Androidhwext', dan masih banyak lagi.

Di halaman app info untuk HarmonyOS System, juga tertera tulisan 'version 10', padahal HarmonyOS saat ini baru hadir dalam dua versi. Tulisan 'version 10' ini mengacu pada Android 10 yang sepertinya menjadi basis dari HarmonyOS.

Amadeo juga mencatat sebagai sistem operasi beta, HarmonyOS terlihat sangat matang dan lengkap jika dibandingkan sistem operasi lain yang masih dikembangkan seperti Google Fuchsia dan Samsung Tizen.
"Jika HarmonyOS benar-benar sistem operasi 'baru', teknisi Huawei melakukan pekerjaan yang luar biasa! Mereka bahkan menyalin semua fitur Android 10 dengan sempurna," tulis Amadeo dalam laporannya, seperti dikutip dari Ars Technica, Rabu (3/2/2021).
"Ada sistem gestur-navigasi yang bagus, jutaan pengaturan, sistem perizinan, dukungan NFC tap-and-pay, dark mode, dan panel notifikasi yang keren!" sambungnya.
Amadeo juga menemukan untuk sistem operasi yang belum dirilis, HarmonyOS telah mendukung banyak aplikasi. Di toko aplikasi Huawei App Gallery, ia menemukan aplikasi populer dari Microsoft, Google, Amazon, WeChat, Weibo dan lain-lain.
Bahkan saat mencoba membuat aplikasi sampel mengggunakan SDK Huawei hasil akhirnya mirip seperti file APK Android yang juga bisa dibuka seperti file ZIP, memiliki struktur internal yang sama, dan bisa di-decode dengan alat dekompilasi Android standar.
Huawei memang tidak dilarang menggunakan Android karena software yang tersedia secara publik dan open source tidak menjadi subjek pembatasan dagang pemerintah AS

Tapi Amadeo mencatat jika Huawei ingin membuat sistem operasi yang benar-benar baru dan mengurangi ketergantungannya dengan software AS, raksasa asal China ini belum berhasil.

Huawei mengatakan mereka akan menyediakan HarmonyOS secara publik pada tahun ini. Menurut Amadeo Huawei tidak punya cukup waktu untuk merombak total 'Android' menjadi 'Bukan Android'.

https://inet.detik.com/consumer/d-53...gan-android-10




Maling ketangkap basah

cina hebat (=malingnya)
be like cina
emoticon-Wakaka
anusbaubadan
tepsuzot
tepsuzot dan anusbaubadan memberi reputasi
0
1.2K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
KASKUS Official
80KThread12.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.