GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Unik Banget! Daging Ikan Ini Berwarna Biru

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai salah satu ikan yang unik banget. Kalau biasanya daging ikan berwarna merah atau putih lain halnyadenga ikan yang satu ini. Menjadi kan terganas didunia ikan ini memiliki keunikan berupa dagingnya yang berwarna biru. Kalau penasaran kenapa bisa berwarna biru langsung saja kita bahas.

Meskipun biasanya daging ikan berwarna putih. Tapi lain halnya dengan ikan yang satu ini, lingcod, spesies yang tinggal di bawah Pantai Barat, terkadang memiliki warna biru seperti alien. Penyebab warna pirus langka ini disebabkan oleh pigmen empedu yang disebut biliverdin, yang bertanggung jawab untuk mengubah serum darah ikan ini menjadi warna yang aneh, tetapi bagaimana pigmen ini masuk ke jaringan dan daging ikan, atau mengapa hanya beberapa lingcod mengubah warna yang mencolok ini, masih membuat para ahli biologi bingung. Biliverdin juga pigmen yang bertanggung jawab atas warna kehijauan yang terkadang terlihat pada memar.


Meskipun ikan ini terlihat seperti direndam dalam nampan pewarna makanan No. 2 Biru, ikan langka yang tampak seperti smurf ini memiliki rasa yang sama dengan saudara mereka yang berkulit putih. Dan saat memasak, warna biru lenyap seluruhnya. Lingcod anggota keluarga penghijauan bukan satu-satunya spesies Pantai Barat yang muncul dengan daging berwarna biru kehijauan. Sepupunya, bebatuan hijau dan rumput laut hijau, terkadang berwarna turquoise. 

Lingcod bersembunyi di antara terumbu karang dari Baja California hingga Teluk Alaska, dan mereka adalah salah satu predator paling menakutkan di pantai, pemburu penyergap yang sabar dan sembarangan yang meledak dari tempat berlindung mereka untuk menangkap mangsa malang apa pun yang berenang melewatinya. Baik ling sejati maupun cod sejati, lingcod tidak termasuk dalam keluarga yang disebut ikan hijau, meskipun sebenarnya Ophiodon elongatus adalah evolusi eksentrik. Seperti yang dikemukakan dalam bahasa Latin, lingcod memiliki tubuh yang panjang dan halus dengan bintik-bintik macan tutul cokelat yang menyamarkan mereka di dasar laut, di mana mereka menggunakan sirip dada seperti sayap untuk menopang diri saat menunggu. 


Lingcod mungkin tidak cantik secara konvensional, tetapi bagi para nelayan komersial dan rekreasi Pantai Barat, hampir tidak ada pemandangan yang lebih indah daripada  kepala ember dewasa yang muncul dari Pasifik. Lingcod dewasa biasanya memiliki berat hingga 30 pon, dan 60 pon kadang - kadang muncul di jaring dan di tali. Daging Lingcod sering kali memiliki warna kebiruan atau kehijauan, tetapi warna aneh itu menghilang saat digoreng atau dipanggang, meninggalkan fillet putih tebal yang berada di antara makanan lezat yang paling kurang dihargai di Northwest.

Lingcod dulunya merupakan makanan pokok orang Indian Amerika pesisir, lingcod menjadi target perikanan komersial pada tahun 1870-an. Sepasang perahu layar menyeret jaring paranzella yang menyerupai pukat-hela (trawl) udang di sepanjang dasar laut California untuk ikan pipih, rockfish, lingcod, dan penghuni dasar laut lainnya, makanan untuk pasar ikan yang bermunculan di sekitar negara bagian yang berkembang pesat. Meskipun beberapa nelayan pancing dan pancing memburu lingcod pada awal abad ke-20, ikan tersebut relatif kebal terhadap penangkapan berlebihan, karena kapal pukat tidak dapat menarik jala melalui habitat lingcod tanpa digantung di bebatuan. Itu berubah pada tahun 1960-an, ketika para nelayan melengkapi jala mereka dengan ban yang memantulkan pukat-hela (trawl) udang di atas terumbu, membuka usaha perikanan untuk kapal pukat yang sangat efisien.

Nah itulah alasannya kenapa daging ikan ini berwarna biru. Walaupun berwarna biru ada juga ikan lingcod yang berwarna putih seperti pada umumnya. Gimana menurut agan semua ada yang pengen sushi biru?. Sekian thread kali ini semoga bermanfaat dan menghibur agan semua.

Sumber referensi : Pribadi & Disini, Disini

Sumber gambar  : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca


trifatoyah
yudhi0412
tien212700
tien212700 dan 45 lainnya memberi reputasi
40
11K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.