Tangis pilu seorang pria yang pesanan 60 nasi kotaknya mendadak dibatalkan. (TikTok)
Sebuah video yang menampilkan seorang pria menangis sambil memasak viral di sosial media. Cerita tentang kejadian yang dialami pria ini cukup menyayat hati.
Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @heppy08. Di video itu, seorang pria menangis lantaran 60 nasi kotak yang telah dibuat dibatalkan begitu saja secara mendadak.
Di video tersebut nampak banyak bahan makanan yang disiapkan. Mulai dari sayur, cabai, bawang, kerupuk, semua sudah terlanjur dibeli dalam jumlah banyak.
Padahal, pria tersebut meminjam ke sana ke mari untuk belanja bahan. Hal ini lantaran uang muka yang diberikan kurang untuk membeli kebutuhan dapur.
Pesanan 60 nasi kotak dibatalkan begitu saja, pria ini menangis (TikTok @heppy08)
Saat itu, kondisi keuangan pria ini sedang sulit. Seharusnya 60 nasi kotak yang dipesan itu menjadi angin segar, bukannya badai.
Pria ini menangis tersedu sembari mengaduk sayur yang dimasak. Ia juga menangis di pangkuan sang istri atas kejadian ini.
"Wahai pembeli, bayangin kau di posisi orang susah begini. Lihat tangisannya. Apa kau setega itu?" Tanya pengunggah video yang juga merasa sedih atas hal ini.
Pengunggah video ini berusaha menghibur pria tersebut. Pria itu mengaku kebingungan bagaimana cara mengganti uang yang terlanjur dipinjam.
Makanan yang sudah terlanjur dibuat itu akhirnya disumbangkan ke anak yatim dan juga ke masjid. Perekam video ini berharap agar inilah jalan pembuka rezeki untuk pria tersebut.
Kisah menyedihkan ini jadi sangat viral di TikTok. Hanya dalam waktu kurang dari 24 jam, video ini sudah disaksikan hingga nyaris 7 juta kali.
Warganet bersimpati atas kejadian pesanan nasi kotak dibatalkan tersebut. Puluhan ribu komentar membanjiri video tersebut.
"Lokasi Bapak di mana Pak? Sini saya yang bayarin aja," komentar seorang warganet.
Warganet lain ikut mengomentari video ini. "Semoga rezekinya diganti dengan orang baru ya pak. Amin," ujar warganet ini.
"Saran aja ya kak, kalo mau buat nasi kotak gitu minta uang mukanya minimal cukup buat bahan-bahannya. Kasihan banget," tulis warganet lainnya.
Original Posted By sudarmadji-oye►dah disamperin sama putra siregar gan, sama2 marga siregar, di ganti jadi 3000 pesanan, emang keadaaan nya prihatin gitu gan, dan cerita ini bener...
===========================================
Putra Siregar yang merupakan pengusaha sekaligus pemilik PS Store juga menunjukkan empatinya. Ia meminta karyawan dari PS Store Medan untuk mengunjungi pria tersebut di rumahnya.
Sampai sana, para karyawan PS Store menyebutkan maksud baik dari Putra Siregar. Di mana Putra Siregar ingin memesan sebanyak 3.000 nasi kotak.
yg tanya kenapa di tiktok? lah trus di mana lagi biar viral?
Komentar Kaskuser yang budiman :
Quote:
Original Posted By AiHikoe►Lain kali kalau ada pesenan banyak, ada baiknya DP dulu
Quote:
Original Posted By DENBAGUS88►Ya turut prihatin aja dengan kondisi seperti ini ada customer gak ada akhlak main batal aja..semoga diganti rejeki yg lebih dari 60 kotak....memang bikin puyeng aja kalau ada main batal2 padahal orderan sudah dibuat..pengalaman pribadi sih dah sering ngalami situasi seperti itu dengan nilai yang lumayan ..
Quote:
Original Posted By marvelrt►ya harusnya ada strategi pembayarannya
DP sekian
mendekati hari H , DP harus sekian % atau udah harus lunas.
cancel, hangus
Quote:
Original Posted By pasti2periode►biasa aja
berbisnis ga pernah mudah
mau nempa mental paling benar adalah berbisnis
klo mo enak mah jadi buruh
libur banyak, gaji bulanan masuk trys
peduli setan dengan kerugian perusahaan
Quote:
Original Posted By reallifepahit88►ga tau beneran/nggak, tapi buat menjadi pelajaran bagi siapapun pengusaha nastak...
kalo ada orang order suruh DP 60% atau minta langsung bayar penuh dengan perjanjian di atas materai dengan tenggat waktu yang ditentukan
Quote:
Original Posted By Skyland999►Harusnya minta dp min 50% pak
Semoga rezeki makin berlimpah pak
Quote:
Original Posted By lsenseyel►turut prihatin buat korbannya
tapi selama itu sumbernya dari tiktod, keprihatinan ane berkurang 50%
Quote:
Original Posted By Guitarboy►jadi penjual mesti smart
suru dp Dulu
H-7 suru pelunasan baru bikinin
kalo dia gamau ikut rules ya gausah pesen
Quote:
Original Posted By lunar1980►bukannya tidak percaya, tapi iya jaman sekarang masih ada main terima pesanan segitu banyak tanpa DP ? wong saya pesan buat kateringan kantor saja (padahal sudah langganan) disuruh DP dulu minimal 20%.
Quote:
Original Posted By theone222►Info dari tiktok? Kalo ane sih ga percaya gan. Menurut ane ini hanya sebatas konten entah tujuannya untuk menarik simpati, atau promosi
Quote:
Original Posted By adfaisal►yang menjadi perhatian ane ada kata :
censel
CENSEL
Quote:
Original Posted By najo►yg baatalin gk punya otak...
tapi kasihan dibatalin 60 kotak yang luar biasanya dapat ganti 3000 kotak
Quote:
Original Posted By sfast►Ada yg perlu dikoreksi. Dia pemain baru di dunia kuliner jd wajar dia hanya pasang dp kecil. Yg penting ada pelanggan dulu. Klo suka bisa sering2 pesan dan disampaikan ke org lain alias promosi gratis.
Dia gak salah, strategi sdh tepat hanya sj yg pesan bajingan.
Quote:
Original Posted By freedomjustice►Transaksinya salah sih. Biasanya DP, h-30 bayar setengah dan h-2 bayar full.
Quote:
Original Posted By Zhendong.Wanmei►iya jadi pengalaman.
Ane dulu punya toko fried chicken. Gak pernah ane kasi kalau gak lunas. Soalnya resiko kehantam langsung ke modal kalo kenapa2....
Quote:
Original Posted By javans►Btw itu putra siregar kirain dah ditahan , tp salut mau membantu
Quote:
Original Posted By billyns►ini sih nggak heran, banyak orang masuk bisnis tanpa pengetahuan dasar2 bisnis. itu sebab penting sebelum bisnis sendiri untuk masuk ke perusahaan yang sudah mapan supaya bisa belajar sistem kerjanya.
Quote:
Original Posted By davecchio►Ane paham banget neh, pernah salah pesen, kelebihan 1 kali makan, akhirnya tetep ane bayar, makananya buat bagi2, hehehehe
Quote:
Original Posted By amatir91►kenapa disini pada belain pedagangnya?
emangnya pembeli waktu cancel gak hangus uang dp nya?
emangnya kalian tau penyebabnya pembeli sampe cancel order?
semua pihak sama2 rugi.
Quote:
Original Posted By ridwan_aniu►Salut dah sama PS Store.. Gak percuma gw beli hp disana... Hasilnya jadi barokah juga..
Quote:
Original Posted By saoyuan►Pelajaran aja, DP dl biar gak tekor bgt
Quote:
Original Posted By titoa.ja►Sodara ane ada bisnis katering, dulu jg sering kena php konsumen. Akhirnya ane bikinin formulir pesanan yg intinya harus ada booking fee sekian rupiah, H-7 bayar lagi sekian persen dan selambatnya H-1 harus lunas 100%. Sampe skrg bisnisnya lancar.
Quote:
Original Posted By Rogue.EXE►Sependapat sama agan2 yg lain, mustinya memang pake sistem DP sebelumnya, tapi ane tetep kesian sama si bapaknya ini. Kalo aja ane anak sultan, pengennya bayarin semua makanannya.
Buat si pembeli, ntah apa alasan elu batalin semua itu, hal yg sama mungkin bakal elu rasain kemudian hari.