• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Dia Daftar Negara Terbaik dalam Menangani Corona, Indonesia Nomor Berapa?

widokoAvatar border
TS
widoko
Ini Dia Daftar Negara Terbaik dalam Menangani Corona, Indonesia Nomor Berapa?
Sudah setahun lebih pandemi Covid-19 menyerang dunia. Jumlah total kasus di dunia kini menyentuh angka 100 juta lebih, sedang kematiannya tembus 2 juta jiwa lebih.


Negara dengan Covid Performance Index Teratas (Sumber: https://interactives.lowyinstitute.org/features/covid-performance/)


Menurut situs Worldometers.info, diakses 01 Februari 2020, Covid-19 ini sudah menyerang 221 negara atau teritorial. Jumlah total kasus terkonfirmasi mencapai 103.361.661 kasus. Sedang kematiannya mencapai 2.233.992 jiwa.


Peringkat Indonesia (Sumber: https://interactives.lowyinstitute.org/features/covid-performance/)


Amerika masih menjadi negara dengan tingkat infeksi dan kematian tertinggi. Menurut situs yang sama total infeksi di Amerika adalah sebesar 26.682.632. Sedang kematian yang diakibatkan oleh Covid-19 di Negeri Paman Sam mencapai 450.754 jiwa.


Peringkat Terbawah (Sumber: https://interactives.lowyinstitute.org/features/covid-performance/)


Yang harus menjadi perhatian dari kasus Covid-19 ini adalah pada saat-saat ini grafik kasus dan kematian di dunia akibat Covid-19 ini belum juga menunjukkan tanda-tanda melandai. Pada bulan Januari 2021, menurut situs worldometers.info, kasus dan kematian di dunia malah menunjukkan rekor tertinggi. Kasus harian tertinggi di dunia terjadi pada tanggal 08 Januari 2021 dengan jumlah kasus mencapai 845.285 kasus. Sedang jumlah kematian harian tertinggi terjadi pada 20 Januari 2021 dengan angka kematian mencapai 17.554 jiwa.

Melihat grafik yang belum landai tersebut bisa dikatakan bahwa banyak negara masih kuwalan menghadapi Covid-19. Lalu tidak adakah negara di dunia ini yang berhasil dengan baik menangani Corona?

Berkaitan dengan hal itu, The Lowy Institute, lembaga think thank asal Sidney Australia mencoba membuat peringkat negara-negara dalam menangani Corona dengan apa yang mereka sebut dengan Covid Performance Index. The Lowy Institute membuat peringkat 98 negara di dunia, kecuali China. China tidak dimasukkan dalam pemeringkatan karena kurangnya data yang tersedia untuk umum dari negara itu.

Data yang digunakan The Lowy Institute dalam menyusun Covid Performance Index tersebut adalah data-data yang tersedia selama 36 pekan sampai dengan tanggal 9 Januari 2021.  Data-data tersebut diantaranya adalah kasus yang terkonfirmasi, kematian yang terkonfirmasi, kasus terkonfirmasi per satu juta orang, kematian terkonfirmasi per satu juta orang, kasus terkonfirmasi sebagai proporsi tes, dan angka tes per seribu orang.

Nah, hasil dari data Covid Performance Index yang dibuat oleh The Lowy Institute tersebut menunjukkan New Zealand sebagai negara dengan penanganan kasus Covid-19 terbaik. Selandia Baru berada pada puncak daftar dengan skor 94,4. 

Menyusul di bawah Selandia Baru ada Vietnam. Vietnam menjadi runner up dengan skor 90,8. Melengkapi di tiga besar ada Taiwan dengan skor 86,4.

Di bawah Taiwan ada Negara Asia Tenggara Thailand di peringkat ke empat dengan skor 84,2. Lalu di peringkat ke lima ada Cyprus dengan skor 83,3. Di bawah Cyprus melengkapi 10 besar dunia berturut-turut ada Rwanda, Islandia, Australia, Latvia dan Sri Lanka dengan skor berturut-turut 80.8, 80.1, 77.9, 77.5, dan 76.8.

Lalu dimanakah posisi Indonesia? 

Negara kita berada pada posisi yang lumayan rendah yakni pada peringkat ke 85 dari 98 negara dengan skor 24,7. Posisi Indonesia tepat di atas India yang merupakan negara dengan total kasus Covid-19 terbanyak kedua di dunia. Sedang negara dengan performance penanganan kasus terburuk adalah Brazil. Brazil menduduki juru kunci daftar Covid Performance Index dengan skor 4,3.

Tentu Covid performance Index dari The Lowy Institute ini punya keterbatasan dan mungkin masih bisa diperdebatkan di sana-sini. Tetapi juga bisa menjadi referensi kira-kira dimanakah tingkat penanganan kasus Corona Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Semoga dengan kesadaran masyarakat dan semua elemen negara dan bangsa ini bisa segera mengatasi Covid-19. Semoga banyak hal yang telah berubah karena pandemi ini segera normal kembali...I] 




Referensi:
1. https://interactives.lowyinstitute.org/features/covid-performance/
2. https://www.worldometers.info/coronavirus/
n.h3
Junmai92
tien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
8K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.