• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wah! Ternyata Banyak Negara yang Lebih Korup dari Indonesia di Asia Tenggara, Ini Dia

widokoAvatar border
TS
widoko
Wah! Ternyata Banyak Negara yang Lebih Korup dari Indonesia di Asia Tenggara, Ini Dia
Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia adalah negara yang mempunyai image buruk kaitannya dengan korupsi. Banyak pemimpin daerah, anggota dewan, pejabat publik, bahkan sampai pada menteri yang tertangkap KPK gara-gara praktik rasuah. Dalam masa Pemerintahan Presiden Jokowi Jilid II yang sekitar satu tahun ini saja sudah ada dua menteri Jokowi yang menjadi tersangka korupsi yakmi Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.


IPK Kamboja Terendah di Asia Tenggara (Sumber: transparency.org)


Tetapi meski termasuk parah, di Asia Tenggara ternyata banyak negara lain yang korupsinya lebih parah dari Indonesia. Wah benarkah?


IPK Indonesia (Sumber: transparency.org)


Iya benar. Data itu setidaknya terlihat dari Indeks Persepsi Korupsi (IPK) atau Corruption Perception Indeks terbaru yang dikeluarkan oleh Transparency International lewat Transparency.org. Transparency International adalah lembaga di dunia yang aktif memerangi korupsi dan setiap tahun mengeluarkan peringkat Indek Persepsi Korupsi dari sekitar 180 negara di dunia.


IPK Singapura Tertinggi di Asia Tenggara (Sumber: transparency.org)


Pada peringkat IPK terbaru atau IPK tahun 2020 Indonesia menempati ranking ke 102 dari 180 negara dengan skor IPK sebesar 37. Dan di Asia Tenggara ternyata banyak negara yang mempunyai peringkat lebih parah atau di bawah Indonesia..

Negara Asia Tenggara yang IPK nya di bawah Indonesia yang pertama adalah Vietnam. Dengan skor IPK sebesar 36 Vietnam menduduki peringkat 104 dunia. Negara Asia Tenggara lain yang memperoleh skor dan peringkat sama dengan Vietnam adalah Thailand.

Di bawah Vietnam dan Thailand ada Filipina. Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia tersebut berada pada peringkat ke 115 dunia dengan skor IPK sebesar 34. 

Sementara itu di bawah Filipina ada negara Laos. Laos berada pada peringkat ke 134 dunia dengan skor IPK sebesar 29. Terpaut satu skor di bawah Laos ada Myanmar. Dengan skor IPK sebesar 28 Myanmar berada pada peringkat ke 137 dunia.

Dan yang terakhir yang paling parah adalah Kamboja. Kamboja berada pada peringkat ke 160 dunia dari 180 negara dengan skor IPK 21.

Meskipun di bawah Indonesia masih ada negara-negara yang lebih korup, tetapi kita tidak boleh jumawa, karena peringkat Indonesia berada di bawah Timor Leste, negara kecil yang dulu menjadi bagian dari provinsi kita. Peringkat Indonesia terpaut jauh dari negara yang menduduki separuh timur Pulau Timor itu. Indonesia berada pada peringkat ke 102, sedang Timor Leste berada 16 tingkat di atas kita yakni pada peringkat ke 86 dunia.

Selain tertinggal dari TimorLeste, kita juga tertinggal jauh dari Singapura. Singapura menjadi negara dengan skor IPK tertinggi di Asia Tenggara dengan skor 85. Dengan Skor tersebut Sang Negeri Singa berada pada urutan ke 3 di dunia. 

Peringkat IPK dari Transparency International ini harus menjadikan masukan bagi pemerintah dan kita semua. Semoga ke depannya negara kita semakin bersih dan sedikit demi sedikit bisa terbebas dari korupsi yang agaknya telah membudaya...I]


Referensi:

1. https://www.transparency.org/en/cpi/2020/index/nzl



Diubah oleh widoko 31-01-2021 09:21
emineminna
senoindra
tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
14
4.9K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.