• Beranda
  • ...
  • Aceh
  • [COC Reg. Aceh]5 Minuman Kopi Khas Aceh yang Wajib Dicoba! Nomor 3 Penyajiannya Unik

TaraAnggara
TS
TaraAnggara
[COC Reg. Aceh]5 Minuman Kopi Khas Aceh yang Wajib Dicoba! Nomor 3 Penyajiannya Unik
Sumber gambar


Hai, Agan dan Sista! Senang sekali rasanya bisa menyapa kalian kembali di tahun 2021 setelah berbulan-bulan bersemayam di lubang semut🤣🤣. Semoga kalian tidak lupa dengan TS yang memang tidak tenar ini, ya.

Ok! untuk mengobati kerinduan TS dengan Agan dan Sista, di thread kali ini TS bakal ngajak kalian minum kopi ke Aceh. Wuih, jauh banget ya?




Nggak jauh kok, cukup duduk dan baca thread ini sambil bayangin aneka minuman berbahan dasar kopi yang akan TS ulas. Nggak papa lah ngebayangin dulu, siapa tahu suatu saat nanti Gansist benar-benar liburan ke Aceh dan bisa mencobanya beneran. Hehe.



Baiklah, langsung saja yuk kita simak 5 Minuman Kopi Khas Aceh yang Wajib Dicoba! Nomor 3 Penyajiannya Unik



1. Nira presso

Sumber gambar

Sesuai dengan namanya, Nirapreso merupakan seduhan kopi yang dicampur air nira. Perpaduan rasa yang kuat antara air nira dan jenis kopi arabika dari tanah Gayo, akan membuat Gansit ketagihan saat mencobanya. Ketika disajikan air nira terdapat dibagian bawah gelas, sementara kopinya dibagian permukaan sehingga terlihat menarik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengaduknya terlebih dahulu sebelum dinikmati agar bercampur rata.



2. Kopi Pala

Sumber gambar

Kopi Pala adalah seduhan kopi Arabika dicampur dengan ekstrak buah pala yang diproduksi langsung dari Aceh Selatan. Pasti Gansist baru dengar kan, ada kopi dicampur buah pala?

Terdengar asing memang, tapi soal rasa tidak boleh diremehkan. Citarasa kopi yang khas dan berkhasiat meredakan stres, membuat kopi ini digemari bukan hanya oleh warga Aceh tapi juga pendatang. Pokonya jika Gansist berkunjung ke Aceh, wajib mencobanya deh. Apalagi bagi kalian yang baru putus hubungan, cocok nih buat meredakan stres karena ditinggal pacar🤣.


3. Kopi Khop

Sumber gambar

Ini dia kopi unik yang mungkin hanya ada di Aceh. Bagaimana tidak unik, cara penyajiannya saja dengan cara membalik gelas di atas cawan. Terus gimana cara minumnya, apa nggak tumpah?

Jadi gini Gansist cara menikmati Kopi Khop, pertama angkat gelas secara perlahan hingga air kopi keluar. Nah, air kopi yang berada di luar gelas ini kemudian diseruput menggunakan sedotan. Jangan lupa memastikan bahwa kopi sudah dingin sebelum menyedotnya, biar lidah nggak kepanasan.

4. Kopi engasr

Sumber gambar

Nah ini dia minuman kopi khas Aceh yang cukup legendaris. Kopi engasr terbuat dari campuran kopi hitam jenis robusta, krim kental manis dan juga gula. Secara penampakan sih mirip kopi susu, bedanya takaran susunya lebih sedikit sehingga aroma kopinya masih kuat.

Meski terlihat sederhana, tidak semua orang bisa membuat kopi engasr lho. Jika takaran tiap bahannya tidak pas, maka tidak akan tercipta kopi engasr yang nikmat. Selain nikmat disajikan panas, minuman ini juga nikmat disajikan bersama es.


5. Kopi BMW

Sumber gambar

Eits, ini bukan nama merek mobil loh ya. BMW adalah singkatan dari bahasa Aceh Boh Mano Weng yang artinya telur ayam kocok. Yup! Kopi BMW memang sajian kopi yang pembuatannya dicampur telur ayam. Telur yang digunakan biasanya adalah ayam kampung dan Arab.

Cara membuat Kopi BMW, pertama masukan telur ke dalam gelas lalu kocok hingga mengembang. Setelah itu baru ditambahkan kopi yang sudah disaring dan juga gula, kopi pun siap dinikmati. Meski dicampur dengan telur, tidak ada aroma amis pada minuman kopi ini. Selain dapat menghilangkan rasa kantuk, kopi bmw juga berguna untuk menambah stamina.

Hayo siapa yang mau coba biar nggak loyoemoticon-Ngakak



Itulah dia 5 sajian kopi khas Aceh yang bisa Gansist coba jika berkunjung ke kota Serambi Mekah ini. Kreatif banget bukan masyarakat Aceh dalam hal meracik kopi. Bahan-bahan lain yang dicampurkan ke dalam seduhan kopi sungguh unik dan tak biasa. Namun dari hal tersebut, terciptalah kopi nikmat dan juga berkhasiat yang mungkin hanya bisa kita jumpai di Aceh.



Bagaimana, apakah Gansist tertarik mencoba sederet minuman di atas? Yuk, ceritakan di kolom komentar.





Penulis: Tara Anggara
Refrensi: 1, 2, 3, 4, 5
Cilacap, 27 Januari 2021




topantitasuperf1cialtien212700
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
48
5.8K
264
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Aceh
Aceh
icon
1.9KThread469Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.