Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kokbasi.co.idAvatar border
TS
kokbasi.co.id
Lurah Lapor Pemkot Depok soal Pasar Muamalah Jual Beli Pakai Dinar
Lurah Lapor Pemkot Depok soal Pasar Muamalah Jual Beli Pakai Dinar

Depok - Aktivitas jual beli menggunakan uang asing dinar dan dirham di salah satu pasar Muamalah di Tanah Baru, Beji, Depok viral di media sosial. Lurah Tanah Baru, Zakky mengaku telah melaporkan terkait hal tersebut ke Pemkot Depok dan Satpol PP.

"Kalau tindak lanjut bukan menjadi kewenangan kami, kami hanya sebatas imbauan dan pelaporan, tapi sudah dilaporkan secara berjenjang ke kecamatan dan Satpol PP Kota Depok untuk tindakan lebih lanjut," kata Zakky saat dihubungi detikcom, Kamis (28/1/2021).

Zakky mengaku baru mendapatkan informasi terkait aktivitas jual beli menggunakan uang asing tersebut kemarin (27/1). Dia memastikan saat ini aktivitas jual beli tersebut tengah didalami lebih lanjut oleh pihak Kepolisian, Kejaksaan, dan Pemkot Depok.

"Info awal pun baru kami dapat kemarin dari rekan intel Polres Depok, dan tadi telah dilakukan pendalaman lebih lanjut oleh intel dari Kejaksaan didampingi oleh Kasie Pemerintahan Kelurahan, sementara masih menunggu arahan pihak berwenang," ucapnya.
Meski begitu, Zakky memastikan aktivitas jual beli menggunakan uang asing dirham dan dinar tersebut ternyata memang kerap terjadi setiap 2 minggu sekali. Sejumlah barang hingga makanan dijual dengan bayaran dirham dan dinar.

"Yang saya ketahui untuk proses pembayaran pada transaksi jual beli di pasar Muamalah dengan menggunakan koin dinar dan dirham. Untuk barang yang diperjualbelikan antara lain, sandal Nabi, parfum, makanan ringan atau kue, madu, dan baju, dll," ujarnya.

Berdasarkan video yang beredar viral di media sosial, terlihat sejumlah barang seperti makanan dipamerkan untuk diperjualbelikan. Dalam video tersebut tampak makanan hingga barang yang dijual dihargai dengan Dirham.

Seperti brownies dihargai dengan setengah dirham, 6 buah roti seharga 1 dirham, hingga sandal seharga 2 dirham. Tampak salah satu penjual menunjukan uang transaksi hasil jual beli berupa koin emas senilai 1 dinar dan koin silver senilai 2 dirham.

https://news.detik.com/berita/d-5352...m=wpm_headline

Depokistan

Diubah oleh KS06 19-04-2021 01:59
0
1.7K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.