Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pendaurulangAvatar border
TS
pendaurulang
Buta Warna dan Miskonsepsinya dalam Masyarakat
Color Vision Deficiency- Buta warna merupakan kelainan genetik yang penderitanya konon memiliki gangguan penglihatan terhadap spektrum warna tertentu. Gangguan penglihatan tersebut bukan berarti tidak dapat membedakan warna, tetapi pada kondisi tertentu warna itu menjadi bias ketika dipadukan dengan banyak warna lain, maupun bila dilihat pada jarak dan pencahayaan yang tertentu. Bagi kebanyakan masyarakat indonesia dengan penglihatan normal, buta warna dianggap sebagai kecacatan yang memalukan. Mungkin ada yang beranggapan bahwa orang buta warna melihat uban tidak berwarna putih tapi kuning,  daun tidak hijau tapi merah, langit tidak biru tapi hitam. Kekeliruan cara memperlakukan penderita buta warna sepertinya cukup menggangu bagi penderita buta warna itu sendiri. "Buta warna" merupakan berkurangnya kualitas penglihatan terhadap warna tertentu. Istilah buta terlalu memojokkan, seolah-olah buta diartikan sebagai sama sekali tidak dapat melihat warna. Alangkah lebih bijak jika istilah buta diganti dengan lemah penglihatan.


nah sebelum menuju ke persoalan buta warna di kalangan masyarakat yang biasanya mungkin agan temuin kita bahas dulu apa sih sebenarnya buta warna itu? , yuk mari gan....


Spoiler for Buta Warna:

Jenis Jenis Buta Warna

Spoiler for Jenis Jenis Buta Warna:

nah dari pembahasan diatas, agan/sista mungkin sudah faham apa sih sebenarnya yang disebut buta warna , dan apa sih penyebabnya. nah di indonesia sendiri sering sekali terjadi kesalahpahaman soal ini, dari orang salah sebut warna "biru" dan "hijau" dianggap "buta warna", padahal emang literasinya aja yang bermasalah soal warna.

Diskriminasi terhadap penderita buta warna di indonesia sangat sering dirasakan oleh penderitanya, tertutama akses untuk memperoleh pekerjaan. Pesyaratan tidak buta warna sangat saklek, tanpa kompromi, dan diharamkan. Berbagai pengalaman buruk dirasakan oleh oleh penderita buta warna saat mengikuti test masuk ASN tertentu. Padahal beberapa pekerjaan yang seharusnya tanpa persyaratan buta warnapun dibubuhi persyaratan tersebut, hal ini terkesan persyaratan "tidak buta warna" sudah menjadi "template" bagi seluruh pembuat lowongan pekerjaan. Terlebih seharusnya persyaratan buta warna ini dapat dirincikan jenis buta warna yang diderita, tak jarang pemahaman kasar "buta warna" adalah hanya bisa melihat "hitam-putih" banyak ditemui dalam masyarakat, sehingga penyandang buta warna parsial yang seharusnya masih dapat diberi kompromi langsu tereliminasi dalam seleksi. Sangat miris, saat negara lain sangat masiv untuk mengkampanyekan peduli disabilitas, di Indonesia malah terjadi pengkucilan kelompok disabilitas ini.

Sejauh ini, sepengetahuan ane, belum ada wadah organisasi/lembaga di Indonesia yang dapat mengakomodasi kepentingan bagi penderita buta warna. Penderita buta warna sering tidak dianggap sebagai individu dengan disabilitas, mereka ibarat manusia normal namun asing, normal dalam perlakukan, asing dalam persaingan.

Perlunya peningkatan pemahaman mengenai buta warna di Indonesia masih sangat dibutuhkan, untuk meminimalisir terjadinya diskriminasi yang bahkan secara tidak dilakukan masyarakat sendiri. berbagai penelitian juga telah banyak dilakukan untuk mempermudah penyandang buta warna, seperti kacamata dan softlens khusus penderita buta warna, hingga mekanisme warna pada perangkat digital yang dapat menyesuaikan dengan penglihatan penyandang butawarna.

Nah menurut agan/sista gimana menyoal buta warna di indonesia?, atau mungkin ada referensi di daerah agan/sista?..

Nah disini ane juga ada sebuah penelitian mengenai koreksi warna pada citra(gambar) digital untuk penyandang buta warna parsial mungkin agan/sista yang merupakan penyandang buta warna parsial bisa membantu mengisi kuisioner dibawah ini yang berisi beberapa gambar untuk dikenali [url]https://forms.gle/SMTwcDqDJeEge9Y79 [/url]

Terimakasih sudah sempet baca thread ini dan terlebih yang sudah ngisi kuisioner hehehe...

yeduoka
tien212700
tien212700 dan yeduoka memberi reputasi
2
1.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.