Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arsmi170691Avatar border
TS
arsmi170691
Fiksi vs Sejarah: cerita perjalanan ke barat mengambil kitab suci


Hello agan sis smua, ane balik lagi.

Agan sis, masih ingat gak film kera sakti & perjalanan mengambil kitab suci ke barat? Klau yg uda prna nonton, pasti uda tau. Kan dulu sempat ngehits banget film serialny sejak thn 90an di tivi 2 Indonesia, bahkan sampai yg versi tahun 2000an sampe yg film box-office jaman now. Tapi tau gak klau perjalanan ke barat mengambil kitab suci sebenarnya adalah sebuah cerita sejarah aktual yg sudah difiksikan mnjadi cerita novel sejak jaman dinasti Ming di China?

Cerita perjalanan ke barat ini asliny adalah sebuah jurnal panjang seorang bhiksu agung dari jaman dinasti T'ang yang mengejar cita 2 suci utk bisa mengoreksi paham & dogma religi ajaran Buddha di dlm negeri yg kala itu byk disalahkaprahkan & melenceng dari dogma ortodoks. Beliau adalah mahabhiksu agung xuan zang & beliau diberikan titah oleh kaisar atas permohonan sndiri utk bisa mewujudkan cita 2 nya.

Cerita perjalanan ke barat mengambil kitab suci yg skarang banyak difilmkan adalah versi fiksi fantasi dari buku novel yg dikarang oleh seorang pengarang dari jaman dinasti Ming yg bernama Wu Cheng-en. Jadi tiga tokoh yg bukan manusia yg mengawal biksu tong itu adalah murni fiksi fantasi & mereka adalah gokong, patkai, & wucing. Berikut pula cerita para siluman yg ada dlm cerita. Tetapi biksu tong sbg tokoh utamany mmg asli & merupakan mahabhiksu xuan zang sndiri yg difiksikan identitasny.

Foto di atas memperlihatkan arca potret beliau dari perunggu yg berada di sbuah situs sejarah religi Buddhis di Xi'an China, yaitu pagoda big wild goose. Jurnal asli beliau ttg prjalanan ke barat mengambil kitab suci pun akhirnya menarik prhatian seorang pengarang dari jaman dinasti Ming utk dibuat mnjadi novel fiksi fantasi 9 abad setelah jurnal tersebut dipublikasikan & setelah beliau wafat.

Siapakah sbnrny mahabhiksu agung xuan zang?marga keluarga beliau sejak lahir bernama Chen & beliau sndiri bernama Chen Yi. Beliau lahir di kota Luoyang pada tahun 609 masehi sebagai anak bungsu dari empat bersaudara di sebuah keluarga priyayi yg mana para leluhurnya memiliki reputasi mulia sebagai abdi negara. Beliau dikatakan sejak kecil sudah sangat cerdas & sangat gemar membaca berbagai literatur religi konghucu ssuai dgn dogma keluarga.

Kendati dibesarkan dlm keluarga berpaham konghucu, Namun beliau memilih ajaran Buddha yg kmudian menuntun beliau menjadi calon bhiksu di usia remaja. Itu mungkin karena sifat beliau yg pengasih & berbudi luhur sejak masih anak - anak, berhati suci bersih, serta ia dikatakan memiliki takdir yg sgt baik dgn Buddha & ajaranny. Setelah ayah beliau meninggal dunia, beliau pun akhirnya bersama dgn seorg abangnny sama 2 meninggalkan keduniawian & tinggal di sbuah biara Buddha bernama biara kong hui brsama abangny.

Beliau pun akhirnya ditahbiskan mnjadi seorg bhiksu dgn nama xuan zang pada usia 20 thn. Sejak saat itulah ia pun smakin dekat dgn cita 2 nya utk bisa pergi ke barat mengambil kitab suci. Beliau mengutarakan perihal ini kepada kaisar Taizong dari dinasti T'ang yg kmudian dipertimbangkan lebih lanjut oleh kaisar & para menteri, juga kepala biara tpt beliau tinggal.

Akhirnya stelah melalui perundingan, kaisar mmberikan persetujuan kepada beliau utk mewujudkan cita 2 nya pergi ke barat. Beliau pun harus meninggalkan abangny & biara tpt mereka tinggal demi cita 2 nya. Di satu versi film serial kera sakti, diceritakan jika beliau berjanji kpada abangny & para bhiksu jika ia sudah kembali, maka salah satu pohon cemara yg tumbuh di halaman biara akan membengkok puncak pohonnya sbg pertanda jika beliau sudah pulang dari barat.

Foto di bawah ini adalah lukisan ilustrasi potret beliau sbg seorg bhiksu pengelana yg tidak dijumpai di versi cerita kera sakti. Beliau digambarkan sbg seorg bhiksu pengelana yg bermental baja & intelektual, namun berhati suci & berakal cerdik serta berjiwa bijaksana agar ia bisa mnghadapi brbagai aral rintang yg menghadang.



Beliau melalui prjuangan yg berat dgn trayek prjalanan luar biasa panjang yg memakan waktu hingga 16 tahun dari pergi hingga pulang. Beliau melintasi berbagai negeri yg berada di seluruh Timur tengah hingga akhirnya tiba di India. Jadi secara harafiah sebenarnya perjalanan ke barat mengambil kitab suci artiny pergi ke India utk belajar ajaran Buddha secara mendalam & membawa pulang berbagai kitab suci Buddha yg msh ortodoks. Itu pun karena India dianggap sbg bagian dari dunia Barat, berlawanan dari China yg berada di dunia Timur.

Negeri prtama yg beliau datangi adalah Turpan (skrg bagian dari propinsi xinjiang di China) dgn raja dari negeri Turpan yg dgn murah hati mmberikan banyak donasi materi utk beliau sbg modal perjalanan & menstempel paspor perjalanan beliau ke negeri slanjutny. Setelah itu negeri demi negeri pun beliau lewati dengan jurnal yg beliau tulis mengenai berbagai biara dgn para bhiksu penghuni di tiap 2 negara.

Beliau pun berguru dgn byk guru bhiksu di setiap negeri yg ia kunjungi, berjiarah ke banyak tempat suci Buddha di negeri 2 tsb yg kini sudah runtuh & tdk lg eksis. Beliau juga mengumpulkan byk benda 2 suci Buddha & beberapa kitab suci penting di sepanjang perjalanan. Beliau tiba di India pada tahun 630 masehi, 3 tahun setelah beliau meninggalkan China. Beliau menghabiskan hampir seluruh waktuny di India, khususnya di biara agung Nalanda di India yg kala itu dikenal sbg pusat edukasi internasional ajaran Buddha bagi sluruh negara di benua Asia.

Beliau berguru dgn byk guru bhiksu dari India, juga ikut berpartisipasi dlm byk kgiatan para bhiksu di setiap biara yg beliau datangi. Terakhir beliau bertemu dgn seorg bhiksu agung yg dikatakan telah mendapatkan wahyu jika beliau akan datang berguru kpadanya semua esensi dari ajaran Buddha yg paling penting utk beliau bawa pulang ke China.

Beliau pulang kembali ke China melalui jalur yg brbeda dari ia pergi & disambut dgn gegap gempita kala tiba di ibukota. Kala itu dinasti T'ang masih diperintah oleh kaisar Taizong yg mmberikan ijin kpada beliau utk pergi ke barat. Saat itu beliau menepati janjiny kala kembali dari India. Beliau membawa sekitar 600 kitab Buddha ortodoks yg brbhasa sanskerta, 7 arca Buddha & 100 lebih relik sarira Buddha suci. Kaisar pun amat bersukacita brsama para bhiksu dari biara beliau tinggal.

Meskipun telah brhasil mncapai cita 2 nya, beliau tetap memutuskan utk kembali pada khidupan kebhiksuan sebagai seorg bhiksu sebagaimana beliau menolak semua jabatan kenegaraaan yg dipromosikan kaisar utkny. Semua itu agar beliau dapat fokus pada pekerjaaanny yaitu menerjemahkan setiap jilid kitab yg ia bawa dari bahasa sanskerta India menjadi bahasa Cina agar bisa dipublikasikan untuk setiap biara Buddha di dalam negeri. Beliau dibantu oleh byk murid 2 beliau di biara dan beliau giat bekerja menyumbangkan seluruh jiwa raga beliau utk menyiarkan ajaran Buddha sampai akhir hayat beliau. Beliau wafat pada tahun 664 masehi.

Kembali lagi pada cerita kera sakti, sebenarnya ada sejlh elemen yg diambil dari jurnal beliau utk dimodifikasi dlm cerita, spt keberadaan negeri wanita yg sbnrny adalah sebuah suku etnik di China yg bercorak matrilineal atau garis keturunan keibuan. Kmudian ada cerita pegunungan api yg lokasinya berdasarkan pegunungan asli di China. Kisah raja lalim yg brusaha menumpas para bhiksu Buddha berikut ajaran Buddha. Selain itu msh ada lg elemen lainny yg membtk cerita kera sakti novel karangan Wu Cheng-en.

Mahabhiksu agung xuan zang adalah satu dari beberapa bhiksu pengelana dari China yg pernah mrantau hingga ke luar negeri. Adapula mahabhiksu Fa xian & mahabhiksu Yi tsing dari China yg pernah menyambangi bumi Nusantara pada masa kerajaan Sriwijaya dgn tujuan yg sama, yaitu mendalami ajaran Buddha. Reputasi beliau dianggap sgt heroik bahkan hingga saat ini dlm sejarah Buddhisme di China & Asia Timur. Di bihar, India dibngun sebuah bangunan kuil penghormatan utk mengenang jasa 2 beliau di masa hidupny.

Di tahun 2016, sebuah film box-office asal China pun dirilis & ceritanya berdasarkan jurnal prjalanan beliau yg sudah dimodifikasi alur ceritanya.

Mungkin inilah ulasan pjg ttg fiksi vs sejarah mengenai cerita perjalanan ke barat mengambil kitab suci versi ane. Sekian & trima kasih!
fat.homer
fat.homer memberi reputasi
1
1.5K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.