Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xenokrakatauAvatar border
TS
xenokrakatau
Mengenal Perbedaan Antara Kartu Memori Tipe SDHC & SDXC

Dulu, waktu pertama kali punya ponsel pintar saya sendiri cukup bingung mengenai Kartu memori SDcard yang cocok untuk smartphone. Saya kira semua SDcard itu sama, namun ternyata ada banyak sekali perbedaan SDcard untuk smartphone dan tablet mulai dari SD, SDHC dan SDXC, hingga perbedaan class dan juga UHS. Dipasaran ada 3 tipe kartu memori yang dijual, yakni SD, SDHC dan SDXC.

SDCard Standar

SD merupakan kartu memori SDcard standar dengan kapasitas antara 64 MB hingga 2 GB dan memiliki format bawaan FAT16. Jenis kartu ini akan kompatibel digunakan di perangkat yang mensupport semua tipe kartu memori SD (SD, SDHC dan SDXC).

SD High Capacity (SDHC)

Sedangkan kartu SDHC (SD High Capacity) merupakan kartu memori yang berbasis pada SDA 2.0, kapasitas SDHC berada dikisaran 4GB hingga 32GB dan memiliki format bawaan FAT32. Karena SDHC bekerja secara berbeda dari kartu SD standar, maka ia tidak kompatibel dengan perangkat yang mendukung SDcard standar (128MB – 2GB), akan tetapi hampir sebagian besar perangkat yang dibuat pada tahun 2008 biasanya sudah kompatibel dengan SDHC.

SD Extended Capacity (SDXC)

Untuk kartu SDXC (SD Extended Capacity) merupakan kartu memori yang berbasis pada SDA 3.0, kapasitas SDXC berada dikisaran 64GB hingga 2TB dan formatnya pun berbeda dengan SDHC, format kartu memori SDXC adalah exFAT. Karena cara kerjanya berbeda dengan SD dan SDHC, biasanya perangkat yang kompatibel dengan SD dan SDHC tidak bisa menggunakan kartu ini.

UHS (Ultra High Speed)

Selain itu ada juga generasi terbaru dari SDHC dan SDXC yakni UHS I dan UHS II, UHS merupakan singkatan dari Ultra High Speed (Phase I dan II) yang mana di desain khusus untuk SDHC dan SDXC, kartu SD tipe inilah yang paling sering digunakan saat ini baik itu pada smartphone, camcorders, kamera, dll.

UHS I memliki transfer rate hingga 50MB/s (UHS-50) dan 104MB/s (UHS-104). Sedangkan UHS II transfer ratenya mencapai 156MB/s dan 312MB/s. Tidak ada permasalahan kompabilitas untuk UHS Card karena dapat digunakan pada hampir seluruh perangkat yang memang mendukung UHS dan juga yang tidak ada UHS sama sekali.

Lalu, apa perbedaan antara kartu memori SDHC dan SDXC?

Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara kartu memori SDHC dan SDXC, kecuali format yang digunakan pada SDHC dan SDXC dan juga Kapasitas yang akan kamu dapatkan. Jadi, cari saja yang sesuai dengan dukungan pada smartphone, tablet & camcorders atau juga kamera digital yang anda punya. Untuk masalah kecepatan tergantung dari class kartu memori yang kamu gunakan, ada 5 jenis class pada kartu memori yakni class 2, 4, 6, 8, 10.

Kecepatannya sesuai dengan class yang kamu gunakan, misalnya jika kamu menggunakan class 2 maka kecepatan transfer data minimum yang akan kamu dapatkan adalah 2MB/s, jika 4 maka 4MB/s, dan begitu juga seterusnya. Untuk kartu memori terbaik gunakan tipe class 10.


Sumber

https://goo.gl/9BCaXk

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai apa perbedaan kartu memori SDHC dan SDXC, semoga tulisan ini bermanfaat.
Salam

Diubah oleh xenokrakatau 27-10-2016 03:41
0
15.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.