wismanganAvatar border
TS
wismangan
Cegah Banjir Jakarta, DKI Bangun Rumah Pompa hingga Buat Waduk


TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, akan membangun lima rumah pompa baru di kawasan rawan banjir tahun ini. Rencananya, rumah pompa ini didirikan di kawasan Pulomas, Jakarta Timur; Kelapa Gading, Jakarta Utara; Jati Pinggir, Jakarta Pusat; serta Green Garden dan Kamal, Jakarta Barat.

"Tentunya dengan membuat polder atau rumah-rumah pompa baru diharapkan kawasan itu bisa kami antisipasi dari banjir ataupun genangan," kata dia saat dihubungi, Selasa, 19 Januari 2021.

Untuk mencegah banjir, Dinas Sumber Daya Air juga berencana membuat waduk di lima lokasi. Empat dari lima waduk itu antara lain Waduk Brigif dan Waduk Lebak Bulus di Jakarta Selatan serta Waduk Pondok Ranggon dan Waduk Kampung Rambutan di Jakarta Timur.

Menurut Juaini, waduk diperuntukkan mencegah banjir memasuki kawasan hunian penduduk. Dinas SDA, jelas dia, bakal membuat sodetan di sungai agar luapan air mengalir ke waduk. Dengan begitu, dia melanjutkan, debit air sungai yang berpotensi membanjiri hunian penduduk akan berkurang.

"Sehingga kami harapkan genangan atau banjir di permukiman bisa hilang," ujar dia.

Sebelumnya, Dinas SDA mengevaluasi penyebab banjir yang melanda Jakarta di awal 2020. Dari hasil evaluasi, dinas memperbaiki pompa dan saluran air yang tak bekerja baik, serta menambah rumah pompa.

Dinas SDA juga menetapkan program antisipasi banjir bernama Gerebek Lumpur. Gerebek Lumpur merupakan proses pengerukan di kali-kali hingga waduk.

Peneliti klimatologi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Erma Yulihastin, melaporkan Jakarta akan mengalami pembentukan dan peningkatan hujan tiga kali pada 18-20 Januari 2021. Pemerintah dan masyarakat diminta mewaspadai potensi peningkatan hujan ini karena dapat menimbulkan banjir.

https://www.tempo.co/read/1424758/ce...gga-buat-waduk

Mantap..
maleo.pejuang
Bayu1218
richardus96
richardus96 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.3K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.