mpmedianews
TS
mpmedianews
Tenaga Kesehatan di Solo Ngeluh Efek Samping Vaksin Sinovac


MerahPutih.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, menerima laporan adanya dua orang tenaga kesehatandi Solo yang merasakan efek samping usai disuntik vaksinasi Sinovac. Namun demikian, efek samping tersebut hanya bersifat ringan tidak sampai berat.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, membenarkan adanya laporan tersebut. Dari tiga daerah yang mendapatkan giliran pertama vaksin Sinovac, yakni Kota Solo, Kota Semarang, dan Kabupaten Semarang pada Kamis (14/1), hanya nakes di Solo yang ada laporan efek samping.

"Laporan kami ada dua nakes di Solo merasakan efek samping ringan. Itu wajar tidak bermasalah dari segi kesehatan," ujar Yulianto, Minggu (17/1).

Dikatakannya, gejala ringan tersebut berupa pegal pada bagian lengan dan pusing setelah disuntik vaksin COVID-19 pada Kamis kemarin. Gejala tersebut disebut dikategorikan sebagai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Kedua nakes tersebut mengeluh pegal dan pusing saat masa tunggu 30 menit pasca disuntik vaksin Sinovac," kata dia.

Nakes yang mengalami pusing, lanjut dia, setelah disuntik vaksin ternyata mempunyai riwayat penyakit vertigo. Gejala ringan tersebut bersifat subjektif dan individual.

"Kami pastikan jika kedua nakes tersebut saat ini sudah kembali normal kondisinya," kata dia.

Ia mengatakan vaksinasi di tiga daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah saat ini masih berlangsung. Vaksinasi dilakukan secara bertahap sampai Februari karena banyaknya nakes yang mendapatkan vaksin.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu khawatir disuntik vaksin Sinovac. Gejala ringan seperti pegal dan pusing usai disuntik adalah gejala umum," kata dia.

Ketua Tim KIPI Dinas Kesehatan Solo (DKK) Solo, Agus Joko Susanto mengatakan, tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Solo menjadikan RSUD dr Moewardi sebagai tempat perawatan jika ada nakes merasakan efek samping berat usai disuntik vaksin Sinovac. Pihaknya menunjuk RSUD dr Moewardi karena fasilitas kesehatannya sangat lengkap.

"Jika sampai ada reaksi berat usai disuntik Vaksin Sinovac langsung ke RSUD dr Moewardi. Sejauh ini belum ada nakes rasakan efek samping berat," tutup Agus.


Sumber: Link
kevnivviniestm4ntanqv
m4ntanqv dan 29 lainnya memberi reputasi
22
17.1K
147
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Berita dan Politik
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
668.2KThread39.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.