dijelas.inAvatar border
TS
dijelas.in
Sayur Asem dan 5 Makanan Pendampingnya yang Maknyus
Hey food lovers... Mendengar sayur asem, pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan? Sayur ini tak butuh banyak biaya dan juga bahan, sehingga biasa buat diolah setiap harinya. Bahan yang murah meriah ini sangat cocok untuk anak kost yang selalu mengalami kantong nan kering. Nah menu pendamping sayur asem ada beraneka ragam loh.

Bukan hanya makan dengan sayurnya saja, tetapi sayur ini juga bisa dinikmati dengan berbagai makanan pelengkap sesuai dengan selera Anda. Biasanya sayur ini dimakan bersama dengan lauk pauk goreng.

Sayur ini biasa didampingi dengan berbagai macam makanan. Beberapa lauk pendamping sayur asem diantaranya sebagai berikut


1. Sambal Terasi – dengan rasa dan bau yang khas untuk sayur asem

Di dapur ada Ibu yang sedang memasak sesuatu. Baunya pedas tapi sedikit aneh, sangat khas berbeda dengan yang lain. Masak apa ya kira-kira? Masak sambal terasi dong.

Sambal terasi rasanya dijamin mantap. Tapi ini hanya berlaku untuk Anda yang doyan terasi saja, karena sebagian orang tidak menyukai makanan yang menggunakan bahan terasi. Biasanya terasi tidak disukai karena bau khas seperti asam atau amis yang ditimbulkan. Walaupun berbau tapi rasanya tetap mantap, tidak seperti asam keringatmu lho ya. Nah sambal ini cocok untuk dijadikan teman sayur asem

2. Ikan Goreng – Sayur asem sungguh nikmat dengan ikan goreng

Gurihnya ikan goreng sudah pasti mendominasi orang yang makan dengan sayur ini. Biasanya yang digunakan adalah ikan asin. Campuran ikan asin yang gurih dengan segarnya asem, dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Bagi Anda yang tidak menyukai ikan asin, dapat mengganti dengan jenis ikan yang lain. Misalnya saja ikan bandeng, tongkol, salem atau wader. Walaupun namanya ikan asin, tetapi rasanya dijamin tidak seasin rayuan gombal kok.

3. Lalapan – Makin asem sayurnya dengan lalapan

Sayur jenis ini dimakan dengan lalapan mungkin terdengar aneh di telinga Anda. Karena biasanya lalapan disajikan bersama dengan penyetan atau urap. Akan tetapi, sajian ini memang benar-benar ada.

Sayur asem yang segar dinikmati dengan kriuknya lalapan yang juga segar pasti dapat membuat tubuh Anda juga ikut segar, seperti wajah Anda yang segar ketika ketemu doi.

4. Ceker Ayam – Sayur asem jadi makin maknyus

Ceker ayam sangat enak dimasak dalam berbagai olahan. Biasanya ceker ayam diolah menjadi rica-rica, goreng crispy ataupun balado. Selain itu, ceker ayam dapat pula diolah bersama dengan sayur.

Sayur dengan campuran ceker ayam pasti terasa sangat sedap. Anda juga bisa mengolah ceker ayam sesuai dengan bumbu kesukaan Anda dan dimakan sebagai pelengkap lauk sayur asem Anda. Dijamin maknyus.

5. Udang – Makan sayur asem dan udang dulu, biar siap dengan udang di balik batu

Gurihnya udang sangat pas dinikmati bersama dengan sayur, khususnya asem dan daun melinjo. Udang goreng yang krenyes-krenyes atau udang yang ditumis dengan bumbu pedas manis, merupakan perpaduan yang pas untuk memanjakan lidah Anda. Cocok nih udang dijadikan lauk pelengkap sayur asem.

Tentu hal ini hanya untuk Anda yang tidak punya alergi terhadap udang. Jika Anda alergi udang, sebaiknya Anda tidak mencoba sajian ini. Jangan sedih jika memiliki alergi udang, karena ini hanya udang bukan gebetan.



6. Botok – Ditambah sayur asem sungguh endeus!


Tahukan Anda apakah botok itu? Botok adalah sejenis olahan yang dimasak dengan cara dikukus menggunakan daun pisang. Bahan yang digunakan adalah kelapa yang diparut lalu bumbu rempah untuk rasa yang khas serta beberapa sayuran.

Biasanya botok tempe adalah botok yang sangat disukai oleh banyak orang. Selain botok tempe, ada pula botok jagung, ayam, lele, laron, tawon, petai cina, ikan dan lainnya. Anda bisa memilih botok yang sesuai dengan selera Anda, meskipun Anda bukan selera dia.

7. Oseng Bekicot – Sensasinya bersama sayur asem memang menggoda

Oseng bekicot biasanya dibuat untuk mengobati permasalahan kesehatan, khususnya pernafasan. Dagingnya kenyal, rasanya pedas manis sesuai dengan bumbu yang digunakan. Akan tetapi tidak semua orang doyan olahan bekicot, karena bekicot hewan yang menjijikkan bagi sebagian orang.

Bagi Anda yang doyan bekicot, tentu bukan masalah besar jika mencoba sayur ini yang didampingi dengan oseng bekicot ini. Rasanya yang unik dicampur dengan segarnya sayur ini, pasti memberikan sensasi yang luar biasa.

Makan sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Oleh sebab itu, mengolah sayur asem setiap hari tidak ada ruginya kan? Let’s cook some sour soup and make sure that your life is not always about sweets.
Diubah oleh dijelas.in 16-01-2021 02:35
galigulagalu
UriNami
siapika
siapika dan 32 lainnya memberi reputasi
33
10.1K
269
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.