• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Diakui Ahli Luar Negeri! Lukisan Gua Tertua di Dunia Ternyata Berada di Indonesia

widokoAvatar border
TS
widoko
Diakui Ahli Luar Negeri! Lukisan Gua Tertua di Dunia Ternyata Berada di Indonesia
Pernah melihat film Ice Age 1? Film animasi CGI yang diproduksi oleh Blue Sky tahun 2002 tersebut merupakan salah satu film animasi yang memperoleh respon positif. Bahkan film yang didistribusikan oleh 20th Century Fox tersebut sempat masuk nominasi pemenang piala Oscar atau Academy Awards yang ke 75 untuk animasi fitur terbaik. 


Prof Maxime Aubert dan Prof Adam Brumm (Sumber: news.griffith.edu.au)


Film tersebut tidak hanya bagus dari segi animasi, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang tinggi, diantaranya adalah kesetiakawanan dan saling melengkapi. Salah satu nilai yang tinggi juga terlihat dari Sang Karakter Utama, Manny atau Manfred, seekor mamoot raksasa yang bertekad untuk mengembalikan seorang bayi manusia. Hal itu sebetulnya merupakan sesuatu yang berat bagi Manny, karena ternyata keluarganya mati dibunuh oleh manusia. Masa lalu Manny itu diketahui oleh kawanannya ketika perjalanan mereka sampai pada gua yang terdapat lukisan-lukisan yang dibuat oleh manusia.


Diego-Sid dan Bayi-Manny dalam Ice Age (Sumber: muumovie.blogspot.com)


Nah berkaitan dengan lukisan gua, Indonesia sepertinya boleh sedikit berbangga. Pasalnya ternyata lukisan gua tertua yang diketahui manusia sampai saat ini terdapat di Indonesia. Wah benarkah? Di manakah itu?


Lukisan Sus Celebensis di Leang Tedongge Sulawesi (Sumber: kompas.com)


Yah benar. Lukisan gua tertua itu adalah lukisan Sus Celebensis atau babi kutil yang merupakan satwa endemik Sulawesi di Gua Kapur Leang Tedongnge Sulawesi. Bahkan ahli dari luar negeri pun mengakuinya sebagai lukisan gua tertua di dunia yang pernah diketahui sampai saat ini.

"Lukisan babi kutil Sulawesi kami temukan di Gua Kapur Leang Tedongnge yang sekarang menjadi lukisan karya seni paling awal di dunia, sejauh yang kita ketahui," demikian pengakuan Profesor Adam Brumm dari Australian Research Centre for Human Evolution (Kompas.com, 14 Januari 2021).

Lukisan tersebut merupakan citra babi berkutil Sulawesi atau Sus Celebensis dengan berat sekitar 45 sampai dengan 85 kilogram. Sus Celebensis merupakan babi kecil dan berkaki pendek. 

Penemuan lukisan gua tertua di dunia ini merupakan hasil dari riset kerjasama antara Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Indonesia dengan Universitas Griffith Australia. Pada Riset Tersebut Profesor Adam Brumm merupakan salah satu pemimpin penelitinya. Hasil penelitian tentang lukisan gua tertua di dunia di Sulawesi ini terbit pada jurnal ilmiah Science Advances pada tanggal 14 Januari 2021.

Penelitian tentang lukisan cadas tersebut dimulai sejak tahun 2013. Survey gambar cadas secara intens dilakukan sejak tahun 2015. Pada tahun 2018 mulai pengecekan sampel dating uranium.

Berdasarkan analisis serial uranium pada endapan mineral di atas lukisan atau kalsit yang terbentuk secara alami pada karya seni itu akhirnya diketahui usia lukisan berkisar antara 40.000 atau 45.500 tahun yang lalu.

Jika benar apa yang disampaikan oleh Profesor Adam Brumm bahwa lukisan Sus Celebensis ini adalah lukisan gua tertua di dunia hal ini merupakan khasanah luar biasa bagi Indonesia. Peradaban dan budaya di tanah air ini ternyata terbentang panjang puluhan ribu tahun lamanya...I]


Referensi:
1. https://news.griffith.edu.au/2021/01/14/worlds-oldest-cave-art-discovered-in-indonesia/

Diubah oleh widoko 16-01-2021 21:56
indrastrid
doobey
m4ntanqv
m4ntanqv dan 27 lainnya memberi reputasi
28
6.3K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.