• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips Untuk "Trypanophobia" Ketika Phobi Jarum Suntik Mengganggu Vaksinasi

BowoSanAvatar border
TS
BowoSan
Tips Untuk "Trypanophobia" Ketika Phobi Jarum Suntik Mengganggu Vaksinasi

Jarum suntik menakutkan, begitu sekiranya ketika dihadapkan situasi ketika akan dilakukan tindakan medis. Ini seringkali dialami ketika vaksinasi waktu masih di sekolah dasar dulu, dan jika phobi itu sedikit mengganggu, gunakan beberapa tips ini untuk menghilangkan sejenak ketika akan dilakukan tindakan medis "disuntik"

#1. Jangan melihat jarum suntik dan tutup matamu

Tutup matamu jangan mengarahkan pandangan ke jarun suntik, ini sedikit membantu ketika merasa tegang.

#2. Hadapi Ketakutan

Ketika menghadapi ketakutanmu, perlu memotivasi dirimu. Katakan dalam hatimu "lebih baik disuntik daripada didenda atau mengurangi resiko terpapar virus corona"

#3. Memikirkan Hal Lain

Imajinasikan kamu sebenarnya sedang berada di tempat favoritmu, atau memikirkan hal lain yg tidak terlalu membuat takut dan tegang. Kamu ingat hari ini ada jadwal mabar ranked, coba bayangkan itu di detik-detik tindakan medis.

#4. Ambil Posisi Nyaman

Ada kalanya phobia ini membuat tegang bahkan pingsan, dulu waktu di sekolah dasar, ada yang kencing di celana, jadi usahakan sebelum dipanggil nomer antrian pergi ke toilet, ambil nafas, dan berusaha rileks.

#5. Berusaha Tenang

Kata kuncinya tenang, apapun yang terjadi "tindakan medis" dengan jarum suntik tidak seperti bayanganmu di film horor.


Seperti phobia pada umumnya, Trypanophobia berdasarkan artikel yg disadur dari halodoc, pengidap trypanophobia akan mengalami ketakutan yang berlebih pada tindakan medis yang berhubungan dengan jarum suntik, umumnya juga merasa takut terhadap tindakan medis lainnya.

Kondisi ini menyebabkan jantung mereka berdebar dan panik saat menunggu giliran pemeriksaan dokter, atau saat berpikir tentang tindakan medis yang akan dilakukan. Kondisi ini umumnya dialami oleh anak-anak dan dapat dialami oleh orang dewasa.

Jarum suntik memang menakutkan mungkin ini ketakutan ketika masih anak-anak mengalami pengalaman yang kurang mengenakkan. Dulu beberapa tayangan film komedi kadang memperlihatkan jarum suntik berukuran besar atau bahkan film horor juga menanyakan jarum suntik menjadi alat yang mengerikan. Mengingat hal seperti ini kadang-kadang menanamkan ketakutan yang berlebihan.

Apalagi semenjak adanya vaksinasi yang mengharuskan dan ada himbauan untuk ikut program pemerintah. Sekarang beredar saat ini yang ada rasa cemas atau takut pada ternyata bukan rasa takut karena jarum suntik, tetapi juga masalah efektivitas vaksin dan efek samping yang akan dikhawatirkan. Walopun demikian, vaksinasi adalah jalan tengah terbaik, rasanya banyak yang akan mengambil trobosan ini walopun nantinya membutuhkan waktu yang lama untuk menjalankan program ini untuk 200 jt lebih rakyat Indonesia.

Apakah kamu punya pengalaman phobia jarum suntik? Tulis di kolom komentar ya!



Sumber
Foto : Google
Diubah oleh BowoSan 17-01-2021 02:32
minhakim20
alifrian.
banyumasman
banyumasman dan 22 lainnya memberi reputasi
23
3.5K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.