Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Amazing, Teknologi Fiksi "Star Wars" Kini Menjadi Nyata Ditangan IKIN
Foto: usatoday.com

Inovasi teknologi memang semakin canggih baik dari segi gadget maupun peralatan yang bertransformasi dengan teknologi, pasti para pecinta box office pernah menonton film fiksi "Star Wars" jadi teknologi imajiner mereka kini menjadi kenyataan.

Perusahaan raksasa Amerika "IKIN", yang mengkhususkan diri dalam mewujudkan ide fiksi ilmiah menjadi kenyataan, kini mereka telah berhasil menciptakan teknologi fiksi yang muncul dalam film "Star Wars" menjadi kenyataan yang dapat digunakan secara realistis.



Situs "Phonemantra" hari ini, Senin 11 Januari 2021 menyatakan bahwa perusahaan "IKIN" telah mengembangkan teknik pencitraan holografik yang mirip dengan hologram lebah.

Holografik atau hologram tersebut menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk digunakan di ponsel pintar, di mana konten di ponsel diubah menjadi gambar tiga dimensi yang dapat dilihat di siang hari bolong dan dimanapun kita berada.

Foto: siliconrepublic.com

Teknologi holografik ini bekerja pada sistem operasi "Android" dan "iOS" di ponsel pintar, menggunakan lensa polimer kimia khusus yang telah dipatenkan.

Inovasi teknologi tersebut mensimulasikan teknologi fiksi yang dibuat oleh robot yang muncul di film asli Star Wars, yang dirilis pada tahun 1977, di mana teknologi tersebut disebut "Holoprojector".

Perusahaan "IKIN" membuat konten khusus untuk teknologinya dari game canggih, dan mengembangkan demonstrasi teknologi tersebut. Diharapkan pengembang aplikasi seluler akan mendapatkan lisensi untuk memperoleh teknologi ini di masa mendatang.

Foto: ikininc.com

Untuk menggunakan teknologi tersebut, konsumen akan membeli aksesori khusus yang didesain seukuran smartphone, berfungsi secara profesional sebagai pintu gerbang ke dunia multidimensi, di mana mereka akan dapat menjelajahi galeri dari smartphone mereka, seolah-olah sedang melihat galeri seni.

Saat memilih gambar yang sesuai, gambar akan ditampilkan dalam model 3D, di mana anda dapat mengontrol fitur-fiturnya seperti rotasi dan zoom.

Interaksi serupa dapat digunakan dalam permainan, dengan jari bertindak sebagai pengontrol. Teknologi ini juga dapat digunakan dalam "Video Conference" yang diadakan melalui komputer yang terhubung untuk menciptakan kualitas yang lebih nyata dalam rapat.

IKIN berencana meluncurkan teknologinya sebagai aksesori smartphone konsumen pertama akhir tahun ini, dengan produknya mengadopsi merek “RYZ”. Ini juga berfungsi untuk menyesuaikan keluaran hologram ke posisi mata dan kepala pengguna, dan untuk mengembangkan perangkat yang mampu menampilkan gambar hologram yang lebih besar.

Foto: techzone360.com

Perusahaan Amerika telah mengumpulkan lebih dari $ 13 juta dolar Amerika dalam investasi pada proyeknya, dan sedang mencari kemitraan strategis untuk mengumpulkan setidaknya $ 10 juta dolar lagi.

Sementara itu, Taylor Scott, pendiri "IKIN" berkata pada saat rilis pertama ini adalah bentuk teknologi yang benar-benar baru, karena ini adalah perubahan paradigma yang akan membawa kita untuk mewujudkan ide Star Wars di masa depan, yang telah kita impikan selama bertahun-tahun." Teknologi tersebut akan ditampilkan untuk pertama kalinya selama Consumer Electronics Show "CES 2021".

Bagaimana menurut Agan dan Sista dengan teknologi holografik ini, jadi kita seakan-akan menggunakan smartphone canggih, jika pernah nonton The Real Steel, G.I Joe, Ra One dan film lain-lain yang mengusung teknologi.


Referensi:
CES 2021: Hologram technology inspired by 'Star Wars' could bring 'new dimension' to smartphones
Diubah oleh Sambelterasi052 11-01-2021 13:33
asamboigan
amdar07
alifrian.
alifrian. dan 22 lainnya memberi reputasi
23
5K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.