• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 30 Film Dengan Plot Twist Terbaik dan Mind Blowing!

pepekkerbao
TS
pepekkerbao
30 Film Dengan Plot Twist Terbaik dan Mind Blowing!
Oke tanpa basa basi, ini ada rekomendasi 30 Film Dengan Plot Twist Terbaik dan Mind Blowing versi gue ya, dan gue sertakan rating IMDb karena biasanya jadi patokan gue mau nonton sebuah film.
Dan sebagian besar di daftar ini sudah nonton semua, sisanya gue ambil dari komentar para netizen-netizen di forum/platform lain untuk film plot twist terbaik versi mereka. Cekidot!

1. The Sixth Sense (1999)
IMDb: 8,1/10


Ini ceritanya ada bocil namanya Cole Sear, dia sering dapet gangguan dari makhluk-makhluk halus gitu dah. Banyak yang gak percaya sama Cole, sampe akhirnya dia konsul sama Malcolm Crowe, terapis anak-anak.

Malcolm ini gak percaya juga sama makhluk halus, tapi gara-gara sering diceritain sama Cole dia jadi sedikit percaya. Waktu nonton film karya M. Night Shyamalan ini dulu untuk pertama kalinya, BOOOMMM! Plot twistnya bener-bener gak terkira, membuatku terkejoet!

2. Mystic River (2003)
IMDb: 7,9/10


Film selanjutnya yang punya plot twist terbaik tuh Mystic River ini, yang sudah dapat 2 Academy Awards. Ceritanya tentang 3 sahabat yaitu Jimmy, David, sama Sean.

Nah dikisahkan, anak perempuannya Jimmy dibunuh. Sean mau bantu usut kasus itu, tapi Jimmy nolak soalnya dia nuduh David yang ngelakuin pembunuhan itu. Bener gak ya tuduhannya? Tonton sendiri deh.

3. The Life of David Gale (2002)
IMDb: 7,6/10


Ini ceritanya ada laki-laki yang namanya David Gale, dia profesor. Tapi entah bagaimana, dia dituduh dalam pembunuhan seorang aktivis, dan dia dijatuhi hukuman mati.

Disinilah jurnalis yang namanya Bitsey Bloom menggali info dari David Gale, sampai akhirnya dia ngeh bahwa Gale ini emang gak bersalah dan mau selamatkan Gale. Endingnya bener-bener gak ketebak, dramatis juga.

4. Fight Club (1999)
IMDb: 8,8/10


Ini film ada di urutan 11 sebagai film dengan rating terbaik di IMDb. Diangkat dari novel Chuck Palahniuk, ceritanya tentang laki-laki yang banyak masalah di hidupnya.

Sampai akhirnya dia ketemu sama Tyler Durden, mereka temenan, dan bikin fight club untuk orang-orang salurkan emosinya. Endingnya? Wow banget, dimana-mana juga rata-rata kalau ada ngebahas film plot twist terbaik pasti ada Fight Club ini lho.

5. Oldboy (2003)
IMDb: 8,4/10


Salah satu film Korea yang punya rating tinggi nih di IMDb. Ceritanya tentang Dae-su Oh, pemabuk, yang suatu malam dia diculik dan dipenjara di ruangan tertutup selama 15 TAHUN!

Nah setelah keluar itu, Dae-su Oh mau balas dendam dan nyari siapa pelaku penculikannya. Tapi eh tapi..... Gak jadi deh, nonton sendiri ya hehehe.. Alurnya banyak twist, adrenalin juga terpacu di film ini karena ada beberapa scene sadis.

6. Shutter Island (2010)
IMDb: 8,2/10


Teddy Daniels sama partnernya, Chuck Aule, mereka ini detektif yang diminta tolong untuk pecahkan misteri hilangnya salah satu pasien RS Jiwa Ashecliffe di Pulau Shutter.

Menghilangnya pasien yang bernama Rachel Solando ini gak masuk akal. Teddy mikir ada yang gak beres juga sama RS ini. Ini salah satu film yang amat sangat gila twistnya, fokus dari awal kalo nonton ya biar ngerti sampe akhir, karena ini alurnya kayak puzzle-puzzle gitu.

7. Pintu Terlarang (2009)
IMDb: 6,8/10

Yoi, gue gak mungkin gak masukin ini di daftar. Ini salah satu film terbaik Joko Anwar juga, yang punya plot twist gila. Kisahnya tentang Gambir, pematung sukses yang hidup sama istrinya tapi belum punya anak.

Film ini penuh misteri, puzzle, rahasia, jadi jangan keskip semenitpun ya biar gak bingung. Bagian ending itu bener-bener klimaks, ditambah lagi sama twistnya di akhiran yang cerdas bener.

8. The Invisible Guest (2016)
IMDb: 8,1/10


Selanjutnya The Invisible Guest, salah satu favorit banget nih! Ceritanya rapi, enak diikutin, dan menggiring opini penonton banget hahaha.. Kisahnya tentang Adrian Doria, yang terlibat di kasus pembunuhan selingkuhannya yaitu Laura Vidal.

Adrian gak ngebunuh Laura walaupun saat itu Laura cuma berdua Adrian di hotel, dengan kamar terkunci dari dalam. Makanya Adrian minta pertolongan pengacara hebat, Virginia Goodman. Disinilah berbagai misteri mulai terungkap. Wajib nonton nih, ending twistnya mantep!

9. Gone Girl (2014)
IMDb: 8,1/10


Nick Dunne, seorang suami yang dituduh jadi dalang utama hilangnya sang istri di anniv pernikahan mereka yang ke-5, Amy. Disini Nick malah dituduh orang-orang udah ngebunuh Amy.

Penonton dibikin gregetan banget nih sama si Nick, kesel dan campur aduk pokoknya. Suami yang enggak banget! Eits tapi tonton dulu ya sampe akhir, karena ada twistnya disini.

10. Interstellar (2014)
IMDb: 8,6/10


Interstellar ini wajib nonton, terutama untuk kamu yang suka sains. Film ini kategorinya sci-fi, tentang Cooper sama timnya yang ada misi ke luar angkasa untuk cari planet baru. Ekspektasi ya cuma perjalanan para astronot nyari planet baru dibumbui berbagai konfliknya ya?

Tunggu dulu, disini ada plot twist yang brilliant banget. Gue nonton ini ampe 2x dan masih sulit mencerna semuanya, cukup berat sih tapi ini yang bikin gila banget. Christopher Nolan emang sutradara jenius!

11. The Prestige (2006)
IMDb: 8,5/10


Film terbaik lainnya dari Nolan juga nih. Ceritain Angier sama Borden, dua magician yang jadi rival satu sama lain karena Borden dituduh Angier udah ngebunuh istrinya pas lagi pertunjukan di panggung.

Persaingan mereka gak sehat, dan ending twistnya bener-bener bagus sekaligus memilukan. Alur ceritanya maju mundur, jadi butuh konsentrasi tinggi nonton ini. Kalo nonton pas lagi ngantuk, dijamin bakal banyak miss.

12. The Usual Suspects (1995)
IMDb: 8,5/10


Ada 5 orang kriminal ditangkep polisi atas tuduhan akan ada penyerangan terhadap polisi, dan mereka ngebongkar tentang penjahat legendaris yang namanya Keyser Soze. Keyser sendiri di film ini gak ada karakternya, jadi cuma dari narasi aja.

Nah, salah satu kriminal yang ditangkep itu dibebaskan, soalnya dia emang paling kuat alibinya bahwa dia gak bersalah. Saran buat yang mau nonton film ini, jangan gampang suudzon ya! Hahahaha..

13. Mother (2009)
IMDb: 7,8/10


Selain Parasite, Bong Joon-ho juga pernah bikin film yang bagus banget, judulnya Mother. Menceritakan anak laki-laki keterbelakangan mental, Do-joon, ditangkep polisi karena dituduh membunuh.

Emaknya gak percaya nih anaknya membunuh, jadi dia nyari berbagai bukti dan menelusuri sendiri kasus pembunuhan itu biar anaknya bebas. Ending film ini ngetwist, dan memilukan juga. Mother udah banyak menang penghargaan, ngewakilin Korsel juga di Oscar 2009.

14. Donnie Darko (2001)
IMDb: 8,0/10


Donnie Darko itu nama pemuda di film ini, dia punya penyakit kejiwaan yang sering ngelakuin hal-hal aneh dan sering tidur sambil berjalan juga.

Nah kalau lagi tidur berjalan ini, dia bisa ketemu sama teman imajinasinya, kelinci sebesar manusia yang ngasih tau kiamat sudah dekat. Nonton sendiri deh ya, ini film seru dengan twist di dalamnya.

15. The Butterfly Effect (2004)
IMDb: 7,6/10


Ceritanya soal anak kecil bernama Evan, punya penyakit hilang ingatan dan kelakuannya gak kayak anak seusianya. Ibunya takut kalau Evan ini kayak bokapnya, yang lagi perawatan di RS Jiwa.

Jadi ibunya ngajak Evan ke Psikiater, Psikiater nyuruh Evan nulis buku harian untuk mengingat kejadian-kejadian yang dia alami. Selang 7 tahun kemudian, ada sebuah misteri yang bakal terungkap! Ini film agak berat, plot maju mundur, jadi nontonnya kudu fokus yaa.

16. Parasite (2019)
IMDb: 8,6/10


Kalau ini pasti udah pada tau deh. Karya Bong Joon-ho satu ini tayang 2019, dan bener-bener pecah! Ceritanya tentang keluarga Kim yang miskin, kerja di rumah keluarga Park yang tajir melintir.

Berbagai manipulasi ada disini, kentaranya kejenjangan sosial yang relate ama kondisi dunia sekarang, dan berbagai sentilan sosial lainnya. Endingnya gak disangka-sangka, twist abis!

17. Identity (2003)
IMDb: 7,3/10


Kisah film ini tentang kejadian di sebuah hotel, ada 10 karakter di hotel itu yang mana satu persatu dari mereka tewas. Disitulah pada sadar, diantara mereka ada pembunuh.

Pokoknya tonton sampai habis, ikutin, fokus, dan jangan lengah ya. Siap-siap kaget sama endingnya! Hahaha..

18. Memento (2000)
IMDb: 8,4/10


Lagi-lagi ini tuh film karyanya Nolan! Hahaha.. Menceritakan Leonard, yang punya penyakit hilang ingatan jangka pendek tapi mau usut kasus kematian istrinya.

Bayangin, mau telusurin kasus pembunuhan tapi punya penyakit amnesia anterograde itu. Bayangin doang ribet kan? Kamu bakal makin pusing dan speechless pas liat bagian endingnya, tonton deh

19. The Chaser (2008)
IMDb: 7,9/10


Film lainnya dari Korsel, tentang Joong-ho mantan polisi yang jadi mucikari. PSK dia nih satu persatu hilang, dan dia nuduh ada 1 pelanggan yang nyulik.

Sampai hilangnya Kim Mi-jin nih yang bikin dia makin muak, akhirnya dia telusurin sendiri mengenai deretan PSK dia yang hilang itu. Berhasil gak ya penelusurannya? Twist film ini bener-bener pilu, memorable scene banget yang gak bisa gue lupain. DAMN!

20. Atonement (2007)
IMDb: 7,8/10


Wah ini film deep banget, ending twistnya mayan bikin kaget dan sedih juga sih. Ceritanya tentang Brionny yang naksir sama Robbie, anak dari ART-nya dia.

Tapi suatu hari Brionny ngegep Robbie lagi having sex sama Cecilia, adeknya si Brionny. Disini Brionny jadi kesel, dan ada nyalahin Robbie atas suatu kasus sampe Robbie dipenjara. Untuk selanjutnya silahkan nonton sendiri ya.

21. Who Am I - No System Is Safe (2014)
IMBd: 7,6/10


Ini film Jerman. Ceritanya tentang hacker muda Benjamin, yang ketemu sama hacker lainnya yaitu Max, Stephan, sama Paul dan mereka bikin tim hacker CLAY (Clowns Laughing At You).

Benjamin ini sebenernya sudah ketangkep sama pihak keamanan, dan cerita film ini berdasarkan narasi Benjamin itu. Ikutin deh alurnya dari yang diceritain Benjamin ini, endingnya gila nih. Twist dalam twist! Hahaha..

22. Secret Window (2004)
IMDb: 6,6/10


Mort Rainey, seorang penulis yang kehabisan ide untuk nulis dan diceraikan istrinya. Dia akhirnya pergi ke suatu tempat, tapi disini malah diteror sama John Shooter.

John ini nuduh Mort udah plagiatin dia, yang mana Mort gak ngerasa dia ngelakuin hal itu. Berbagai kejadian aneh mulai terjadi, dan teror demi teror menimpa si Mort. Film ini gak terlalu berat, asik untuk diikutin dengan twist di endingnya.

23. The Others (2001)
IMDb: 7,6/10


Film ini nyeritain tentang Grace, yang punya dua anak cewe sama cowo. Grace ini nunggu suaminya pulang, yang lagi tugas di Perang Dunia II.

Nah, mereka ini bertiga di rumah sering ngeliat sosok-sosok yang gak bisa diliat, ya kayak arwah gitulah pokoknya. Mereka juga tersiksa sama gangguan-gangguan ini. Nonton sendiri deh ya, pikiranmu bakal 'dijebak' sama alur ceritanya ini hahaha..

24. Se7en (1995)
IMDb: 8,6/10



Film tahun 95-nya Brad Pitt sama Morgan Freeman, dan ratingnya cukup tinggi di IMDb. Ini film keren, alurnya rapi, dan wajib nonton deh. Ceritanya tentang dua detektif, Somerset sama Mills.

Mereka ini lagi ngeburu pembunuh berantai, John Doe, yang ngebunuh orang-orang yang melakukan 7 dosa paling mematikan (gluttony, greed, sloth, wrath, pride, lust, envy). Twistnya keren nih, gak disangka-sangka juga hahaha..

25. Prisoners (2013)
IMDb: 8,1/10


Actionnya seru, dan twistnya juga bagus. Ceritanya Keller Dover yang anaknya berusia 6 tahun sama temen sepermainannya, diculik.

Karena nganggap kepolisian gak becus ngurusin kasus hilang anaknya ini, dia akhirnya telusurin sendiri deh. Ketemu gak sama anaknya? Siapa yang culik? Nah, nonton sendiri deh ya.

26. Drishyam (2015)
IMDb: 8,2/10


Ini film India, dengan plot twist yang greget. Kisahnya ada kepala rumah tangga yang namanya Vijay dan dia ini punya istri, Nandini, sama dua anak cewe.

Rumah tangga mereka adem ayem, sampai akhirnya keluarga mereka dituduh sebagai dalang pembunuhan anak polisi. Bener gak nih? Kalau enggak, bisa gak ya Vijay lindungin keluarganya? Coba tonton deh ya!

27. The Visit (2015)
IMDb: 6,2/10


Wah ini film gila sih eksekusinya, salah satu film terbaik karya Shyamalan yang pernah gue tonton. Menceritakan tentang Tyler sama Becca, yang nginep seminggu di rumah neneknya.

Awalnya semuanya baik-baik aja, sampai akhirnya berbagai misteri muncul. Nenek mereka ini tingkahnya aneh bener, bikin parno! Sampai akhirnya nanti di bagian twist terjawab deh semua misterinya.

28. No Mercy (2010)
IMDb: 7,5/10


Nah ini salah satu film Korea terbaik yang pernah gue tonton, ada plot twistnya pula. Nyeritain Kang Min Ho, dokter forensik yang lagi selidikin kasus penemuan mayat perempuan di pinggir danau.

Pelakunya tertuju ke satu orang, Lee Sung-ho. Tapi, belum ada bukti kuat nih. Dan ternyata oh ternyata, twistnya bener-bener miris dan bikin sedih juga. Twist ada di menjelang ending, dan ending babak terakhir itu beneran gila banget dah pokoknya.

29. The Skeleton Key (2005)
IMDb: 6,5/10


Film psychological thriller ini menceritakan Caroline, perawat yang jadi pengasuh di sebuah keluarga yang rumahnya agak jauh dari perkotaan.

Di rumah ini ada suami istri Ben sama Violet, tapi Ben lumpuh. Nah, ada banyak keanehan selama Caroline kerja disini, yang seharusnya dia simpan rapat-rapat aja. Karena rasa keponya itulah yang bawa dia ke dalam bahaya.

30. A Wednesday (2008)
IMDb: 8,1/10


Terakhir nih, dari India. Ceritanya tentang Prakash Rathod, polisi Mumbai yang lagi ngehadapin kasus tersulit selama karier hidupnya sebagai polisi.

Jadi ada laki-laki yang ngancem kepolisian, dia ada nanam 5 bom di seluruh kota dan meledak bersamaan dalam waktu 4 jam, kalau kepolisian gak bebasin 4 militan yang ditahan. Laki-laki ini susah ditemuin lokasinya, dan tunggu yaa nanti bagian twistnya!


Tambahan, karena gak bisa semua masuk daftar, ini beberapa Honorable Mention dari gue:
Murder on the Orient Express - The Notebook - Knives out - Ocean's 8 - Get Out - The Killing of Sacred Deer - Exam - Searching - What Happened to Monday, Enemy.

Yak itulah rekomendasi 30 Film Dengan Plot Twist Terbaik dan Mind Blowing! Inget ya, ini semua versi gue (bukan dari pengamat film dll), jadi mungkin kalau gue nonton rame banget dan kalian biasa aja, itu semua tergantung selera aja hehehe..

Jangan lupa yang segar segar nya gan



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh pepekkerbao 17-01-2021 11:56
dino66878KgPinkyboy23
Pinkyboy23 dan 108 lainnya memberi reputasi
107
53.1K
250
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.8KThread17.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.