Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jwicaksanaAvatar border
TS
jwicaksana
Review Burson V6 Vivid dan Classic [Fully Discrete Opamp]
Halo agan dan aganwati semuanya, nubie mau berbagi sedikit impresi selama nubie pakai opamp yang unik ini, semoga bermanfaat ya!


Pertama-tama, latar belakang nubie adalah seseorang yang hobi mendengarkan musik dan utak atik home audio kerehore gan. Istilah kerennya cheap and cheerful DIY audio. Nubie jadi anggota beberapa forum luar juga, dengan username yang sama maupun berbeda. Kalo pas ketemu nyapa ya gan di forum! Karena hanya hobi, maka pengetahuan nubie dan bahasa yang nubie gunakan juga belum profesional, harap maklum ya gan.


Selanjutnya, dalam review kali ini, fokusnya ada pada opampnya, bukan pada sistem nubie. Opamp ini nubie gunakan sebagai 'otak' pada preamp rakitan nubie sendiri untuk sistem stereo maupun pada headphone amp. Nanti di bawah nubie bagikan sedikit gear apa saja yang nubie pakai.


Opamp Burson ini bisa dibilang cukup unik karena dia disebut 'fully discrete opamp'. Nah kata 'discrete' dan 'opamp' sendiri bisa dibilang kontradiktif kan gan? Sebagai contoh kalau amplifier discrete ya berarti pakai transistor (atau tabung juga bisa disebut discrete kali ya?), dan kalau pakai IC (apakah chip atau opamp) ya nggak bisa disebut discrete, gitu kan? Nah, dalam hal ini, si Burson membuat sirkuit mini dalam kemasan DIP-8 sehingga bisa dicolok ke soket seperti opamp biasa, tapi seluruhnya rangkaian ini memakai komponen discrete, tentunya yang SMD, kalau tidak ukurannya pasti gede banget. Sementara, seperti agan-agan tahu, kalau opamp ya pakainya laser-etched circuite. Jadi gitu ya perbedaan discrete opamp dengan opamp biasa.





Ini beberapa opamp yang nubie punya, jujur aja dulu punya banyak macem, tapi setelah baca blogpost-nya NWAvGuy jadi nyimpen beberapa yang nubie rasa bagus dan secara teknis juga bisa dipertanggungjawabkan. Ada OPA2134, NE5532 Signetics, JRC4556, sama LM4562.

Karena bisa dipasang di soket kaki 8 tadi, maka langsung saja nubie cobain semua kombinasi, ditemani teman nubie Mr. TH (dia gak beredar di dunia maya tapi kupingnya ajib) jadi kita berdua asik deh ngereview produk ini.





Ini kemasannya Burson V6 waktu datang dari pabriknya.
0
1.7K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Audio & Video
Audio & VideoKASKUS Official
9.8KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.