masaeortegaAvatar border
TS
masaeortega
Ini dia gan pulau terpadat (di dunia)
Sebelumnya dipersorry kalo ternyata repsol

Dulu kita mungkin membayangkan Pulau Jawa merupakan pulau terpadat, khususnya di Indonesia.
Tapi sebenarnya ada pulau lain yang layak menyandang predikat sebagai pulau terpadat.
Adalah Pulau Bungin yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Spoiler for Pulau Bungin:

Pulau Bungin merupakan pulau yang sangat unik, pulau ini dibangun diatas tumpukan batu karang yang sudah mati yang diambil dilaut. Pada tahun 1942 pulau yang yang pada awalnya yang hanya seluas 3 hektar, saat ini luasnya sekitar 8,5 hektar dengan jumlah penduduk sekitar 3.400 jiwa. Konon daratan pulau ini bertambah sekitar 30-60 are setiap tahunnya karena setiap yang ingin berkeluarga diharuskan membuat tempat mendirikan rumah terlebih dahulu dari timbunan karang dan pasir.
Pulau Bungin yang dikatakan unik itu karena pola pemukiman penduduk yang nyaris tanpa jarak. Jarak antara rumah yang satu dengan rumah yang lainnya berhimpitan. Jalan utama dipulau ini hanyalah jalan setapak yang kemudian dibeton,dengan kepadatan penduduk 14.133 jiwa/km persegi dengan itu pulau bungin disebut – sebut sebagai pulau terpadat di dunia.
Spoiler for kepadatan rumah di pulau Bungin:

Masyarakat Pulau Bungin yang sebagian besar adalah Suku Bajo begitu menyatu dengan laut. Mereka ingin tetap tinggal ditempat itu tanpa ada orang yang mengusik dan menyuruh mereka meninggalkan pulau itu.bau laut sudah menyatu dengan nafas hidup mereka . Masyarakat Pulau Bungin terutama kaum pria pada sore harinya bersiap – siap untuk melaut, mencari nafkah untuk kebutuhan hidup keluarga dimana menjadi nelayan merupakan sumber utama mata pencaharian masyarakat pulau Bungin.

Hukum Adat Perkimpoian Warga Bungin
Hukum adat perkimpoian warga Bungin yang menyebabkan Pulau Bungin tetap mampu menampung pertambahan jumlah penduduknya. Pasalnya, dalam hukum adat tersebut diatur pasangan muda-mudi yang hendak menikah wajib membangun lokasi sendiri di Pulau Bungin (tidak boleh keluar dari Pulau Bungin), untuk mendirikan rumah mereka. Caranya, pasangan tersebut harus mengumpulkan batu karang untuk ditumpuk pada sisi luar pulau yang ditentukan. Ukuran lokasinya bisa mencapai 6 x 12 meter. Setelah lokasi terbentuk, barulah mereka boleh menikah dan mendirikan rumah.

Kambing makan kertas
“Anda pasti tertarik ke sana karena cerita Kambing makan kertas?. Hanya di Bungin anda bisa melihatnya langsung, dan percaya,” begitu kata Indra, seorang warga Desa Alas, Kecamatan Sumbawa.
Pertanyaan itu hampir selalu dilontarkan warga di sana, kepada orang luar yang menanyakan letak Pulau Bungin, dan hendak menuju ke Pulau itu.
Spoiler for kambing makan kertas:

Pulau Bungin terletak di perairan laut Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di sebelah utara Pulau Sumbawa. Secara administratif Bungin termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Alas.
Tak sulit menemukannya. Dari Sumbawa Besar, ibukota Kabupaten Sumbawa, hanya berjarak sekitar 70 KM ke arah barat. Sedangkan dari Mataram, menghabiskan waktu berkendara sekitar 6 sampai 8 jam perjalanan ke arah timur, sudah termasuk perjalanan laut menggunakan kapal penyeberangan Lombok-Sumbawa.
Sekarang Pulau Bungin sudah ada akses jalan yang menghubungkan Pulau Bungin dengan Pulau Sumbawa.Pulau Bungin terletak dikecamatan Alas Jaraknya hanya 1,5 km dari Pelabuhan Alas,dan 70 km dari Sumbawa Besar ibukota Kabupaten Sumbawa.

Spoiler for bonus:



Spoiler for sumur:
torompio
torompio memberi reputasi
1
3.6K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.