LordFaries3.0Avatar border
TS
LordFaries3.0
Bukan Hanya Indonseia, UAE Hingga Bahrain Juga Gunakan Vaksin Sinovac

Suara.com - Indonesia bukan satu-satunya negara yang menjalankan program vaksinasi virus Corona menggunakan vaksin Sinovac. Negara mana saja?

Berdasarkan catatan Suara.com, setidaknya ada 6 negara lain yang juga menggunakan vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari China.


1. Uni Emirat Arab

Menyadur BBC News, Rabu (13/1/2021) dua negara Arab yakni Uni Emirat Arab dan Bahrain menyetujui vaksin buatan China namun dari perusahaan Sinopharm.

Regulator UEA mengatakan dalam siaran pers bahwa mereka telah menyetujui vaksin yang tidak aktif yang dikembangkan oleh Institut Produk Biologi Beijing Sinopharm.

Persetujuan tersebut didasarkan pada data perusahaan yang menyatakan bahwa kemanjurannya 86% dalam pengujian tahap akhir, termasuk percobaan pada 31.000 orang di UEA, menurut siaran pers, dikutip dari Nature.com.

2. Bahrain

Pejabat Bahrain tidak menyatakan apakah mereka menyetujui vaksin Sinopharm yang sama, tetapi mereka juga melaporkan kemanjuran 86%. Sekitar 7.700 orang berpartisipasi dalam uji coba Sinopharm di Bahrain.

3. Turki

Turki juga ikut menjadi negara yang memakai vaksin Covid-19 buatan China yakni Sinovac dengan vaksin CoronaVac-nya.

Para peneliti Turki mengatakan bulan lalu bahwa vaksin Sinovac memiliki angka efektif 91,25 persen berdasarkan analisis sementara.

4. Thailand

Bergeser ke Asia Tenggara, Thailand akan menerima vaksin Covid-19 pertamanya pada Februari dari Sinovac Biotech China.

Negara tersebut juga akan memiliki kapasitas untuk memproduksi 200 juta dosis vaksin AstraZeneca secara lokal per tahun, kata pejabat senior.

Thailand, yang bertujuan untuk menginokulasi setidaknya setengah dari 70 juta populasinya, harus menerima pengiriman 200.000 dosis vaksin Sinovac pada Februari, Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha mengatakan pada hari Senin (4/1) dikutip dari Channel News Asia.

5. Filipina

Filipina mendapatkan 25 juta dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China, 50.000 dosis pertama diharapkan tiba pada Februari.

Juru Bicara Kepresidenan Harry Roque mengatakan sisa vaksin Sinovac akan tiba antara bulan Maret hingga Desember.


Pemerintah berharap dapat memvaksinasi 50.000 orang bulan depan dengan prioritas pada petugas kesehatan, menurut Carlito Galvez, mantan jenderal yang bertanggung jawab atas upaya pengadaan vaksinasi.

6. Brasil

Brasil merupakan salah satu negara di benua Amerika yang sedang menguji dan akan menggunakan vaksin Covid-19 dari Sinovac.

Namun, Brasil mengumumkan bahwa vaksin tersebut memiliki efektivitas hanya 50,4 persen dalam mencegah infeksi gejala Covid-19.

Dan Singapura menyatakan telah menandatangani perjanjian pembelian dengan pembuat vaksin termasuk Sinovac, Moderna dan Pfizer-BioNTech. Sinovac juga diketahui telah mendapatkan kesepakatan lain yakni dengan Chile.

https://www.suara.com/health/2021/01...vaksin-sinovac

Seng esek nyangkem jejeken ae cangkeme emoticon-Traveller
viniest
Junmai92
koi7
koi7 dan 32 lainnya memberi reputasi
31
5K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.