News
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffd6bd810d295048e0023b1/polri-habib-rizieq-sempat-positif-corona-tapi-ngaku-sehat-walafiat
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat Jakarta - Polri mengungkap Habib Rizieq Shihab sempat dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 berdasarkan hasil tes swab beberapa waktu lalu. Namun, kata Polri, saat itu Habib Rizieq mengaku dalam keadaan sehat walafiat. "Kan diketahui bahwa (Habib Rizieq) sudah positif (COVID-19) itu tanggal 25, 25 November. Tapi di 26 Novemb
Lapor Hansip
12-01-2021 16:28

Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat

Quote:Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat

 Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat

Jakarta -

Polri mengungkap Habib Rizieq Shihab sempat dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 berdasarkan hasil tes swab beberapa waktu lalu. Namun, kata Polri, saat itu Habib Rizieq mengaku dalam keadaan sehat walafiat.

"Kan diketahui bahwa (Habib Rizieq) sudah positif (COVID-19) itu tanggal 25, 25 November. Tapi di 26 November itu mereka ngomong tidak ada masalah, sehat walafiat tidak ada sakit apapun," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi saat dihubungi detikcom, Selasa (12/1/2020).

Andi menuturkan Habib Rizieq telah menyebarkan berita bohong saat yang bersangkutan mengumumkan dalam keadaan sehat walafiat. Pengumuman Habib Rizieq dalam keadaan sehat walafiat kata Andi, diumumkan melalui front TV sehari setelah yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19.

"Kan khusus untuk Rizieq, dia (mengumumkan) lewat front TV. Sementara untuk RS Ummi, kan ditanya sama media tuh waktu itu, ada konferensi pers toh," ujarnya.

Seperti diketahui, Habib Rizieq Shihab bersama menantunya Muhammad Hanif Alatas serta Dirut RS Ummi Andi Tatat ditetapkan sebagai tersangka terkait tes swab di RS UMMI Bogor. Ketiganya dijerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman hingga 10 tahun penjara.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi menjelaskan, Habib Rizieq, Hanif dan Andi Tatat dijerat Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU No Tahun 1984. Ketiganya juga disangkakan Pasal 216 KUHP dan Pasal 14 serta Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 terkait menyiarkan berita bohong.

"Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit. Hasil dalam lidik, sidik konstruksi pasal ditambahkan. Pasal 216 KUHP. Pasal 14 dan 15 UU 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Maksimal 10 tahun (penjara)," kata Andi saat dihubungi detikcom, Senin (11/1).

Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU tentang Wabah Penyakit berbunyi:

(1) Barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, diancam dengan pidana penjara selama-lamanya 1 (satu) tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
(2) Barang siapa karena kealpaannya mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, diancam dengan pidana kurungan selama-lamanya 6 (enam) bulan dan/atau denda setinggitingginya Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Pasal 216 KUHP berbunyi:

(1) Barang siapa dengan sengaja tidak menuruti perintah atau permintaan yang dilakukan menurut undang-undang oleh pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu, atau oleh pejabat berdasarkan tugasnya, demikian pula yang diberi kuasa untuk mengusut atau memeriksa tindak pidana; demikian pula barang siapa dengan sengaja mencegah, menghalang-halangi atau menggagalkan tindakan guna menjalankan ketentuan undang- undang yang dilakukan oleh salah seorang pejabat tersebut, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah.
(2) Disamakan dengan penjahat tersebut di atas, setiap orang yang menurut ketentuan undang-undang terus-menerus atau untuk sementara waktu diserahi tugas menjalankan jabatan umum.
(3) Jika pada waktu melakukan kejahatan belum lewat dua tahun sejak adanya pemidanaan yang menjadi tetap karena kejahatan semacam itu juga, maka pidananya dapat ditambah sepertiga.

Pasal 14 UU tentang Peraturan Hukum Pidana berbunyi:

(1) Barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun.
(2) Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun.
Baca juga:
Pengacara Bantah Hanif Alatas Halangi Proses Tes Swab Habib Rizieq

Sementara, Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 berbunyi:

Barang siapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya dua tahun.

Brigjen Andi memastikan tim penyidik sudah memiliki dua alat bukti. Alat bukti tersebut, kata dia, digunakan dalam menentukan status tersangka kepada ketiganya.

"Yang pasti penyidik sudah memiliki minimal 2 alat bukti dalam menetapkan ketiganya menjadi tersangka," tuturnya.

Kasus RS UMMI terkait tes swab Habib Rizieq bermula saat Andi Tatat dilaporkan ke polisi. Andi Tatat dilaporkan Satgas COVID-19 Kota Bogor dengan laporan bernomor LP/650/XI/2020/JBR/POLRESTA BOGOR KOTA tertanggal 28 November 2020.

Andi Tatat dilaporkan karena dinilai menghalang-halangi upaya satgas melakukan swab test terhadap Habib Rizieq. Saat Satgas hendak melakukan tes swab, Habib Rizieq sedang menjalani perawatan di RS UMMI Bogor.


Komeng TS =
:sudahkuduga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 19:32
Korek teruuussss... Harun masiku pdip apa kabar?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 19:39
Yg menjarain Ahok pada kena karma satu per satu 🤭
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:15
doain bibib ya temen2, suka atau gk suka rizik ini manusia juga sma kaya kita kita kan.

ada di dasar negara indo, kemanusiaan yg adil dan beradab, ya kl lw manusia ya lw doain manusia lain yang baik baik, masalah suka atau gk suka ya tar ajalah
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:20
kirain dah kebal dari korona karena statusnya yang onoh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:33
menutupi kebenaran itu dosa.. dilanjut dengan bohong itu lebih dosa.. astagfirullah, penghuni neraka dong ente.. bareng tapir-tapir..
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:37
Dasar bibib kang boong...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:37
di tabung yak masa tahanan nya...dikit dikit jadi bukit...
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:38
ternyata allah swt langsung mengabulkan doanya yg jelek2 ke dirinya dia sendiri, ini kah yg dinamakan azab, baru pulang dari arab udh lngsung masuk bui hadeh.. sadar drun sadar..
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:40
Nah..beneran positif trnyata.
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 20:51
anda ini bagaimana.... bukan HRS ataupun demo yg jd penyebab kasus corona meningkat...... note : pemimpin wilayah


emoticon-Ngacir
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 21:40
gabut ama wagabener juga kena covid di waktu bersamaan

gabut sowan ke rijik 10 nov
wagabener ngumpul sama rijik di tebet 13 nov
kimpoian anak onta 14 nov

rijik dites positif 25 nov
wagabener positif 27nov
gabut positif 30 nov

kebetulan? mari berhitung
masa inkubasi 2-14 hari
timbul gejala dan tanggal pengetesan bisa jadi tidak sama

kerumunan tebet sama petamburan pasti cluster itu

emoticon-Sundul Up
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 21:42
malu dia kalau ngaku kena covid-19 mungkin. wibawa sebagai imam besar bisa rusak mungkin karena doanya tak dikabulkan. malu donk.

kan pendukungnya percaya doanya manjur dan dikabulkan. imam besar gitu lho.

emoticon-Cape d...
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 22:05
Sudahlah , kebohongan ditutupi gelarmu hanya mengundang kesialan bagi sekelilingmu. Rekening di blokir , udah pantas lu tinggal diarab bib. emoticon-Cape d...
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 22:18
Bisa nulari kemana-mana tuh.
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
12-01-2021 23:06
Kl emang beneran positif, brarti nih org egois bgt. Please lah ini lg wabah dan blum kelar, eh dia bohong kl ternyata kemaren sempat positive dan berpotensi nyebarin pas rame2 kemaren.
Emg kenapa ga ngaku positive kemaren ? Takut malu krn udh ngaku2 sbg "imam besar" ato "cucu nabi" dan ternyata takhluk sama penyakit ? Ya elah sama2 manusia biasa yg bisa sakit juga.
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
13-01-2021 00:25
hayoloo... lagian terlalu mencurigakan juga sih, diminta swab test manuver berkelitnya ke mana-mana emoticon-Wow
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
13-01-2021 06:13
Yang bocoran surat hasil swab itu jangan2 emang asli yah...

Astaga
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
13-01-2021 07:57
Habib kibul...
emoticon-Ngakak
0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
13-01-2021 08:31


Quote:Original Posted By pr1mus_corleone
doain bibib ya temen2, suka atau gk suka rizik ini manusia juga sma kaya kita kita kan.

ada di dasar negara indo, kemanusiaan yg adil dan beradab, ya kl lw manusia ya lw doain manusia lain yang baik baik, masalah suka atau gk suka ya tar ajalah


Quote:Original Posted By priambodorochma
ternyata allah swt langsung mengabulkan doanya yg jelek2 ke dirinya dia sendiri, ini kah yg dinamakan azab, baru pulang dari arab udh lngsung masuk bui hadeh.. sadar drun sadar..


0 0
0
Polri: Habib Rizieq Sempat POSITIF Corona tapi Ngaku Sehat Walafiat
13-01-2021 08:43
Virus Corona = Tentara Allah --> Vaksin Corona = Tentara Iblis ??? emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia