Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

novikikirizkiaAvatar border
TS
novikikirizkia
Tetangga, Masa Gitu?Dikasih Hati Minta Jantung!


Tetangga itu saudara paling dekat setelah keluarga. Apabila terjadi sesuatu, tetangga lah orang pertama yang akan menolong kita.

Berbuat baik dan menjaga hubungan baik dengan tetangga memang bisa dibilang wajib ya, Guys. Karena bagaimanapun hubungan sosial dengan masyarakat sekitar kita harus terjalin dengan baik.



Meski pada prakteknya, tidak semua sesama tetangga bisa berhubungan baik. Nah,ini yang menjadi masalah jika dengan tetangga dekat tidak bisa menjaga hubungan baik.

Ada satu kisah,di mana dalam suatu perumahan, terdapat pasangan suami istri, pasangan muda. Di mana si wanita ini masih memiliki pekarangan kosong di area perumahan tersebut. Wanita ini begitu rajin membersihkan pekarangannya yang kosong, juga terdapat beberapa tanaman bunga dan sayuran, juga ada kolam ikan, di sudutnya memang dibuat tempat untuk pembuangan sampah.

Wanita ini begitu rajin menyapu, sengaja dibersihkan agar tidak ada yang sengaja membuang sampah di pekarangannya. Karena setiap rumah sudah mempunyai langganan tukang sampah yang mengangkutnya seminggu dua kali.



Dengan telaten wanita ini sering membersihkan pekarangan, selain agar bersih dan terawat, juga sebagai kode agar tidak membuang sampah sembarang di pekarangannya.

Hingga pada suatu hari, wanita ini ingin membuang sampah di pekarangannya. Betapa terkejutnya ketika melihat patahan ranting yang sengaja di letakkan di pekarangannya yang bersih. Bukan ditempat sampah yang disediakan.

Wanita ini hanya bisa beristighfar, mencoba sabar meskipun sebenarnya ingin sekali marah. Ingin protes pada suami,ingin membuat tulisan agar tidak membuang sampah di pekarangannya seenaknya. Mengadu pada suami, suami selalu memintanya untuk sabar dan ikhlas.

Bukan bermaksud membela tetangganya, hanya saja tidak ingin berdebat dengan tetangga.

Saat mood sedang baik, wanita ini menurut dengan sang suami, namun saat mood-nya sedang buruk, akan menjadikan mereka cukup bersitegang karena tidak sekali dua kali.

Lalu, maksud tulisan ini apa?

Cobalah bersikap baik pada tetangga. Setidaknya jika tidak mampu bersedekah senyum, jangan ambil senyumnya. Apalagi sampai membuat oranglain mendapatkan masalah karena ulah kita yang kita anggap sepele.



Karena ranting yang kita buang semaunya dipekarangan orang lain, bisa membuat hubungan baik orang lain rusak. Seperti pasangan suami istri yang memiliki pekarangan tersebut, mungkin wanita itu tidak akan menegur tetangganya karena menjaga hubungan baik dan larangan dari suaminya, tapi lihatlah, sepasang suami istri itu harus bertengkar, entah hanya perdebatan kecil atau bisa menjadi perdebatan besar.

So, jangan semena-mena ketika sang pemilik tidak ada. Jikapun memang ingin meminta tolong, katakanlah baik-baik,jangan berpura-pura tidak tahu dan tidak mau tahu.

Setiap perbuatan ada balasannya, Guys. Baik si korban ikhlas maupun tidak, tapi Allah Maha Melihat.

Sumber : Opini Pribadi
gambar : google
0
944
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.