Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 3 Pilihan Downgrade yang Dilakukan Masyarakat (Pengamatan Ane) Saat Pandemi

iskrimAvatar border
TS
iskrim
3 Pilihan Downgrade yang Dilakukan Masyarakat (Pengamatan Ane) Saat Pandemi


Situasi dan kondisi jangka panjang yang diakibatkan oleh Corona sekarang ini memang berdampak pada pola kehidupan dan kebutuhan masyarakat.

Kerumunan masyarakat di titik keramaian selain memang sedang dibatasi karena kondisi keuangan masyarakat juga mulai menurun, bahkan mungkin ada yang berdampak pada 'sentimen' negatif.

Untuk itu kalau kita tidak cerdas mengelola pengeluaran dan keuangan hidup kita bisa-bisa semakin sulit.


Hasil dari pengamatan saya di lingkungan terdekat, beberapa mengalami perubahan gaya hidup dan kebutuhan. Mau gimana lagi, cara inilah yang menurut mereka paling aman dan bisa 'menyambung' hidup disituasi yang sedang tidak pasti ini.

Intinya mereka sedang melakukan penghematan dan mencari aman saat ini.


Nah, ke tiga hal tersebut bisa saya jelaskan di bawah ini:



Kendaraan



Alat transportasi menjadi kebutuhan lebih penting saat ini, terlebih menghindari penularan virus Corona di luar rumah, saya lihat ada kencenderungan masyarakat mulai mendowgrade kendaraannnya, baik itu mobil atau motor.

Pertimbangannya adalah meski turun 'kelas' tapi mereka tetap merasa terlindungi, bayar pajak lebih murah, dan kelebihan uang hasil jual kendaraannya bisa untuk menyambung hidup dan ditabungkan. "Saya tukar mobil ini saja, nyamannya tetap dapet, gengsi tetep dapet, dan pastinya kelebihan uangnya bisa di simpan..",kata teman saya.



Rumah Atau Toko



Hampir sama dengan kendaraan, tempat tinggal atau tempat usaha yang dinilai mengeluarkan biaya lebih besar, terutama toko banyak penjual kini beralih kembali ke lapak-lapak bazaar atau bahkan ada yang turun ke jalan.

Seperti tetangga saya, awalnya dia berani menyewa toko degan sewa 80 juta setahun, kini dia rela melepasnya karena sudah tidak kuat menyewa dan bayar listrik yang setiap bulan bisa mencapai ratusan ribu.

Separuh barang dagangannya mau tidak mau dia tumpuk di rumah. "Saya turun ke jalan lagi aja, banyak penghematan yang saya dapat, dan online jadi sampingan saya." katanya.




Gaya Hidup dan Hobi



Ini juga dialami oleh teman saya, yang awalnya seminggu bisa 2-3 kali datang ke tempat Gym yang cukup terkenal, karena dulu banyak artis disana.

Teman saya yang awalnya menjadi member premium kini dia memilih 'istirahat' dulu pergi ke Gym langganannya.


"Saya sekarang pilih Jogging disekitaran rumah, bisa ketemu teman, dan tetangga pula," katanya. Uang bulanan untuk bayar Gym bisa saya simpan atau beli makanan dan minuman sehat lainnya, "Stok di kulkas jadi lebih banyak." kataya menutup pembicaraan.


Nah, dari ketiga poin di atas adakah teman alami, atau ketahui di sekitar rumah atau lingkungan tempat tinggalmu? Share yuk kita pada kolom di bawah ini. Terimakasih!



Referensi.Sebuah Opini
Img.google img






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 08-01-2021 05:58
aripmaulana
tien212700
pakdejoss
pakdejoss dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.