penanusaAvatar border
TS
penanusa
Minta Subsidi Haji Dikurangi, Wapres: Haji u/ yg Mampu, Bukan Karena Disubsidi Negara


Kemarin sore, Rabu, 6 Januari 2021, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, menerima Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di rumah dinasnya di Jakarta.

Menurut Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, seperti dilaporkan Antara, dalam pertemuan itu Wapres Ma’ruf Amin meminta Menteri Agama menyusun kebijakan untuk memangkas subsidi biaya haji dari pemerintah.

“Wapres berharap, ke depan itu, ibadah haji untuk yang mampu, jadi bukan karena disubsidi negara. Ya, disubsidi oke, tapi jangan sampai mengganggu sistem tabungan haji yang selam ini dikelola BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji),” jelas Masduki Baidlowi.

Selain itu, Wapres juga berharap biaya haji dapat dihitung secara benar dan jangan sampai mengganggu rencana keberangkatan calon jemaah haji berikutnya.

Menurut Masduki Baidlowi, Wapres menganggap selama ini subsidi haji yang hampir setengah dari ongkos naik haji terlalu besar. “Bayar Rp35 juta kisarannya, tapi onkos hajinya Rp70-an juta, [subsidi] hampir setengahnya, kan ini tidak benar,” katanya.


“Jangan sampai seperti arisan haji atau umrah. Jadi yang mau berangkat duluan itu dicarikan dana dari yang lain, sampai akhirnya yang belakangan itu jadi korban. Dalam konteks negara, ini duit APBN yang dipakai,” imbuh Masduki Baidlowi.

Wapres Ma’ruf Amin berharap Menteri Agama yang baru dapat memperbaiki pengelolaan dana haji hingga pemberian subsidi dapat dipangkas secara bertahap. (*)

via rekam jejak indonesia
Adieet
viniest
ronaldidin
ronaldidin dan 10 lainnya memberi reputasi
9
4.4K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.