• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Suku Bajo! Inilah Aquaman Sesungguhnya Dengan Rekor Tahan Napas Selama 24 Menit

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Bukan Suku Bajo! Inilah Aquaman Sesungguhnya Dengan Rekor Tahan Napas Selama 24 Menit
Welcome To batzforum Thread!!!

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

Halo Agan dan Sista sekalian, gimana nih kabar kalian semua? Pasti sehat kan? Harus sehat dongemoticon-Blue Guy Peace


Sebagai salah satu makhluk hidup di dunia ini, manusia haruslah bernapas melalui oksigen untuk terus bertahan hidup. Tapi terkadang ada beberapa kondisi yang membuat manusia (kita) menahan nafas dalam waktu tertentu loh. Salah satu contohnya adalah lomba tahan nafas di kolam renang bersama teman, tak dapat dipungkiri kalau kita juga sering melakukan aksi tahan nafss bukan?

Sejatinya kemampuan rata-rata seorang manusia untuk bisa menahan napas sekitar 30 - 60 detik saja loh (kebanyakan orang). Jika manusia normal tanpa latihan mencoba menahan napas lebih dari satu menit, kemungkinan manusia tersebut akan merasakan dampak negatif pada tubuhnya seperti kerusakan pada sel tubuh (otak paling rentan terkena kerusakan akibat menahan napas yang berlebihan/tidak sesuai kemampuan tubuh).


Memang dampaknya mengerikan, tapi tak bisa dipungkiri bahwa kita juga sering melakukan perlombaan tahan napas ini seperti yang ane sebutkan di awal tadi. Tapi waktu menahan napas 30 - 60 detik itu hanya berlaku bagi orang-orang normal yang tidak berlatih loh Gan Sist, kalau untuk orang yang berlatih sih pasti bisa lebih dari hitungan menit, belasan menit bahkan puluhan menit.

Di Indonesia sendiri, ada satu Suku yang terkenal akan kemampuan tahan napas nya yang lama saat sedang menyelam, yaitu Suku Bajo. Rata-rata orang dari Suku Bajo memiliki kemampuan menahan napas saat menyelam selama kurang lebih 13 menit, wajar saja kalau mereka disebut Aquaman di dunia nyata. Alasan dibalik kemampuan tahan napas lama milik Suku Bajo sendiri terletak pada limpa mereka, dimana ukuran limpa orang-orang Suku Bajo lebih besar 50% daripada manusia biasa/manusia pada umumnya.

Foto Aleix Segura Vendrell

Kalau bicara Suku dengan kemampuan tahan napas paling lama, Suku Bajo lah jawabannya. Tapi jika ditanya siapakah manusia yang bisa menahan napas paling lama sekaligus memegang rekor tahan napas paling lama di dunia, kira-kira siapa yang Agan dan Sista pikirkan? Jika rata-rata Suku Bajo mampu menahan napas selama 13 menit, pemegang rekor tahan napas dunia ini mampu menahan napas selama 24 menit 3,45 detik loh. Dan nama orsng yang memegang rekor tersebut adalah Aleix Segura Vendrell, seorang freediverdari Spanyol.

Rekor yang didapatkan/dibuat Vendrell ini dilakukannya pada tanggal 28 Februari 2016 di Barcelona, Spanyol. Hm, ane aja ga kebayang apa yang dipikirkan orang-orang saat melihat Vendrell menahan napas selama hampir setengah jam. Memang kemampuan yang luar biasa sih. Bagaimana pendapat kalian tentsng rekor ini? Dan kalau ane boleh tanya, Agan dan Sista paling lama mampu menahan napas selama berapa detik/menit?


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sini, dari sini, dari sinidan dari sini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
fira262
konodioda
n.h3
n.h3 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
10.2K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.