Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

samsol...Avatar border
TS
samsol...
Pendukung Trump Serbu Gedung Capitol, Biden: Ini Pemberontakan
Washington DC - Ratusan pendukung Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyerbu dan menyerang Gedung Capitol AS di Washington DC dalam upaya membalikkan kekalahan Trump dalam pilpres. Presiden terpilih AS, Joe Biden, menyebut aksi pendukung Trump itu bukanlah aksi protes, melainkan pemberontakan.
Seperti dilansir Reuters dan CNN, Kamis (7/1/2021), para pendukung Trump yang awalnya berunjuk rasa di luar Gedung Capitol AS itu tiba-tiba menerobos masuk ke dalam dan memicu kekacauan serta melakukan aksi perusakan seperti memecahkan kaca jendela, menduduki kantor dan ruangan di dalamnya.

Serbuan pendukung Trump ini dilakukan pada Rabu (6/1) waktu setempat, saat Kongres AS tengah menggelar sidang gabungan untuk mengesahkan kemenangan Biden dalam pilpres AS 2020. Proses tersebut tengah berlangsung saat serbuan terjadi.

Para anggota Kongres AS pun terpaksa dievakuasi ke lokasi aman. Bahkan Wakil Presiden AS, Mike Pence, yang memimpin jalannya sidang sebagai Presiden Senat AS, juga ikut dievakuasi ke tempat aman. Para pendukung Trump itu menggulingkan barikade yang dipasang dan bentrok dengan polisi yang berjaga di lokasi.

"Mengancam keselamatan para pejabat terpilih, itu bukanlah aksi protes. Itu pemberontakan," tegas Biden dalam pernyataannya menanggapi situasi tersebut.

"Dunia menyaksikan. Seperti begitu banyak warga Amerika lainnya, saya terkejut dan sedih bahwa negara kita, yang sejak lama menjadi suar cahaya dan harapan demokrasi, telah sampai pada momen yang begitu gelap," cetusnya.

Biden meminta Trump untuk bertindak dan mengakhiri kekacauan ini. Dia meminta Trump muncul ke televisi dan mengecam langsung aksi para pendukungnya.

"Presiden Trump: Bertindaklah," ucap Biden.

"Kata-kata presiden itu penting, tidak peduli betapa baik atau buruknya presiden itu. Pada masa terbaik mereka, kata-kata seorang presiden bisa menginspirasi. Pada masa terburuk mereka, kata-katanya bisa menghasut. Oleh karena itu, saya menyerukan Presiden Trump untuk muncul ke televisi nasional sekarang untuk memenuhi sumpahnya dan membela Konstitusi dan menuntut diakhirinya pengepungan ini," tegasnya.

Kepolisian setempat menetapkan bahwa Gedung Capitol AS telah aman sesaat setelah pukul 17.30 waktu setempat. Sidang gabungan Kongres AS untuk mengesahkan kemenangan Biden dijadwalkan akan dilanjutkan kembali pukul 20.00 waktu setempat.

https://news.detik.com/internasional...rom=wpm_nhl_13

Negara demokrasi yg kebablasan...

Sebenarnya ini termasuk pidana sihemoticon-Cape d...
37sanchi
tien212700
DramaSeri
DramaSeri dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.