Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akmal1112Avatar border
TS
akmal1112
Pentingnya Mengetahui Apa Itu "Politik Dinasti" Di Indonesia

  Banyak partai politik saat ini masih menggunakan pola kekeluargaan dalam perekrutan tokohnya, baik dalam penentuan calon wakil rakyat maupun jabatan politik lainnya. Bahkan, politik kekeluargaan itu kini mengarah pada dinasti karena munculnya generasi ketiga atau cucu tokoh dalam penentuan jabatan politik, khususnya pencalonan anggota parlemen.


    Sebelumnya "Politik dinasti dapat diartikan sebagai sebuah kekuasaan politik  yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga. Dinasti politik lebih indenik dengan kerajaan. sebab kekuasaan akan diwariskan secara turun temurun dari ayah kepada anak. agar kekuasaan akan tetap berada di lingkaran keluarga." referensi:https://www.mkri.id/

   Munculnya "Politik Dinasti" dikarenakan adanya faktor dorongan maupun keinginan suatu keluarga dalam memegang kekuasaan secara terus menerus, adapun akibat dari kerja sama atau kesepakatan antara pengusa dan pengusaha untuk menggabungkan kekuatan modal dan politik demi keuntungan pribadi maupun beberapa pihak terkait. Sehingga merubah sistem pemerintahan Republik menjadi Monarki.

    Dengan Politik Dinasti membuat orang yang tidak kompeten memiliki kekuasaan. Sebaliknya, dimana orang yang kompeten menjadi tidak memiliki kesempatan karena alasan bukan anggota keluarga, sehingga sulit untuk terciptanya pemerintahan yang adil dan bersih. Di samping itu, cita-cita bangsa ialah,"melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa .... "  yang terkandung dalam Pembukaan UUD1945 menjadi tidak terwujud akibat pemimpin atau pejabat negara tidak mempunyai kapabilitas dalam menjalankan tugas.




nomorelies
PneumonoCyclone
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
830
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.