Carbone13Avatar border
TS
Carbone13
Penipuan Online di Marketplace Menggunakan Jasa Kurir COD
Halo gan slamat sore , sedikit curhat . sebenernya males ane ungkit-ungkit tapi ini mungkin bisa jadi pembelajaran untuk agan-agan semua . khususnya para seller online terutama yg berjualan di marketplace . 

Kronologi : saya menjual jasa vps di toko hijau . dan buyer membeli jasa ane menggunakan sistem kurir COD , pada tanggal 4 januari 2021 saya kirimkan paket invoice untuk penagihan vps nya yang seharusnya di bayar COD (Cash On Delivery) , kemudian di hari +1 yaitu tanggal 5 januari 2021 (setelah pembelian) buyer marah-marah di chat wa , padahal bisa aja di bicarain apa kendalanya dan ane bisa aja kasih full support untuk jasa nya tapi buyer malah maki-maki dan minta refund dengan cara transfer ke no rekening bank Mandiri . setelah saya transfer dan menurut saya sudah clear masalah ini , Buyer yang seharusnya bayar paket invoice ditempat (COD) , tetapi buyer malah menolak untuk membayar , sehingga orderan otomatis tercancel per tanggal 6 januari dan paket dikembalikan ke ane dan uang pasti kembali ke buyer . 

chat wa dengan si buyer . 

Spoiler for Chat WA:


Spoiler for Bukti pesanan dikembalikan:


Spoiler for Bukti Transfer:




bagi para seller marketplace : hati-hati saja menggunakan kurir yang cod karena bisa di retur balik barangnya ketika sampai (tidak melalui proses retur)  , dan jangan juga langsung transfer refund uang ke buyer .

Trimakasih agan-agan semoga bermanfaat .
Diubah oleh Carbone13 06-01-2021 09:18
cPOP
tien212700
tien212700 dan cPOP memberi reputasi
2
1.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.