Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
15 Jenis Anyaman Kulit Ketupat
Kaskus DeYudi69 -Tipat, atau orang pada umumnya lebih mengenal dengan nama ketupat, merupakan salah satu warisan budaya dari leluhur kita di Indonesia. Kulit ketupat biasanya terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih muda. Ada banyak macam jenis ketupat, salah satunya ketupat lebaran, rasanya nikmat kalau dimakan bersama opor ayam.


sumber gambar

Namun, bila kita ingin menikmati sensani nikmatnya memakan ketupat tanpa menunggu datangnya hari raya, kita bisa membuatnya sendiri Gan-Sist. Atau kalo nggak mau repot membuatnya sendiri, kita bisa mencari penjual tahu tek atau penjual gado-gado yang biasanya menyediakan menu olahan makanan dengan campuran ketupat ini. Eit ... ketupat beda sama lontong ya Gan-Sist, walaupun isiannya sama yaitu berisi beras yang direbus dalam jangka waktu tertentu sampai tercipta tekstur yang diinginkan dari beras tersebut, yang paling membedakan yaitu bagian kulit pembungkusnya, kalau ketupat kulitanya terbuat dari anyaman daun kelapa, kalau lontong biasanya kulitnya terbuat dari bungkusan daun pisang dan bentuknya bulat memanjang.

Nah, di daerah ane sendiri yaitu di Bali, banyak banget terdapat bentuk anyaman kulit ketupat, atau yang lebih dikenal dengan nama tipat saja Gan-Sist.

Biasanya bentuk dari anyaman tipat ini menyesuaikan dengan kebutuhannya saat dipergunakan dalam pelaksanaan upacara keagaman di Bali, atau pun misal membuat tipat yang sengaja dibuat hanya untuk dikonsumsi saja, misalnya tipat nasi, kalo Gan-Sist pernah berwisata ke Bali dan pernah mencicipi menu kuliner tipat cantok, maka jenis anyaman kulit tipat yang dipergunakan biasanya jenis anyaman tipat nasi ini, atau pun tipat galeng.

Terlepas dari semua itu, beraneka jenis anyaman kulit tipat tersebut, sudah sepatutnya agar supaya tetap kita lestarikan keberadaannya, karena ane lihat, di era serba modern ini, para muda-mudi sudah mulai banyak yang tidak mengetahui cara membuat kulit ketupat atau kulit tipat, khususnya anyaman tipat yang ada di Bali.

Untuk itu dalam thread ane kali ini akan memaparkan beberapa jenis anyaman tipat yang ada di Bali beserta tutorial cara membuatnya.

Quote:


Nah, itu tadi beberapa jenis anyaman kulit tipat yang keberadaannya perlu kita lestarikan. Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya Gan-Sist.

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi
Diubah oleh DeYudi69 02-01-2021 18:19
richardus96
farinamany
Cintabening
Cintabening dan 22 lainnya memberi reputasi
23
5.7K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.