Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vatimah928Avatar border
TS
vatimah928
Viral, Malam Hari di Dua Kota Kecil Ini Berwarna Ungu Cerah
Viral, Malam Hari di Dua Kota Kecil Ini Berwarna Ungu Cerah
Sumber

SELAMA beberapa bulan terakhir penduduk di dua kota kecil pantai selatan Swedia mengalami fenomena malam hari yang aneh. Jika pada malam hari seharusnya langit berwarna gelap, justru di tempat ini langit berubah warna menjadi ungu cerah. Fenomena ini pun menjadi viral di media sosial.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu (2/1/2021), penduduk Gislov dan Trelleborg, dua kota kecil di Swedia yang hanya berjarak sekira 10 menit perjalanan, awalnya dikejutkan langit ungu cerah di atas mereka. Tapi kekhawatiran mereka segera diatasi oleh perwakilan dari sebuah perkebunan tomat di dekatnya.

Perwakilan perkebunan tersebut menjelaskan bahwa warna langit yang tidak wajar itu disebabkan sistem hemat energi baru yang telah mereka pasang. Instalasi LED besar memancarkan cahaya ungu pada tanaman untuk merangsang pertumbuhan. Namun, cahaya itu juga bersinar ke atas dan menerangi awan rendah sehingga menciptakan efek sci-fi.
Viral, Malam Hari di Dua Kota Kecil Ini Berwarna Ungu Cerah

Foto-foto langit malam ungu cerah itu pun beredar luas di media sosial hingga menjadi viral. Sebagian besar memberikan reaksi positif dari pengguna yang menyukai efek dunia lain. Tapi semuanya sangat berbeda dengan penduduk di sekitar lokasi.

Penduduk Gislov dan Trelleborg mulai mengeluh tentang lampu ungu terang tersebut. Mereka mengatakan bahwa cahaya itu menyinari rumahnya pada malam hari sehingga sulit membuat tertidur.

Pada 6 November 2020, pihak perkebunan tomat terbesar di Swedia itu mulai mematikan lampu antara pukul 17.00 hingga 23.00. Mereka juga mengeluarkan pernyataan resmi.

"Sebagai langkah pertama, kami telah memilih untuk mematikan seluruh penanaman tomat di malam hari. Meski ini akan menjadi langkah mundur bagi kami. Kami tidak maksud membuat orang marah. Kami hanya ingin menghemat listrik dan tumbuh lebih banyak," isi pernyataan tersebut.

Media lokal Swedia baru-baru ini melaporkan bahwa cahaya ungu cerah juga tampaknya membingungkan burung-burung di daerah tersebut. Burung-burung itu dilaporkan terjebak dalam cahaya dan terbang di dalamnya selama berjam-jam.

Tidak ada yang tahu persis mengapa burung mengalami ini. Fenomena tersebut diketahui terutama setelah diamati di sekitar mercusuar melalui proyektor kuat.

Sumber Okezone
simsol...
tien212700
tien212700 dan simsol... memberi reputasi
2
947
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.