Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Australia Bergerak 7cm Ke Indonesia Setiap Tahun! Apa Yang Akan Terjadi?

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Australia Bergerak 7cm Ke Indonesia Setiap Tahun! Apa Yang Akan Terjadi?


Pergeseran benua dapat terjadi akibat gerakan lempeng tektonik yang saling bergerak mendekat (konvergen), menjauh (divergen), atau bergeseran (transform). Teori lempeng tektonik klasik ini sendiri sebenarnya dikembangkan pada tahun 1960-an.


Kali ini ane sangat tertarik untuk membahas tentang salah satu benua di bumi ini yang tiap tahunnya mengalami pergeseran, yaitu Australia. Negeri kangguru ini diketahui setiap tahunnya bergerak mendekati Indonesia loh.


GIF

Australia ternyata setiap tahunnya bergerak ke arah utara sejauh 7 centimeter (cm). Tentu jarak itu hanyalah sedikit dan tidak akan berdampak dalam waktu dekat, namun seiring berjalannya waktu akan tiba saatnya dimana Australia akan berbenturan dengan Indonesia karena pergerakan itu.


Kalau dipikir-pikir memang masih lama sih bagi Australia untuk menabrakkan dirinya ke negara Indonesia, namun satu hal yang pasti yaitu tabrakan itu akan terjadi.




Jika dihitung-hitung, jarak Australia dengan Indonesia dalam 1 abad hanya akan mendekat sekitar 700cm atau 7 meter saja. Tapi dengan jarak seperti itu, tentu saja semua kemungkinan bisa terjadi jika waktunya sudah tepat.


Memang jarak antara Indonesia dengan Australia nantinya akan semakin dekat dan semakin mudah untuk pergi ke Australia. Tapi pasti ada hal buruk yang akan terjadi jika Australia semakin mendekati Indonesia.




Pergerakan atau pergeseran Australia ini disebabkan oleh lempeng bumi yang saling bertumbukkan. Mengapa? Karena benua Australia berada diatas lempeng tektonik yang paling aktif bergerak dan bertabrakan dengan lempeng pasifik.


Lempeng bumi yang bertumbukkan tersebut tentu memiliki dampak negatif loh gansis, yaitu terjadinya gempa bumi tektonik. Dan apa yang akan terjadi dengan Indonesia jika Australia bertabrakan dengan Indonesia? Ada yang bisa menebaknya?


Bagaimana menurut agan sista? Ada yang bisa menghitung berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan Australia untuk bertabrakan dengan Indonesia?


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan dari sini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
kafir.resistant
zenaaldian
nyimak92
nyimak92 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.