Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Kritikus Musik Nobatkan SHINee dan SNSD sebagai Grup Terbaik Dekade Ini

johndearcAvatar border
TS
johndearc
Kritikus Musik Nobatkan SHINee dan SNSD sebagai Grup Terbaik Dekade Ini

Sumber: Pinterest

Di penghujung tahun 2020, kritikus musik memilih SHINee, EXO, SNSD, dan f(x) sebagai Boy Group dan Girl Group Terbaik dari tahun 2010-2019. Sheldon Pearce, mantan kritikus musik, penulis, dan pengulas untuk kritikus internasional populer, Pitchfork, membuat daftar artis dan grup K-pop yang paling bersinar di dekade ini.


Dalam daftar yang dibuatnya, Sheldon memilih deretan artis di bawah agensi besar Korea SM Entertainment, seperti SHINee, EXO, Girls 'Generation, dan f (x) sebagai grup terbaik dekade ini! Daftar tersebut ia bagikan dalam akun Tumblr pribadinya. Shinee dan SNSD dipilih jadi dua grup terbaik dekade ini, lalu diikuti oleh EXO dan F(x) yang menduduki posisi kedua.

Dalam industri dunia hiburan Korea Selatan, grup SHINee kerap disebut sebagai 'Princes of Kpop'. Kesuksesnya dalam berkarier tentu tak dapat dipungkiri lagi. Kiprah boygroup yang beranggotakan, Minho, Onew, Taemin, Key dan mendiang Jonghyun ini memainkan peran penting dalam industri musik Korea Selatan beberapa tahun terakhir.

Sejak debut tahun 2008, mereka telah berhasil mencetak rekor dengan lagu ikonik mereka 'Replay". Tak hanya itu, diawal debutnya SHINee menjadi grup pertama yang mendapat sebutan 'Monster Rookie'. Dua tahun sejak mereka debut, SHINee sudah masuk urutan ke enam sebagai album terlaris di Korea. Di momen itu SHINee mempromosikan single mereka 'Lucifer'. Sejak itulah mereka berhasilkan merilis berbagai lagu hit seperti 'Ring Ding Dong", Sherlockdan masih banyak yang lainnya. Lamanya malang-melintang di dunia hiburan, SHINee kini bahkan dianggap sebagai "idolanya para idola". Bintang K-pop yang lebih muda mengungkapkan bahwa mereka menjadi idola karena SHINee, termasuk SEVENTEEN Hoshi, TXT Taehyun, NCT Haechan, SF9 Chani, dll.

Sementara itu, EXO dikenal sebagai "Nation's Pick", satu-satunya grup yang memiliki gelar nasional yang secara resmi diberikan oleh Organisasi Pariwisata Korea Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Ketika mereka memulai debutnya pada tahun 2012, Tak perlu menunggu lama karier mereka terus menanjak. Hingga mereka mengantongi Penghargaan "Artis Baru" dari upacara penghargaan bergengsi seperti MAMA dan GDA. Pada tahun berikutnya, popularitas mereka terus meningkat dengan merilis album studio pertama mereka, "XOXO," yang terjual satu juta kopi. EXO kemudian menjadi artis Korea pertama yang mencapai rekor ini dalam 12 tahun. Dalam karirnya, EXO telah memiliki 23 daesang dan mencatat berbagai prestasi, seperti menjadi artis Korea pertama di abad 21 yang menjual 10 juta album kumulatif.

Sementara itu, Girls 'Generation, yang dianggap sebagai "Nation's Girl Group," memulai debutnya pada tahun 2007 dengan lagu debut ikonik mereka, "Into the New World." Berbekal keterampilan dan bakat, SNSD mulai dikenal masyarakat. Dari 2009-2011, SNSD juga menjadi artis berpenghasilan tertinggi dari SM Entertainment dan juga dianggap sebagai "cetak biru" dari girl grup baru seperti Apink, G-Friend, dan Melody Day.

Terakhir, f (x) yang dikenal sebagai "girl grup terbaik yang masih hidup" hingga Red Velvet debut pada tahun 2009. Sebelum hiatus, mereka tidak hanya diakui sebagai "best girl group alive" Sheldon tetapi grup tersebut juga dipilih oleh Billboard sebagai "Grup wanita K-pop teratas di Dekade Terakhir."

Sumber: 1 ,2
siangpenat
nomorelies
khenny252
khenny252 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
5K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.