Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
93
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fefd115337f9319fb116ec4/jarang-dibudidayakan-ternyata-tanaman-kluwih-memiliki-ragam-manfaat-untuk-kesehatan
Proses budidaya kluwih zaman dahulu hanya diperoleh dari penanaman biji. Sedangkan seiring perkembangan zaman. Kluwih bisa ditanam melalui proses mencangkok. Selain pertumbuhannya lebih cepat buahnya pun besar-besar. Pohon kluwih dari biji butuh waktu 3-4 tahun. Sedangkan dari cangkok hanya satu tahun sudah bisa dipanen.
Lapor Hansip
02-01-2021 08:49

Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tanaman Kluwih, Tanaman Beraneka Manfaat

Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan


Assalamualaikum … 
Apa kabarnya Agan Sista? 
Kali ini jumpa lagi di thread terbaru ane tentang tanaman dengan beraneka manfaat. 

Tanaman yang satu ini tampaknya sudah langka terlihat di sekitar kita. Bahkan di perkampungan yang biasanya masih dihiasi suasana hijau alam.


Quote:Kluwih terkadang ditulis Keluwih (Ingg: seeded breadfruit, breadnut) adalah nama sejenis pohon tanaman keras yang buahnya memiliki kulit keras dan berduri. Buah kluwih mirip dengan buah sukun tetapi buah ini memiliki biji dan kulitnya berduri lebih menonjol.

Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
Biji Kluwih: Pixabay


Buahnya pun memliki biji yang enak untuk dimakan, buah muda kluwih sangat digemari sebagai olahan kuliner. Bisa dibuat sayur lodeh, balado kluwih atau lalapan rebus. 

Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
Pohon Kluwih


Quote:Proses budidaya kluwih zaman dahulu hanya diperoleh dari penanaman biji. Sedangkan seiring perkembangan zaman. Kluwih bisa ditanam melalui proses mencangkok. Selain pertumbuhannya lebih cepat buahnya pun besar-besar. Pohon kluwih dari biji butuh waktu 3-4 tahun. Sedangkan dari cangkok hanya satu tahun sudah bisa dipanen. 

Pohon kluwih makin tua makin tinggi sehingga rawan tumbang. Untuk mengantisipasinya bisa dipangkas sehingga cabangnya lebih banyak. Dan tidak susah untuk memanen. Pohon ini tidak sulit untuk dibudidayakan. Pupuk alami dari kompos sudah bagus untuk pertumbuhannya, bisa ditambahkan kotoran ayam atau domba. Namun jika ingin memperoleh buah yang montok dan sehat alangkah baiknya diberikan pupuk buah. 

Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
Buah Kluwih muda: Wikipedia


Pohon ini memang jarang ditanam secara khusus dalam jumlah banyak. Padahal tanaman ini sangat cocok di iklim tropis seperti Indonesia ini. Biasanya pohon kluwih akan berbuah lebat di saat musim hujan. Pohonnya bisa ditanam di pekarangan atau ladang.

Selain itu ternyata kluwih memiliki ragam manfaat lainnya untuk kesehatan. Ya, di zaman yang serba rentan dengan penyakit ini kita memang harus ekstra menjaga stamina dan kesehatan. Nah, memilih obat yang alami jauh lebih aman bagi tubuh dibanding obat kimia. 


Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
Daun Kluwih Tua


Kluwih ini ternyata bisa mengobati gejala gangguan pencernaan, seperti asam lambung, sembelit dan diare. Cukup direbus daunnya yang sudah agak tua. Rutin diminum setiap pagi dan malam minuman herbal ini baunya pun tidak menyengat dan tidak memiliki rasa pahit. 

Pada penderita maag rebusan ini bisa mengurangi rasa mual akibat naiknya asam lambung. Dan mengurangi peradangan pada lambung

Manfaat lainnya daun kluwih rebus bisa mencegah gejala stroke, radang tenggorokan. Untuk para pekerja berat rebusan kluwih bisa meredakan nyeri pada otot, sendi dan tulang. Menurunkan tekanan darah sehingga membantu penderita darah tinggi, dan kolesterol.

Bagaimana, Gansis? Semoga ulasan tentang tanaman kluwih bisa bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di thread ane yang lain. 

Jangan lupa komen dan cendolnya, ya🥰. 

Opini pribadi
Referensi: Wikipedia
Sumber gambar: pixabay
Dokpri
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 08:50
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 08:51
Tanaman kluwih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 08:51
Tanaman ragam manfaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 09:04
Wah bermanfaat sekali nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 09:20
Gw nyebut kluwih di sini, nggak pada tau.
Tau nya timbul..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 09:37
Beda dengan sukun ta iki, Mbak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 10:04
Wah baru btahu sis , nanti coba perhatikan ya, mungkin ada di sekeliling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 10:30
Di sawah deket rumah ada nih Sist. Baru tau kalo daunnya juga berkhasiat
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 10:49
Kluwih mitos org Jawa gak boleh ditanam jika yg nanam masih muda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 12:08
Jgn lupa minum jamu herbal sesuai aturan y gansis. Krn pasti ada efek sampingnya. Btw, aku suka kluwih utk sayur lodeh. Hemmm
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 13:23
Buahnya Dibuat lodeh wow mantap
profile-picture
profile-picture
deeazz dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
02-01-2021 19:16
Itu bukannya sukun yaa apa emang pohonnya mirip??
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
03-01-2021 19:39
Quote:Original Posted By junaedi1982new
Gw nyebut kluwih di sini, nggak pada tau.
Tau nya timbul..
emoticon-Leh Uga
wah daerah mana gan

Quote:Original Posted By istijabah
Beda dengan sukun ta iki, Mbak?
beda sis sukun itu ga berbiji dan daging kaya tepung lembut

Quote:Original Posted By erina79purba
Wah baru btahu sis , nanti coba perhatikan ya, mungkin ada di sekeliling
iya di perkampungan banyak sis

Quote:Original Posted By detyry
Di sawah deket rumah ada nih Sist. Baru tau kalo daunnya juga berkhasiat
iya banyak manfaat

Quote:Original Posted By abellacitra
Kluwih mitos org Jawa gak boleh ditanam jika yg nanam masih muda
wih gitu ya mitosnya

Quote:Original Posted By muyasy
Jgn lupa minum jamu herbal sesuai aturan y gansis. Krn pasti ada efek sampingnya. Btw, aku suka kluwih utk sayur lodeh. Hemmm
yes. Ini juga ada takarannya sis

Quote:Original Posted By trifatoyah
Buahnya Dibuat lodeh wow mantap
favorit suamiku☺️

Quote:Original Posted By tulip.putih
Itu bukannya sukun yaa apa emang pohonnya mirip??
beda buahnya
profile-picture
profile-picture
istijabah dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
04-01-2021 12:13
Waah aku jarang liat pohon ini di lingkungan aku.. tapi kalo di rumah simbah banyak liat.. ternyata banyak yaaa manfaatnyaa
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
04-01-2021 14:50
Tetangga ane masih ada yg punya pohon kluwih sampe sekarang, samping juga ada pohon sukunnya. Samoe sekarang ane gak bisa bedain sih mana pohon kluwih mana yg sukun. Tapi kluwih emang enak sih gan dibikin sayur lodeh ato balado gitu
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
04-01-2021 23:10
ooo manfaatnya banya juga.. tapi di sini dah jarang ada mungkin kalo di desa masih banyak ya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
05-01-2021 11:54
kluwih muda enak buat sayur lodeh, bijinya yg udah tua jg gurih di goreng atau di bakar. trus bakal kluwih yg gak jadi namanya tombol atau timbul.. kalo dah kering bisa di bakar sbg pengganti obat nyamuk bakar.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
05-01-2021 12:02
_Siap gan...
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Jarang Dibudidayakan, Ternyata Tanaman Kluwih Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan
05-01-2021 12:03
Mirip Nangka emoticon-Betty
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia