adnanami
TS
adnanami
Frugalisme, Gaya Hidup Anti Gengsi yang Patut Agan Coba!


Selebriti ibu kota mana yang hari gini masih menggaungkan gaya hidup frugal di tengah kemewahan yang mereka miliki? Jawabannya ada, tapi tidak banyak. Salah satunya adalah Pevita Pearce, wanita berdarah blasteran Inggris dan Kalimantan ini menjalani gaya hidup frugal sudah sejak lama. Rupanya ajaran hidup ini telah diterapkan oleh orangtuanya semenjak dia masih berusia anak - anak. Gadis manis ini lebih memilih naik angkutan umum ketimbang membawa mobil sendiri karena memakai jasa angkot terbilang lebih praktis, murah dan mengurangi kemacetan.

Ketika diundang ke acara talkshow yang membahas tentang kebiasaan "nyeleneh" bagi artis papan atas seperti dirinya itu, pembawa acara menanyakan apakah Pevita tidak malu kemana - mana naik angkot? Kan dia artis top harusnya naik mobil biar keren. Jawaban Pevita :

"Nggak malu sih, toh gue udah keren mau naik apa aja."


Keren sekali jawabannya ya gan? Zaman sekarang memang sudah bukan zamannya lagi untuk menomorsatukan gengsi. Bila gengsi masih dijunjung tinggi, bukan tidak mungkin kantong agan dan sista akan jebol untuk membeli barang - barang yang sebenarnya tidak perlu. Apalagi jika barang tersebut masih dicicil alias dibayar dengan cara berhutang. Padahal tidak akan ada yang benar - benar peduli juga dengan benda yang agan miliki itu. Paling - paling responnya hanya memuji dan itu pun hanya sekali. Padahal cicilan yang agan tanggung harus dibayar berapa tahun? Mengedepankan gengsi hanya akan membuat kita sesak nafas.

Oh ya, sudah pada tahu belum apa itu gaya hidup frugal?

Frugal berasal dari Bahasa Inggris yang artinya hemat. Ingat ya hematBUKAN pelit. Konsep frugalisme ini menekankan pada kebutuhan dan bukan keinginan. Hampir sama dengan gaya hidup minimalis namun perbedaannya terletak pada prioritas minimalisme yang condong pada prinsip lebih sedikit barang lebih baik sedangkan frugalisme menyarankan untuk tidak boros saja tanpa terikat pada aturan jumlah.

Quote:


Walaupun frugalisme dan minimalisme tercetus di Amerika akibat borosnya gaya hidup orang disana, kita juga tidak salah jika menerapkannya pada keseharian kita. Gaya hidup frugal lebih mudah kita terapkan di era modern seperti sekarang karena makin banyaknya aplikasi - aplikasi belanja online yang menawarkan cashback dan voucher potongan harga. Selain itu kita bisa menjalani hidup frugal dengan belanja di pasar tradisional, memasak sendiri di rumah dan mempertimbangkan untuk membeli barang prelovedmaupun second dengan harga miring ketimbang membeli barang baru dengan kualitas yang tidak jauh beda demi menghemat pengeluaran.

Jika thread ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan kepada lebih banyak orang agar lebih membawa manfaat untuk orang - orang yang anda sayangi. Ingat juga untuk follow adnanami di kaskus, komentar di bawah, kasih cendol, dan bintang 5 ya!

Quote:
Diubah oleh adnanami 18-08-2019 09:12
annlaskaTonozziblast867583
iblast867583 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
14.8K
199
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Lifestyle
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.2KThread10.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.