Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

farhannurfiAvatar border
TS
farhannurfi
Kenapa Susunan Keyboard Tidak Berurutan? Inilah Sejarah Keyboard QWERTY



Kalian tahu keyboard kan? sepertinya saya tidak usah bertanya kalian pasti sudah paham, hampir setiap manusia pada zaman sekarang menggunakan keyboard tiap harinya, baik untuk menunjang pekerjaan, bermain game, belajar, bahkan membuat konten-konten. Keyboard ada beberapa macam yaitu antara lain QWERTY dan DVORAK, tetapi susunan keyboard yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di dunia yaitu QWERTY. Sebenarnya bagaimana sih sejarahnya kok keyboard tidak dibuat berurutan seperti ABCD tetapi malah dibuat QWERTY? kalo belum tahu ataupun dah tahu baca aja artikel ini ya...



Penyusunan susunan QWERTY pada awalnya dimulai pada 1873, ketika itu Christoper Latham Sholes mencoba memperbaiki kinerja mesin ketik buatannya agar dapat digunakan lebih cepat dan efisien ketika mengetik. Pada saat itu Sholes menemukan masalah dimana saat tombol sering ditekan, batang-batang huruf atau bisa disebut slug mengalami macet atau istilahnya jamming. Saat itu rekan bisnis Sholes yang bernama Ames Densmore memberi saran agar sususan tombol tersebut diacak sedemikian rupa untuk mengatasi masalah tersebut. 




(Christoper Latham Soles)




Akhirnya Sholes mengacak-acak susunan tersebut dengan harapan dan tujuan agar mekanik dari mesin ketik itu sempurna dan meminimalisir terjadinya macet atau jamming, setelah menyusun tombol-tombol tersebut Sholes menghasilkan sususan keyboard QWERTY.


Pada tahun yang sama pendukung Sholes yaitu James Densmore mencoba membawa mesin ketik ke pasaran dan akhirnya dapat menjual hak-hak mesin pada E. Remington and Sons dengan tata letak yang lebih disempurnakan lagi. Setelah membeli perangkat maka Remington menyempurnakannya lagi sehingga membentuk susunan keyboard modern seperti saat ini. 




(E. Remington)


Pada tahun 1890-an, mesin ketik yang diproduksi Remington mengalami kesuksesan di pasaran dengan bukti lebih dari 100.000 mesin ketiknya yang berbasis QWERTY laku di hampir setiap negara.



Sekian artikel mengenai susunan keyboard QWERTY, kalau dibayangkan bagaimana jika susunan QWERTY tidak digunakan maka susunan sekarang akan seperti apa ya?

Itu saja yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

terima kasih pada agan semua yang telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat.




Sumber Referensi : Blog dan Website
Sumber Gambar : Google Images

davecchio
jahid668
viqririatra
viqririatra dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.