Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AgamanyaapaAvatar border
TS
Agamanyaapa
Felix Siauw Bicara Toleransi Beragama dengan Makan Malam Natal bareng Keluarga
Jakarta - Sudah bukan rahasia jika Felix Siauw terlahir di tengah keluarga Katolik. Meski kini mendalami agama Islam, tak lantas ia berjauhan dengan keluarganya.
Bahkan pada momen Natal 2020, Felix Siauw masih menyempatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya yang merayakan Natal. Ia mengatakan hal itu adalah bentuk dari toleransi.

"Kami duduk di meja makan, di restoran yang saya pilih. Papi mikirnya sederhana, yang Nasrani ga masalah dengan yang halal, sedang Muslim harus yang halal. Toleransi check," tulis Felix Siauw di Instagram.


"Makanan datang, Papi-Mami, Tante-Om, doa dengan cara Nasrani. Saya, @ummualila, anak-anak mulai dengan bismillah. Nggak ada masalah. Toleransi check," lanjutnya.

Dalam momen itu, banyak hal yang didiskusikan Felix Siauw bersama keluarga. Ia bercerita mengenai topik obrolan yang tidak saling menyinggung satu sama lain.

"Selama makan, obrolan kita, kita jaga. Keluarga saya simpati sama penista agama, maka saya nggak bahas tentang itu. Sebaliknya keluarga saya sangat tau saya sangat bela agama, hingga mereka pun hanya menjadikan itu maksimal guyonan bukan olok-olokan. Toleransi check," bebernya.



Di tengah keluarga yang meski berbeda agama, Felix Siauw merasakan ketenangan. Ia menilai keluarganya juga merasakan kenyamanan yang sama.

"Ada yang persekusi saya? Nggak. Ada yang bilang saya nggak toleransi karena ga bilang "selamat natal"? Nggak. Ada yang bilang radikal karena saya sangat yakin agama saya benar? Nggak," tulis Felix Siauw lagi.

"Tapi diluar sana. Mereka yang mendapuk diri kaum paling toleran. Justru paling lacur lidahnya, paling keras permusuhannya, paling anti dengan perbedaan, padahal masih beda dalam agama sendiri," ungkapnya lagi.

Di akhirnya, Felix Siauw menyinggung beberapa orang yang mengaku paling toleran.

"Lu ngomongin toleransi yang mana?" tanyanya.

Kepada detikcom, Felix Siauw mengaku sempat mencoba mengenal beberapa agama. Awalnya dia terlahir beragama Katolik mengikuti orang tuanya.
Bahkan sebelum menganut Islam, Ustaz Felix Siauw sempat menjadi pribadi yang menganut Atheis. Lantas apa alasannya memeluk Islam?

Rupanya dalam pencarian itu Felix Siauw amat memakai logikanya sampai memutuskan memeluk Islam.

"Sebenernya seperti yang udah saya pernah tulisan ya bahwa Islam adalah agama yang benar ya jadi kalau kita menggunakan akal. Lalu kemudian mencari melihat sekeliling kita lalu kemudian membading bandingkan segala macem ya," ujar Felix Siauw.

Perjalanan panjang kemudian dilakukan Felix Siauw mencari agama yang ia yakini. Bahkan saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia sempat tidak percaya adanya Tuhan.

"Saya pikir sebagai orang yang berakal ya ujung datengnya ya namanya Islam. Dari SMP kelas tiga itu atheis lima tahunan SMP kelas dua," katanya.

Namun Ustaz Felix Siauw menegaskan dirinya bukan mencoba dan mencari keyakinan lain, usai dirinya menganut Katolik. Akan tetapi dirinya saat itu terus membadingkan beberapa agama hingga berakhir memeluk Islam.

"Sebenernya saya nggak nyoba banyak agama ya tapi lebih kepada mencari membandingkan mencari membadingkan mencari ajah. Tapi kalo dikatakan mencoba banyak agama sih nggak. Saya kan awalnya agamanya Katolik lalu setelah nggak puas dengan agama saya yang lama saya jadi Atheis, disitu lah saya membandingkan antar agama satu dengan agama yang lain," bebernya.

Ustaz Felix Siauw kemudian memutuskan untuk menjadi mualaf pada 2002. Saat itu dirinya langsung menggeluti dunia dakwah.

"Lalu Kemudian finalnya dapet Islam. Itu tahun 2002," pungkasnya.

https://hot.detik.com/celeb/d-530900...uarga?single=1

Lapaaaaaar
itilnjepat
tien212700
indrastrid
indrastrid dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4.6K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.