Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kartu.prakerjaAvatar border
TS
kartu.prakerja
Vaksin AstraZeneca, Novavax, Pfizer Masuk Indonesia pada Kuartal II-2021
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan vaksin lain selain Sinovac akan masuk Indonesia pada tahun depan. Vaksin-vaksin itu antara lain AstraZeneca, Novavax, Pfizer dan lainnya.

Saat ini pemerintah fokus pada vaksin Sinovac yang sudah masuk sebanyak 1,2 juta dosis, bila satu orang dapat dua dosis maka, akan ada 600 ribu orang tahap awal yang akan divaksinasi vaksin Sinovac.

"Kedua di Januari akan masuk dan vaksin Sinovac jadinya 1,2 juta + 1,8 juta dan kedua bahan baku Sinovac tahap awal 15 juta dan kemudian akan ada vaksin lain AstraZeneca ataupun Novavax dan Pfizer akan masuk kuartal dua tahun depan. Pemerintah sudah kirim LoI dan negosiasi," kata Airlangga, Kamis (24/12).


Mengenai kapan vaksinasi dimulai, Airlangga mengatakan masih menunggu BPOM mengeluarkan izin darurat. Saat ini BPOM juga menunggu laporan resmi dari Brasil, Sinovac China, dan hasil uji coba tahap III di Bandung, dari vaksin Sinovac.

"Vaksinasi jadi PR dilakukan di 2021 dan tentu presiden sudah arahkan kita semua bahwa untuk vaksin itu sendiri masyarakat diberikan secara gratis, kita melihat bahwa pelaksanaannya jadwalnya dan kemudian kita dapatkan akses kepada jenis vaksin lain," katanya.

PFIZER-BIONTECH

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh raksasa farmasi AS Pfizer dan BioNTech Jerman ini adalah vaksin COVID-19 pertama yang disetujui oleh FDA AS untuk penggunaan darurat.

Cara kerjanya: Vaksin Pfizer-BioNTech menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA). Vaksin mRNA mengajarkan sel kita untuk membuat protein yang memicu respons imun di dalam tubuh kita. Ini berbeda dengan vaksin tradisional yang memasukkan kuman yang lemah atau tidak aktif ke dalam tubuh kita.

Penyimpanan: Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech perlu disimpan pada suhu minus 70 derajat Celcius, yang menghadirkan tantangan logistik, terutama untuk negara-negara miskin.

Peluncuran: Inggris adalah negara pertama di dunia yang meluncurkan suntikan vaksinasi pada 8 Desember, dengan AS menyusul sekitar seminggu kemudian pada 16 Desember. Singapura, Kanada, Meksiko, dan Arab Saudi juga telah mengizinkan penggunaan vaksin COVID-19 produksi Pfizer-BioNTech ini.

Pfizer menggandeng perusahaan biotek asal Jerman, BioNTech, telah membuktikan bahwa mRNA adalah teknologi yang bisa diandalkan dalam upaya menemukan vaksin yang tepat saat ini.

Di balik suksesnya vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna yang berbasis mRNA, siapa sangka jika penemuan mRNA atau teknologi genetik ini pernah ditolak di antara komunitas ilmiah.

Meskipunteknologiini relatif mudah dan cepat diproduksi dibandingkan dengan pembuatan vaksin tradisional, selama ini tidak ada vaksin atau obat mRNA yang pernah mendapat persetujuan.

SINOVAC

Dikembangkan oleh China Sinovac Biotech, vaksin yang dikenal sebagai CoronaVac ini sedang menjalani uji klinis fase 3 di tempat-tempat seperti Brasil dan Indonesia.

Selain Brasil dan Indonesia, sejumlah negara lain yang berencana menggunakan Sinovac adalah Turki dan Chili.

Cara kerjanya: Vaksin Sinovac menggunakan teknologi vaksin yang tidak aktif, yang menggunakan bentuk virus hidup yang dilemahkan untuk merangsang tubuh kita menghasilkan respons kekebalan. Vaksin ini mirip dengan vaksin flu dan cacar air.

Penyimpanan: Vaksin dapat disimpan pada suhu lemari es normal 2 hingga 8 derajat Celcius dan dapat tetap stabil hingga tiga tahun. Ini mungkin pilihan yang menarik untuk tempat-tempat di mana akses ke pendinginan sulit.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...uartal-ii-2021


Vaksin AstraZeneca, Novavax, Pfizer Masuk Indonesia pada Kuartal II-2021
Vaksin AstraZeneca, Novavax, Pfizer Masuk Indonesia pada Kuartal II-2021

Pemerintah Ingin Izin Vaksin Sinovac dari BPOM Keluar Januari 2021

Jakarta: Pemerintah masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk penggunaan vaksin Sinovac. Detail dari pelaksanaan vaksinasi yang akan dimulai pada awal 2021 ini masih disiapkan sembari menunggu emergency used authorization dari BPOM.

"Kita berharap di Januari ini emergency used authorization bisa diberikan," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut dalam video conference di Jakarta, Kamis, 24 Desember 2020.


Saat ini BPOM masih menunggu laporan hasil uji coba (clinical trial) vaksin Sinovac dari Tiongkok dan Brazil. Menurut perkiraan, laporan dari uji coba di kedua negara ini akan diterima oleh BPOM dalam beberapa hari ke depan.

"Kita akan melengkapi data technical trial fase I dan II dari Sinovac. Kemudian kita juga mendapatkan laporan dari hasil clinical trial di Bandung, sehingga dari tiga data itu di-compile oleh Badan POM secara scientific," jelasnya.

Adapun Indonesia telah mendatangkan 1,2 juta vaksin covid-19 buatan Sinovac. Rencananya masih akan ada tambahan 1,8 juta vaksin dan 15 juta bahan baku vaksin yang akan diolah di dalam negeri.

"Untuk pemulihan pandemi dan ekonomi ini game changer-nya adalah vaksinasi, dan vaksinasi ini menjadi prioritas dari pemerintah. Sekarang kita sedang menyiapkan detailnya sambil menunggu izin yang diberikan Badan POM," pungkas dia.
Diubah oleh kartu.prakerja 24-12-2020 14:11
extreme78
gesermeja
nomorelies
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.