News
Batal
KATEGORI
link has been copied
4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe32f264601cf7d2d183bf2/fatal-maskapai-nepal-terbangkan-penumpang-ke-bandara-yang-salah
Kathmandu - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Nepal, Buddha Air, melakukan kesalahan fatal beberapa waktu terakhir dengan menerbangkan para penumpangnya ke bandara yang salah. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Seperti dilansir CNN, Rabu (23/12/2020), dalam insiden yang terjadi pada 18 Desember lalu, maskapai penerbangan domestik privat itu awalnya lepas landas dari Bandara Internasional Trib
Lapor Hansip
23-12-2020 18:51

Fatal! Maskapai Nepal Terbangkan Penumpang ke Bandara yang Salah

Fatal! Maskapai Nepal Terbangkan Penumpang ke Bandara yang SalahKathmandu - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Nepal, Buddha Air, melakukan kesalahan fatal beberapa waktu terakhir dengan menerbangkan para penumpangnya ke bandara yang salah. Bagaimana hal ini bisa terjadi?
Seperti dilansir CNN, Rabu (23/12/2020), dalam insiden yang terjadi pada 18 Desember lalu, maskapai penerbangan domestik privat itu awalnya lepas landas dari Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu. Pesawat itu seharusnya terbang ke Pokhara, kota terbesar kedua di Nepal.

Namun pada praktiknya, pesawat justru mengudara ke arah tenggara dari rute yang seharusnya dijalani. Pesawat itu malah terbang ke kota Janakpur. Diketahui bahwa Pokhara dan Janakpur berjarak sekitar 402 kilometer.

Astha Basnet, seorang pejabat eksekutif pada maskapai Buddha Air, menuturkan kepada CNN bahwa kesalahan itu dipicu oleh dua faktor.

"Kurangnya komunikasi dan kegagalan untuk mengikuti prosedur operasi standar (SOP) yang detail," sebutnya.

Diketahui bahwa akibat kondisi cuaca, banyak bandara di Nepal yang buka sedikit siang saat musim dingin. Karena adanya perbedaan jam operasional itu, maka sejumlah penerbangan lepas landas dalam waktu singkat dan saling berdekatan. Tampaknya, hal itu telah memicu kebingungan yang berdampak pada kesalahan ini.

Dengan adanya kesalahan bandara, para penumpang terkejut namun situasinya dilaporkan berjalan cukup lancar. Maskapai Buddha Air segera meminta pilot membawa para penumpang ke tujuan sebenarnya, yakni Pokhara.

Tidak penerbangan langsung antara Pokhara dan Janakpur, namun pesawat ini mendapat izin khusus untuk terbang dengan rute tersebut.
Sebanyak 69 penumpang di dalam pesawat -- terdiri atas 66 penumpang dewasa dan tiga anak-anak -- melanjutkan penerbangan dan berhasil mendarat di Pokhara dengan selamat, meskipun ada keterlambatan beberapa jam dari jadwalnya. Tidak ada gangguan mekanis yang dilaporkan terjadi pada pesawat itu.

Buddha Air merupakan maskapai penerbangan Nepal yang berdiri tahun 1996 dan mulai beroperasi setahun setelahnya. Basnet mengonfirmasi bahwa awak maskapainya akan menerima pelatihan tambahan setelah insiden ini dan pihak maskapai telah mengubah manual penerbangan yang ada.

https://news.detik.com/internasional...a-yang-salah/2

Mukeee kog bisanya nyasar emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Fatal! Maskapai Nepal Terbangkan Penumpang ke Bandara yang Salah
24-12-2020 08:29
Ini mah belon seberape lageeee


Ane pernah naik pesawat mau ke Surabaya , pas di depan ane ada 3 penumpang nanya ke ane ..Ini pesawat mau ke Medan ya ?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Dipikir nye naik angkot kaleeeeeee...bisa salah naik pesawat

HANYA DI INDONESIA

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


profile-picture
profile-picture
samsol... dan dwibi memberi reputasi
2 0
2
Fatal! Maskapai Nepal Terbangkan Penumpang ke Bandara yang Salah
24-12-2020 09:39
Di Indonesia juga pernah kejadian seperti itu.

Quote:Adam Air Kesasar, Mabes Polri Datangkan 3 Saksi Ahli
- detikNews
Selasa, 28 Mar 2006 14:23 WIB

Jakarta - Mabes Polri, Selasa (28/3/2006) ini memeriksa tiga saksi ahli bidang penerbangan. Pemeriksaan terkait kasus nyasarnya pesawat Adam Air pada 11 Februari lalu.Ketiga saksi ahli itu adalah Kapten Sunyoto, Kapten Jamkum dan Kapten Tony Santoso. Ketiganya dari maskapai penerbangan lain."Pemeriksaan ini untuk melengkapi berita acara pemeriksaan tersangka yang lalu," kata Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta.Selain itu, rencananya, Rabu 29 Maret, Polri juga akan memeriksa dua orang teknisi Adam Air, yakni Benyamin Hasan dan Adi.Polisi juga akan meminta keterangan tiga saksi ahli dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi, yakni Kapten Prita, Kapten Masruri Haryono, dan Kapten Bahar Ilyas. "Mereka diperiksa sebagai saksi terkait kelalaian penerbangan," katanya.Sebelumnya Mabes Polri bersikukuh akan menangani kasus kelalaian penerbangan pesawat Adam Air, Boeing 737-300 jurusan Jakarta-Makassar yang kemudian tersasar mendarat di Tambolaka, Sumba, NTT.Pilot Kapten Tri Nusyogo dan co pilot Ahmad Beni Syaefuddin yang menerbangkan pesawat itu beralasan melencengnya tujuan penerbangan karena ada masalah dalam sistem navigasi. Namun setelah dilakukan pemerikaan hal itu tidak terbukti. Keduanya kini ditetapkan jadi tersangka.


(umi/)
Diubah oleh peyotpetot
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Fatal! Maskapai Nepal Terbangkan Penumpang ke Bandara yang Salah
24-12-2020 13:42
untung msh 1 negara emoticon-Ngakak
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Fatal! Maskapai Nepal Terbangkan Penumpang ke Bandara yang Salah
25-12-2020 13:23
Kalo ada urusan urgent bt bgt pasti tuh,,
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia