bruce12345
TS
bruce12345
Tips. Membuat Resolusi Hidup Yang Spesifik Di 2021


Assalamulaikum gansis kumaha damang? Berharap anda semua damang-damang wae.

Gansis sudah tahu apa saja yang ingin gansis kerjakan di tahun 2021 dan target2 apa saja yang ingin gansis capai? ayo coba gansis evaluasi apa saja yang gansis belum kerjakan atau belum capai selama tahun 2020 ini.

Jika belum banyak target yang di capai mungkin kita perlu mengevaluasi ulang penggunaan waktu kita dan waktu senggang kita atau mungkin target2 yang ingin kita capai terlalu mengambang.

Nah jika masih mengambang maka kita perlu membuat target2 itu sedetail mungkin dan tentukan batas waktu yang jelas agar kita terus mengevaluasinya secara berkala. Beberapa hal yang perlu kita lakukan agar tetap fokus dan tetap berjalan di dalam apa yang ingin kita capai yaitu.

Buatlah Target Yang Jelas Dan Spesifik


Ya buatlah target yang ingin kita capai secara jelas dan spesifik dan jangan mengambang, misalkan kita membuat target ingin membaca banyak buku di tahun 2021, ingin belajar bahasa asing secara otodidak, ingin menurunkan berat badan dll. Ini tidak ada salahnya tapi terlalu mengambang dan tidak spesifik.

Agar spesifik dan tidak mengambang alangkah baiknya semua target yang ingin kita capai di kuantitaskan, misalkan di tahun 2021 kita ingin membaca 52 buku berarti dalam seminggu kita akan membaca 1 buku, untuk bahasa belajar bahasa asing kita perlu untuk menentukan bahasa asing apa yang ingin dipelajari dan juga berkomitmen akan menghafal 10 kosa-kata dalam sehari, ini juga berlaku untuk target2 yang lain. Kuncinya adalah setiap target2 yang ingin dicapai di buat sedetail mungkin dan di kuantitaskan.  

Tentukan Rentang Batas Waktu Evaluasi Yang Jelas



Setelah menentukan target2 yang ingin dicapai langkah selanjutnya tentukan rentang waktu untuk mengevaluasinya. Ini kita lakukan untuk tetap menjaga semangat kita dalam mencapai target2 yang ingin di capai, jangan mengevaluasinya setahun sekali karena itu terlalu lama dan kurang efektif tapi tentunya waktu yang singkat untuk dapat mengevaluasinya secara berkala. 

Misalkan kita akan mengevaluasi target2 itu 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali, jika kita tipe orang yang lalai dan kurang komit dengan apa yang kita lakukan maka mintalah seorang teman untuk selalu mengevaluasi kita, artinya kita mengijinkan orang lain untuk ikut bertanggung jawab dengan mengawasi kita di dalam mencapai target2 kita. 

Fokus Dan Prioritaskan Target2 Itu


Bagian yang tidak kalah pentingnya dengan yang lain, fokus dan prioritaskan target2 yang ingin di capai artinya bahwa jika ada hal yang lain atau yang menggoda kita untuk mengerjakannya, maka kita perlu melihat kembali target2 yang sudah kita buat, apakah itu hal itu sesuai dengan target2 yang ingin kita capai atau tidak, jika tidak sesuai maka jangan segan2 untuk menolaknya. Prioritaskan target2 itu dan katakan tidak pada hal2 yang lain yang tidak mendukung kita guna menggapai target yang kita buat. 

Berilah Reward Dan Punishmen Untuk Diri Sendiri


Berilah reward dan punishmen untuk diri sendiri jika kita berhasil mencapai target2 yang kita buat. Misalkan kita menentukan target untuk membaca 1 buku dalam seminggu, jika kita mencapai target itu maka kita boleh jalan2 atau menonton film kesukaan dan jika tidak maka kita tidak akan menonton film kesukaan kita maupun jalan2 (ini yang sering ane lakukan heheeh). Gansis bisa memberi reward dan punishmen yang gansis merasa tepat untuk diri sendiri. 


Lakukan sekarang dan hindari kebiasaan menunda2 teruslah mengepush diri untuk fokus dan meraih apa yang ingin di capai. Ingatlah bahwa ketika kita menunda2 waktu tidak berhenti tetapi ia terus berputar yang kerap kali ketika kita sadar hari sudah siang dan kita sudah di penghujung usia, mumpung kita masih muda berusahalah untuk seproduktif mungkin.

Sampai di sini thread kali ini semoga bermanfaat dan selamat menikmati hari2 gansis bersama orang2 tercinta. 

Baca juga Mengapa Kita Masih Membenci Perbedaan?








Sayonaraaa....
Diubah oleh bruce12345 14-12-2020 16:20
tien212700takaksehatwisudajuni
wisudajuni dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.7K
87
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.