Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pepperlessAvatar border
TS
pepperless
Perkembangan Perusahaan FORD dari Masa ke Masa

Kalian semua pasti tahu dong merk Ford. Yap, Ford merupakan salah satu perusahaan mobil populer yang didirikan oleh Henry Ford dengan slogannya “Go Further”. Dengan logo oval dengan bordr warna putih kemudian terdapat tulisan “Ford” didalam lingkaran oval tersebut pastinya membuat kita hafal di luar kepala akan brand mobil yang satu ini. Nah oke, dari kalian ada yang tahu ga nih gimana sejarah dari Ford ini? Oke siap – siap kita akan kembali ke masa lalu darimana Ford bisa terbentuk sampai kondisinya yang sekarang. So check this out!

1896– Kendaraan pertama yang di buat Ford adalah Quadricycle, kendaraan yang menggunakan 4 roda sepeda tanpa dilengkapi stir, tapi sebuah tongkat yang dapat di gerakkan ke kanan dan ke kiri. Saat itu kekuatan kendaraan ini hanya 4 HP (Horse power) aja dengan dua gigi (maju dan mundur).

1899 – Ford bergabung, dan satu tahun kemudian meninggalkan, Detroit Automobile Company

1901 – Ford mendirikan Henry Ford Company, perusahaan produsen mobil, setelah mengalahkan Alexander Winton, pembalap yang udah tenar namanya pada saat itu.

1903 – Ford mendapatkan keuntungan sebesar $37.000 di bulan Oktober setelah menggunakan hampir semua dana untuk membuat Ford Model A dapat digunakan atau difungsikan pada bulan Juli.

1907 – Logo Ford yang kalian semua kenal ternyata dibuat oleh Childe Harold Wills dengan set stensil punya kakeknya. Ngga nyangka kan logo ini sampe mendunia sampe saat ini.

1908 – Model T lahir, dengan warna serba hitam dan penjualannya mencapai 15 juta unit (terbanyak saat itu). Selain itu, pada masa ini Ford berhasil membuka cabang barunya di wilayah Paris.

1913 – Munculnya sistem perakitan modern. Dengan ini, Ford berhasil mengurangi waktu perakitan chasis hingga lebih dari 700%.

1914 – Ford mengurangi jam kerja menjadi 8 jam, sampai – sampai banyak yang rela mengantri untuk melamar kerjaan disana dikarenakan Ford berani memberi upah $5 perharinya

1925 – Ford memulai penciptaan “Tin Goose”, sebuah maskapai penerbangan komersial. Mereka adalah berperan penting dalam dunia penerbangan karena telah memberikan 35 hak patennya secara cuma – cuma agar industri ini maju.

1932 – Ford menciptakan salah satu mesin paling populer yang pernah ada, Flathead V8 dengan harga yang lebih terjangkau dan pastinya cepat bisa wus wus kemana aja.

1941 – Ford mulai masuk ke dunia perang Amerika, mulai dari situ GP Jeep mulai terkenal/bangkit.

1945 – Produksi kendaraan untuk publik di mulai lagi setelah masa perang berakhir.

1954 – Keamanan Amerika menjadi lebih fokus bagi Ford, mulailah dari situ uji benturan/tabrakan di perkenalkan. Itu loh yang sekarang di tes nya pake dummy terus mobil nya di coba di tabrakin ke benda keras (Tembok atau Separator Beton)

1964 – Muscle Car lahir dan sekejap menjadi favorit banyak orang, Ford Mustang muncul dengan harga murah dan banyak variasi bagian yang dapat disesuaikan oleh pemiliknya membuat produk ini menjadi salah satu mobil terlaris yang pernah ada.

1965 – Seperti tahun sebelumnya dengan kehadiran Mustang, pada tahun ini Ford Germany dan Ford UK saling berkolaborasi yang merupakan salah satu kemajuan untuk Ford sendiri.

1966 – Ford GT40 mematahkan dominasi Le Mans dari Ferrari untuk mendapatkan gelar produsen mobil AS yang menang pertama kali sepanjang masa.

1976 – Fiesta mulai dirilis dan menjadi mobil paling cepat terjual pada tahun tersebut.

1988 – Pendapatan Ford secara Global mencapai $5,3 miliar.

1990 – Ford menciptakan pasar mobil lain, SUV dengan explore mode lainnya.

1995 – Ford mendapatkan kasus tidak enak, terkait iklannya mengenai keberagaman etnis tapi kaum minoritas tersebut diganti dengan yang berkulit putih. Karyawan yang tidak suka terhadap iklan tersebut mengamuk dan diberikan kompensasi oleh Ford.

1996 – Kendaraan listrik Ford pertama diciptakan; Ranger Electric Vehicle. Ranger ini menggunakan baterai asam timbal.

1999 – Ford menguasai persaingan dalam industri mobil. Ford telah berhasil membeli Volvo, sebuah merek mobil Swedia yang dikenal di seluruh dunia seharga $6,45 miliar. Fantastiko!

2000 – Ford menyalahkan Bridgetstone karena menyebabkan tingkat kecelakaan meningkat diantara pengguna Ford Explorer. Mereka bilangnya sih Ford Explorer nya tidak ada cacat sama sekali.

2002 – Greenpeace menganggap Ford tidak menghiraukan Efek Pemanasan Global. Sehingga, Ford harus menghabiskan jutaan dolar untuk kampanye mengatasi opini publik dan masalah lingkungan di antara produk-produknya. Yaa bisa dibilang pemutihan nama lah ya.

2003 – Meperingati 100 tahun Ford. Perusahaan tersebut memproduksi 5 model mobil dengan edisi 100 tahun lalu yang dimana model ini akan menggunakan konsep hitam mirip seperti Model T.

2010 – Ford mengamankan posisi sebagai produsen mobil terbesar kelima di Eropa, dan mengumumkan investasi untuk mengembangkan generasi otomotif berikutnya, yaitu mobil listrik.

2016 – Ford GT terjun le Le Mans dengan bernomorkan 66, 67, 68 dan 69 untuk memperingati empat kemenangan beruturt – turut yang selalu mengesankan.

2017 – Pada bulan Mei tahun ini, Ford berencana untuk mengurangi 10% pekerjaan di seluruh dunia karena penurunan keuntungan dan harga saham. Di Indonesia juga sudah tidak banyak ya dealer Ford, padahal Saya suka dengan Ford Ecosport loh.

Jadi, menurut kalian nih mobil apa sih yang mulai menghilang di Indonesia, selain Ford loh ya?. Oke kalo tahu jawabannya silahkan tulis di kolom komentar aja ya. Terima Kasih.

Sumber: Pasti Tahu

Jika Informasi ini bermanfaat minta kesediaannya untuk share atau kasih cendol jika berkenan. Thank you...
0
2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.