Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sista
  • Sudah Pakai Skincare Tapi Kulit Wajah Masih Bermasalah? Ini Penyebabnya!

mbak.farAvatar border
TS
mbak.far
Sudah Pakai Skincare Tapi Kulit Wajah Masih Bermasalah? Ini Penyebabnya!
Sudah Pakai Skincare Tapi Kulit Wajah Masih Bermasalah? Ini Penyebabnya!
haigadis.com

Halo, Beauties ....

Yuk, kita bahas tentang skincare :welcome

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dengan kulit muka sehat. Meski kulit yang sehat sebenarnya bukan hanya dambaan wanita, tetapi juga lelaki.

Kulit (wajah) disebut sehat itu umumnya jika bebas jerawat, beruntusan, flek hitam, kusam, komedo, pori-pori besar, milia, bopeng, garis halus, dan sejenisnya. Sehingga kulit tampak bersih dan bersinar.

Sementara sekarang ini umumnya kita hidup dengan gaya hidup dan pola makan yang buruk, belum lagi bersinggungan dengan polusi seperti asap kendaraan, asap pabrik, sinar matahari, dan lain-lain, akibatnya kulit menimbulkan berbagai macam permasalahan yang membuat kita mau tidak mau perlu merawatnya dengan berbagai macam skincare.

Yup! Hampir semua orang saat ini mengonsumsi skincare. Skincare sendiri ada banyak sekali jenisnya, tentu penggunaan sesuatu kebutuhan dan jenis kulit.

Sayangnya, masih banyak orang yang membeli skincare mahal, tetapi seperti tidak memberikan perubahan pada kulit (wajah)nya, bahkan ada yang semakin parah merusakan kulitnya.

"Kak, aku udah pakai skincare mahal ini-itu, tapi mukaku kok tetep kusam, ya?"

Ane sering sekali mendapati keluhan semacam itu. Apakah GanSis juga tengah mengalami hal yang sama? Sudah pakai skincare mahal tapi enggak ada hasil?

Sudah Pakai Skincare Tapi Kulit Wajah Masih Bermasalah? Ini Penyebabnya!
womentalk.com

Nah, mungkin 3 kesalahan berikut yang menjadi penyebabnya;


1. Tidak memerhatikan basic skincare

Ada banyak sekali jenis skincare, mulai dari pembersih, moisturizer, toner, serum, ampoule, essense, krim siang/malam, sleep mask, dan lain-lain.

Namun sayangnya, tidak sedikit yang membeli skincare mahal, tetapi tidak memerhatikan basic skincare apa yang sebenarnya dibutuhkan kulit.

Basic skincare atau skincare dasar yang paling penting adalah; cleanser (pembersih), toner, moisturizer, dan protecting. Lebih familiar dengan istilah CTMP (cleanser-toner-moisturizer-protecting). Mau semahal apapun serum, kalau tidak dilindungi dari paparan sinar UV, misalnya. Maka kulit tetap aja tidak terlindungi.

Jadi, kalau GanSis bingung mau pakai skincare apa saja, mulai sekarang tidak perlu bingung. Rutinkan penggunaan 4 basic skincare CTMP tersebut.

Tentu saja semua ada fungsinya masing-masing.

Cleansing>> untuk membersihkan muka dari kotoran dan sisa-sisa make up. Cleansing bisa dilakukan dua kali sehari, pagi dan malam menjelang tidur.

Untuk malam, lakukan double cleansing, yaitu; membersihkan muka dengan pembersih/micellar water, lalu cuci muka menggunakan facial wash. Setelah itu gunakan exfoliating toner.

Toner >> banyak yang mengabaikan toner. Padahal toner ini sangat penting, untuk mengembalikan PH kulit dan menghidrasi.

Sementara toner sendiri ada 2 macam, yaitu: exfoliating toner dan hydrating toner.

Exfoliating toner gunanya untuk mengeksfoliati atau mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, yang selama ini membuat kulit kusam dan memiliki banyak masalah. Eksfoliasi ini sebagai pengganti scrub, ya. Kenapa harus eksfoliasi, dan bukan scrub? Karena scrub biasanya cenderung kasar sehingga tidak baik untuk kulit wajah.


Hydrating toner, usai mengeksfoliasi, gunakan hydrating toner agar kulit terhidrasi. Sebab dalam proses ekafoliasi, kulit menjadi kering, maka butuh dihidrasi.


Moisturizer >> biasanya ini untuk melembabkan dan memberikan efek menenangkan. Sehingga kulit jadi halus.


Perotecting >> nah, mau semahal apapun skincare-nya, kalau tidak menggunakan pelindung, maka sama saja seperti habis masak mie tapi mie-nya tumpah (ha ha ha). Percuma. Pelindung di sini maksudnya pelindung dari sinar matahari, seperti sunscreen atau sunblock.

Sebab sunscreen gunanya untuk melindungi dari sinar matahari, maka penggunaannya sangat penting. Gunakan sunscreen dengan sedikit tebal, jika memiliki aktivitas di luar rumah berarti setiap 2/3 jam sekali, dan meski sudah menggunakan sunscreen, usahakan menghindari sinar matahari secara langsung.

Gunakan sunscreen yang ber-SPF minimal 30.



2. Abai terhadap skin barrier

Kalau kulit tetap kusam, bruntusan, berkomedo, berpori besar, tidak halus, dan lain-lain meski sudah menggunakan bermacam skincare mahal, barangkali yang bermasalah ada pada skin barrier.

Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar, ibarat bos, kalau bos tidak menyuruh anak buahnya, maka anak buah tidak akan bertindak. Begitu juga skin barrier. Jika skin barrier rusak, maka skincare tidak bisa bekerja dengan optimal, malah hanya numpuk di kulit terluar saja.

Maka jika ingin memiliki kulit muka sehat, perbaiki skin barrier. Dengan cara apa? Lakukan CTMP sebagaimana catatan ane di atas.

Dan yang perlu GanSis garis bawahi, untuk memperbaiki skin barrier, sebisa mungkin gunakan produk yang gentle, ya, yaitu bebas alkohol dan fragrance (parfum). Sebab untuk memperbaiki, skin barrier tidak bisa menerima dua jenis kandungan tersebut.



3. Tidak memeriksa kandungan skincare dan tidak menyesuaikan dengan jenis kulit

Kebanyakan orang menggunakan skincare, tidak memeriksa kandungan/komposisinya, apakah sesuai dengan kulitnya atau tidak.

Cari tahu jenis kulit GanSis. Normal atau berminyak. Ada jerawatnya atau tidak. Kalau sudah tahu jenis kulit kita apa, akan semakin mudah menyesuaikan dengan produk yang tepat.

Seperti penggunaan exfoliating toner, jika GanSis sudah berusia 20 tahun ke atas, maka pilihlah yang memiliki kandungan AHA BHA PHA. Tentunya, pilih yang non alkohol dan fragrance.

GanSis juga tidak bisa mengandalkan review saja, sebab kadang di oranglain cocok, di kita tidak. Jadi, ya, harus mencoba-coba sendiri sampai menemukan yang cocok. Hehe.

Quote:


Kesimpulannya: jika ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya, setidaknya tidak kusam, tidak berjerawat, tidak beruntusan, tidak berpori besar, tidak bergaris-garis halus, dan tidak berkomedo, jangan gunakan skincare aneh-aneh dulu, tetapi perbaiki skin barrier dengan rutin melakukan CTMP. Clensing-Toning-Moisturizing-protecting.

Dengan begitu, kulit sehat insyaAllah bukan lagi sekadar khayalan. Karena skin barrier yang diperbaiki, akan memudahkan skincare meresap ke dalam kulit dan penggunaannya bisa maksimal.

___o0o___

Sedikit pengetahuan berdasarkan praktek sendiri. Jika ada tambahan, sila tulis di komentar emoticon-Angel
indrag057
cheria021
Junmai92
Junmai92 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
8.5K
170
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
SistaKASKUS Official
4KThread7.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.