Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JustMe10Avatar border
TS
JustMe10
Cerita Sri Mulyani Tak Sengaja Pilih Jurusan Ekonomi Saat Kuliah
Cerita Sri Mulyani Tak Sengaja Pilih Jurusan Ekonomi Saat Kuliah

Jakarta - 

Sri Mulyani berkali-kali menjadi Menteri Keuangan terbaik di antara negara lain. Tapi siapa sangka, bendahara negara ini tidak sengaja memilih jurusan ekonomi semasa kuliah. Padahal, bidang itu lah yang kini membawanya sukses. Bagaimana ceritanya?

Mulanya dia menceritakan bahwa kakak-kakaknya mengambil jurusan kuliah di bidang ilmu pengetahuan alam (IPA). Hanya dia sendiri yang berbeda.

"Waktu saya mahasiswa, semua kakak saya jurusannya IPA. Kalau sekarang disebutnya Sains. Jadi mereka menjadi dokter atau jadi insinyur kakak-kakak saya. Saya tiba-tiba ngambil (jurusan) ekonomi sendiri," kata Sri Mulyani dalam webinar, Minggu (20/12/2020).

Baca juga:Sri Mulyani Singgung Menteri Korupsi di Tengah Pandemi

Ibunya pun bingung dengan pilihan Sri Mulyani. Sementara kala itu dirinya juga tidak begitu memahami jurusan ekonomi yang dia pilih.

"Saya pun juga nggak cukup tahu untuk menjelaskan ekonomi apa, tapi saya bilang pokoknya saya mau berbeda saja, saya nggak mau ngambil dokter, saya nggak pengin jadi insinyur, aku kepengin masuk jurusan yang sosial," jelasnya.

"Ada alasan untuk selalu merasa bahwa kalian beda dan kemudian Anda harus tetap menjaga atau berpegang kepada keinginan Anda itu, dijaga cita-citanya," sambungnya.

Namun, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menceritakan bahwa terkadang ujian ada saja yang datang.

"Kadang-kadang mendapatkan ujiannya sih nggak selalu ujian yang hebat, ditanyain sama orangtua itu kan ujian juga, ditanyain sama sahabat kalian 'ngapain sih lu begitu' itu adalah ujian, ditanyain sama teman dekatnya tapi mereka nggak ngerti kalian, itu saja sudah merupakan ujian," ungkapnya.

Baca juga:Sri Mulyani Ungkap Solusi biar Bansos Bebas Korupsi

Kenapa pertanyaan itu menjadi ujian, Sri Mulyani menjelaskan karena orang-orang biasanya mulai dari bertanya, lalu dari bertanya kemudian mengecilkan hati kita hingga akhirnya membuat cita-cita yang dipegang teguh layu.

Tapi akhirnya Sri Mulyani mampu membuktikan jalan yang dia pilih tepat, dengan berkali-kali diganjar sebagai menteri keuangan terbaik walaupun beberapa pihak menilainya tak pantas menerima gelar itu.

sumur

ooo Pantesan...
maleo.pejuang
muhamad.hanif.2
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.