mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
Deretan Cara Induksi Alami Bumil Percepat Kontraksi, Nomer 1 Paling Sering Dilakukan
Induksi Alami Bumil, Nomer 1 Paling Sering Dilakukan

sumber

Selamat siang sahabat kaskuser  dimanapun kalian berada. Siapa nih sahabat kaskuser yang sedang dalam masa kehamilan alias bumil atau punya pasangan yang sedang hamil?

Kali ini ts pengen share tentang induksi alami buat para bumil yang sebentar lagi masuk dalam menanti masa-masa kelahiran sang buah hati.

Kenapa sih penting banget dibahas? Karena banyak sekali bumil yang kadang stress saat masa-masa tersebut apalagi sudah mendekati HPL atau hari perkiraan lahir.

By the way, perlu diingat bahwa HPL hanya merupakan hari perkiraan lahir bukan hari paksa lahir yaah gansis, so jangan sampai panik ketika sudah lewat masa HPL.
Dimana janin memiliki keunikan tersendiri untuk keluar dari sang rahim seorang ibu.

Induksi alami bisa sista sering lakukan saat sudah memasuki usia janin lebih dari 36 minggu. 

Nah, agar mengurangi was-was ada beberapa cara induksi alami yang bisa sista lakukan agar janin menemukan jalan lahirnya sendiri, diantaranya adalah:

1. Berhubungan intim

sumber
Induksi alami ini sangat sering dilakukan oleh para pasangan suami istri untuk memberikan jalan lahir kepada janin.

Faktanya memang benar adanya, dimana sperma pria  mengandung semen atau prostaglandin masuk ke dalam rahim bisa menjadikan rangsangan dan membuka jalan lahir bagi janin. 

Selain itu, bisa mengeluarkan hormon oksitosin agar bumil tidak stress menjelang masa persalinan yang sudah tinggal menghitung hari.

2. Relaksasi Hypno-birthing
Visualisasi melahirkan juga penting loh, dimana saat relaksasi bisa belajar bernafas panjang dan memasukkan afirmasi positif yang nantinya masuk ke dalam alam bawah sadar yang menuntun pada ketenangan dan nyaman bagi seorang ibu hamil. 
disertai dengan ajak komunikasi janin agar janin bisa terhubung dengan bunda dan mencari jalan lahirnya sendiri. 

Jika belum tahu apa itu hypnobirthing bisa dicek di media sosial instagram diantaranya bidan kita, Lannykuswandi dan Jamilatus sya'diyah yang merupakan pelopor hypnobirthing di Indonesia. 

3. Makan buah tropis

sumber
Buah-buahan yang dimaksud adalah nanas, kiwi, kurma, mangga mangkal
Makan-makan buah-buahan tersebut mengandung enzim bromelain yang dapat melunakkan serviks dan menyebabkan kontraksi ringan.

4. Parineum messege
Parineum adalah otot antara anus dan vagina yang biasanya jika otot itu kaku saat melahirkan bisa digunting oleh provider (read: tenaga kesehatan yang menangani proses persalinan) untuk memudahkan jalan lahir. 

Padahal, jika sista melakukan parineum messenge hal itu tidak akan terjadi, sehingga melahirkan tanpa adanya robekan atau jahitan. 

Berikut langkah-langkahnya yah sista di video dibawah ini:



Cara untuk melakukan parineum messenge bisa sista lakukan sendiri atau dengan bantuan pasangan di rumah yah, Hal ini dilakukan saat usia kehamilan sudah memasuki 36 minggu. Lakukan secara bertahap mulai seminggu sekali, seminggu 2-3 kali dan seterusnya. 

5. Power walk
Berjalan merupakan olahraga ringan bagi ibu hamil, namun manfaatnya dapat meningkatkan detak jantung, memicu hormon oksitosin dan memudahkan bayi menemukan jalan lahirnya. 

6. Stimulasi Puting
Badan ibu hamil memang sensitif, oleh karena itu stimulasi puting yang berfokus pada aerola dilakukan selama 5 menit dapat memicu hormon oksitosin. Lakukan jeda selama 15 menit jika ingin menstimulasi kembali. 

7. Accupressure
Pijatan dilakukan di titik accupressure bisa merangsang kontraksi otot, termasuk otot rahim. Pastikan dilakukan oleh profesional ya.

Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat bagi kaskuser semua. sehat-sehat ya buat para bumil di luar sana. Semoga dilancarkan proses persalinannya nanti dan minim trauma.


Penulis: @mamaproduktif
Referensi:  1,
Papa.T.Bob
ketanggung1706
kudanil.la
kudanil.la dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Women’s Health
Women’s HealthKASKUS Official
1.4KThread4.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.