• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Setelah Hayabusa Kini Giliran Chang'e, Sama-sama Jagoan Antariksa Dari Asia

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Setelah Hayabusa Kini Giliran Chang'e, Sama-sama Jagoan Antariksa Dari Asia
Foto: Xinhuanet.com

Pesawat luar angkasa Cina sudah kembali ke bumi membawa sampel tanah bulan, Kantor berita Cina "Xinhua" juga melaporkan bahwa pesawat ruang angkasa "Chang E-5" mendarat di wilayah utara Mongolia. Chang'e Kembali setelah menyelesaikan misi penerbangan ke antariksa guna pengambilan sampel tanah bulan dan kembali ke Bumi dengan membawa sampel tanah bulan tersebut.

Pusat Administrasi Luar Angkasa Nasional Cina mengatakan jika Chang'e mendarat di Sizhuang, atau Durbud, Mongolia, pada Kamis 17 Desember 2020 dini hari waktu setempat.

Cina meluncurkan Chang'e-5 pada 24 November dan meluncurkan pesawat luar angkasa di bulan pada awal Desember. Keberhasilan ini di ciptakan oleh pesawat luar angkasa Chang'e-5. Dengan ini berhasil pula menjadikan Cina sebagai negara ketiga yang berhasil mengambil sampel tanah dari bulan, yang sebelumnya didahului oleh Amerika Serikat serta Uni Soviet.

Foto: space.com

Misinya adalah mengumpulkan dua kilogram sampel, namun jumlah yang berhasil dibawa Chang'e belum terungkap, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

[B]Apa kegunaan tanah bulan yang dibawa kembali oleh Chang'e 5?[b/]

Wu Yanhua menunjukkan bahwa tanah bulan yang dibawa kembali oleh Chang'e-5 mencakup tiga jenis kegunaan. Jenis pertama atau tujuan utama adalah untuk melakukan penelitian ilmiah, tujuan kedua, agar dapat dilihat langsung publik karena beberapa sampel akan dimasukkan ke Museum Nasional Tibet, dipamerkan kepada publik untuk tujuan pendidikan sains populer.

Foto: skyandtelescope.org

Jenis ketiga, sesuai dengan konvensi kerja sama internasional dan perjanjian kerja sama multilateral dan bilateral, metode pengelolaan sampel dan data bulan akan dikeluarkan untuk dibagikan kepada ilmuwan di negara terkait dan dunia. Beberapa di antaranya dapat diberikan sebagai hadiah nasional sesuai dengan kerjasama internasional.

Li Chunlai, peneliti di National Astronomical Observatory of the Chinese Academy of Sciences dan wakil kepala desainer tahap ketiga proyek eksplorasi bulan, mengatakan bahwa Chang'e 5 juga mencakup proses pendaratan benda luar angkasa lainnya dan pemilihan wilayah. Ini sebenarnya merupakan penelitian strategis jangka panjang dan proses perkembangan teknologi di masa mendatang.


Referensi: Xinhua: Xi congratulates complete success of Chang'e-5 mission
Diubah oleh Sambelterasi052 17-12-2020 13:47
challs
rony25
andriboems
andriboems dan 26 lainnya memberi reputasi
25
7K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.