• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Alasan Kenapa Mobil Manual Masih Digemari Ditengah Banyaknya Mobil Matik

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Alasan Kenapa Mobil Manual Masih Digemari Ditengah Banyaknya Mobil Matik

Saat ini mobil dengan transmisi matik sangat digemari. Bahkan mampu menguasai pasar otomotif roda empat. Hal ini terasa wajar karena mobil matik cendrung lebih mudah dalam pengoperasiannya. Pengendara gak harus ribet – ribet nginjak kopling, sehingga kaki bisa jadi lebih rileks ketika berkendara.


Tapi ternyata gak semua orang suka dengan sistem transmisi matik GanSis. Masih banyak pengendara yang lebih memilih mobil dengan transmisi manual. Berikut beberapa alasan kenapa mobil manual masih mendapatkan tempat di hati konsumen:

Akselerasi lebih responsif

Mobil manual cendrung lebih responsif ketika dikendarai. Hal ini dikarenakan pengendara bisa dengan leluasa mengontrol kopling. Beda hal nya dengan matik, dimana kenerja kopling diatur oleh mesin, sehingga sering kali terasa delay atau telat pada saat tarikan pertama.

Lebih hemat bahan bakar

Mobil manual cenderung lebih hemat bahan bakar karena perpindahan porsneling secara manual membuat pengemudi bisa menjaga putaran mesin tetap rendah. Sementara pada mobil matik, perpindahan gigi diatur oleh komputer.

Adanya sistem engine braking

Teknik ini bisa dilakuan untuk mengurangi kecepatan sambil menurunkan gigi ke posisi rendah. Engine braking dinilai cukup efektif digunakan saat kondisi jalan menurun dan curam. Akan tetapi, teknik ini tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering, karena memaksa mesin untuk berada di putaran tinggi. Cukup gunakan di momen – momen yang pas.

Melatih konsentrasi

Sudah barang jelas kalau pengemudi mobil manual lebih aktif ketimbang pengemudi mobil matik. Karena ia harus nginjak kopling dan memainkan tuas transmisi. Dan karena alasan ini pula pengendara mobil manual lebih fokus ketika berkendara.

Harganya lebih murah & perawatan juga mudah

Alasan lain kenapa mobil manual masih digemari adalah harga barunya yang lebih murah dibandingkan mobil matik. Sementara harga bekasnya justru lebih mahal dari mobil matik. Selain itu biaya perawatan mobil manual juga relatif lebih murah. Sebab jika ada kerusakan pada transmisi manual, hanya part yang rusak saja yang harus diganti. Sementara jika transmisi matik rusak, sering kali pemiliknya harus menggantinya secara gelondongan.



japarina
mobilkamusaja
trac0ne
trac0ne dan 50 lainnya memberi reputasi
51
14.3K
390
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.