lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Mitos atau Fakta? Sel-Sel Tubuh Kita 100% Berganti Tiap Tujuh Tahun Sekali.


Kita semua tentu tahu, bahwa selama kita hidup, sel-sel tubuh kita ada yang mati dan digantikan dengan sel-sel yang baru. Yang mudah kita lihat dengan mata, misalnya adalah sel-sel kulit yang terkelupas dan digantikan sel kulit yang baru.

Namun mungkin belum semua dari kita memikirkan, bahwa kalau hal ini terjadi, artinya setiap periode tertentu, maka seluruh sel-sel tubuh kita yang ada pada saat ini, sudah akan sepenuhnya digantikan oleh sel-sel tubuh yang lebih baru (berbeda). Sehingga bisa dikatakan, pada saat itu, secara fisik/biologis, tubuh kita adalah copy dari tubuh kita saat ini.

Tentu saja butuh waktu yang lama, kurang lebih dalam tubuh manusia dewasa terdapat 37.2 trilyun sel-sel yang menyusun tubuh kita.

Entah siapa yang memulai, ada sebuah pernyataan bahwa setiap 7 tahun sekali (ada juga yang mengatakan setiap 10 tahun sekali), sel-sel di seluruh tubuh kita lengkap digantikan oleh sel-sel tubuh yang baru.


Itu mitos atau fakta?

Faktanya sel-sel tubuh kita memang akan mati dan digantikan oleh sel-sel yang baru, dengan kecepatan yang berbeda-beda.

Sel-sel kulit misalnya mati dan digantikan oleh sel-sel yang baru tiap 2-3 minggu sekali. Sel darah merah berumur lebih lama sekitar 4 bulan, sebelum mati dan digantikan oleh sel darah merah yang lain.

Sel-sel lemak dan sel-sel tulang, bisa bertahan sampai 10 tahun lamanya.

Jadi mungkin mitos itu sedikit meleset? Bukan berganti tiap 7 tahun, akan tetapi menjadi sepenuhnya baru kurang lebih setiap 10 tahun?

Tidak juga.

Memang pada umumnya sel-sel tubuh akan mati dan digantikan oleh sel-sel tubuh yang baru, tapi ternyata proses itu tidak terjadi pada seluruh anggota tubuh kita.

Ada beberapa organ kita yang unik dalam hal ini, setelah proses pertumbuhan berhenti dan tubuh kita mencapai kedewasaan. Organ-organ tubuh ini, tidak lagi menumbuhkan sel-sel baru.

Sel-sel yang sama, akan ada bersama dengan kita sampai kita mati nanti.

Organ tubuh apa saja yang memiliki sifat unik ini? Di antaranya adalah otak, bola mata dan enamel gigi.

Jadi pernyataan bahwa setiap periode tertentu, sel-sel di seluruh tubuh kita akan berganti dengan yang baru adalah salah. Faktanya ada organ-organ tertentu yang sel-selnya akan terus bersama kita sepanjang kehidupan kita.

Meskipun mereka tidak menumbuhkan sel-sel baru, bukan berarti sel-sel yang ada tidak bisa rusak dan mati.


Oleh karena itu, organ-organ ini sebaiknya dijaga baik-baik, karena ketika mereka rusak, tidak ada proses regenerasi yang akan menumbuhkan sel-sel baru, untuk menggantikan sel-sel yang rusak tadi.

Salam...........

Sumber referensi
https://www.discovery.com/science/Bo...-Every-7-Years
mobilkamusaja
ev103
b4breakk
b4breakk dan 34 lainnya memberi reputasi
35
4.9K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.