Porsche Mobil 1 Supercup Thread - ajang mobil stock OMR support race F1
TS
Therius94
Porsche Mobil 1 Supercup Thread - ajang mobil stock OMR support race F1
Buat memperkaya forum balap kaskus tercinta
Ane bikin thread ttg Porsche Mobil 1 Supercup (Piala Super Porsche) - turnamen balap mobil stock production OMR yang semua mobilnya Porsche 911 GT3 Cup yang juga merupakan turnamen balap mobil support race F1 sejak tahun 1993.
Spoiler for Ini logo resminya gan!:
Logo resmi Porsche Mobil 1 Supercup.
Spoiler for Ini detail Porsche Mobil 1 Supercup dari Wikipedia Bhs. Indonesia gan:
Detail Porsche Mobil 1 Supercup dari Wikipedia Bahasa Indonesia:
Piala Super Porsche (dikenal sebagai moniker Porsche Mobil 1 Supercup) adalah turnamen balap mobil stok produksi one-make race yang merupakan turnamen balapan pendukung untuk Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu yang diselenggarakan oleh Porsche Motorsport.
Seluruh peserta pembalap Piala Super Porsche membalap dengan menggunakan mobil Porsche 911 GT3 Cup yang seragam. Rata-rata, 24 mobil balap ambil bagian dalam setiap perlombaan. Sebagian besar sirkuit yang dikunjungi oleh seri ini adalah Eropa, meskipun sirkuit di Bahrain, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, dan Meksiko telah dimasukkan dalam kalender juga.
Sejarah
Sejak musim 1993 Piala Super Porsche telah digelar sebagai balapan pendukung untuk Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu. Jumlah balapan telah bertambah dari semula sembilan menjadi total 13 pada 2006, meskipun menurun menjadi 11 pada 2017.
Kendaraan balap
Sejak musim 1993 seluruh peserta pembalap Piala Super Porsche menggunakan mobil seragam Porsche 911 GT3 Cup yang generasi mobilnya berganti sebanyak 7 kali. Mobil Porsche 911 GT3 Cup yang dibekalkan dengan mesin Porsche MDG.G berbentuk flat berkapasitas 3996 cc (244 cu in) aspirasi alami bersilinder enam berinjeksi langsung (Gasoline Direct Injection) berposisi di bagian belakang mobil dan ban Michelin slick kering dan beralur basah. Bahan bakar untuk semua peserta mobil Porsche Supercup dibekali dengan bahan bakar Super tanpa timbal yang dipasok oleh Esso yang merupakan anak usaha dari ExxonMobil sebagai mitra kerja bahan bakar kontrol resmi turnamen Piala Super Porsche sejak musim 1996. Mitra kerja pelumas mesin control resmi untuk semua peserta Piala Super Porsche adalah Mobil 1 sejak musim 1996. Sementara transmisi girboks mobil seluruh peserta Piala Super Porsche didesain secara in-house oleh Porsche yang menggunakan format dog-type enam percepatan sekuensial semi-otomatis yang dioperasikan lewat paddle-shifter termasuk gigi mundur sejak musim 2013 silam.
Paket rem seluruh peserta mobil Piala Super Porsche umumnya dibekalkan rem cakram baja yang dikembangkan oleh Performance Friction Corporation (PFC) sedangkan kampas rem dan kaliper rem dikembangkan secara in-house oleh Porsche (6-piston untuk kaliper depan sedangkan 4-piston untuk kaliper belakang) tapi perangkat ABS dilarang.
Di sektor aerodinamika, seluruh mobil peserta Piala Super Porsche dibekalkan dengan splitter depan dan sayap belakang berelemen tunggal.
Interior kokpit seluruh peserta mobil Piala Super Porsche roda kemudi setirnya dikembangkan oleh Porsche Motorsport yang dibekalkan dengan 8 tombol + paddle-shifter, layar dashboard berwarna Cosworth Omega Intelligent Colour Display (ICD) yang canggih dengan kelengkapan data. Kokpit mobil Piala Super Porsche umumnya ber-AC dingin + dilengkapi dengan pendingin helm yang disambungkan ke helm pembalap untuk menjaga suhu pembalap di interior mobil. Kursi jok balap mobil Piala Super Porsche menggunakan format racing bucket seat dengan pengatur fore/aft yang nyaman untuk pembalap ketika berkendara.
Regulasi
Dua set ban slick dapat digunakan per mobil dan akhir pekan. Jumlah jatah ban basah tidak terbatas. Semua ban identik untuk semua peserta balap dan tidak diizinkan untuk dipanaskan terlebih dahulu atau diperlakukan secara kimia.
Kejuaraan
Klasemen kejuaraan pembalap
Poin diberikan ke 15 pembalap pertama yang menyelesaikan balapan dari setiap balapan dan semua balapan diperhitungkan. Untuk menerima poin, pembalap harus berkompetisi dalam beberapa balapan per musim. Sejak 2008, ada dua poin bonus yang diberikan untuk pengemudi yang mendapatkan posisi terdepan dalam kualifikasi.
Jika seandainya berakhir seri, Piala Super Porsche akan menentukan juara berdasarkan jumlah kemenangan pembalap terbanyak. Jika masih ada seri, Piala Super Porsche juga akan menentukan juara dengan finish di peringkat kedua, maka finish di peringkat ketiga, dll, hingga juara ditentukan. Piala Super Porsche akan menerapkan sistem yang sama pada ikatan lainnya di peringkat pada penutupan musim dan pada waktu lainnya selama musim berjalan.
Klasemen kejuaraan tim
Poin dari dua pembalap terbaik dari masing-masing tim ditambahkan. Pada akhir musim Porsche memberikan penghargaan kepada tiga tim terbaik dengan uang hadiah.
Hadiah uang
Pada tahun 2006 dan 2007, Porsche AG membayar sekitar 820.000 Euro untuk pembalap dan tim. Per balapan pemenang menerima hadiah uang sebesar 9.000 Euro, runner-up €7.500 dan pembalap ketiga 6.500 Euro. Untuk tempat ke-15 pembalap akan mendapatkan hadiah uang sebesar €1.400. Selain itu, juara 2006 atau 2007 menerima mobil jalan raya dari Porsche. Pembalap dengan lap tercepat akan diberikan arloji premium dari Porsche Design.
Pada 2015, Porsche mengatakan mereka membayar "lebih dari 730.000 Euro dalam hadiah uang kepada pembalap dan tim. Selain itu, pemenang keseluruhan menerima hadiah khusus. Pemenang klasifikasi pemula menerima hadiah tambahan sebesar 30.000 Euro jika beliau mendaftar ulang untuk Piala Super Porsche tahun berikutnya."
Daftar juara
Pembalap Belanda Patrick Huisman adalah pembalap paling sukses dalam turnamen ini, setelah memenangkan empat gelar berturut-turut antara 1997 dan 2000, diikuti oleh René Rast dengan tiga gelar, Jeroen Bleekemolen dan Richard Westbrook dengan masing-masing dua gelar. Juara petahana saat ini adalah pembalap Jerman Michael Ammermüller, yang juga telah memenangkan gelar juara kejuaraan pada tahun 2017, 2018 dan 2019.
Popularitas
Di sirkuit Grand Prix selama 2006, rata-rata 125.000 penonton menyaksikan aksi dari tribun di setiap lomba. Menurut Porsche AG balapan menarik 22 juta pemirsa TV di seluruh dunia, sebagian besar dari mereka di Eropa di mana Eurosport menyediakan liputan rutin.[2]
Piala Porsche Carrera
Porsche juga menjalankan banyak turnamen balap mobil stok produksi regional dan nasional di seluruh dunia:
Piala Porsche Carrera Asia
Piala Porsche Carrera Italia
Piala Porsche Carrera Jepang
Piala Porsche Carrera Australia
Piala Porsche Carrera Pernacis
Piala Porsche Carrera Jerman
Piala Porsche Carrera Britania Raya
Piala Porsche Carrera Skandinavia
Porsche GT3 Cup Challenge Brazil
Porsche GT3 Cup Challenge Australia
Porsche GT3 Cup Challenge Benelux
Porsche GT3 Cup Challenge Canada
Porsche GT3 Cup Challenge Finland
Porsche GT3 Cup Challenge Japan
Porsche GT3 Cup Challenge Middle East
Porsche GT3 Cup Challenge Suisse
Porsche GT3 Cup Challenge USA
Porsche GT3 Cup Trophy Argentina
Porsche GT3 Cup Trophy China
Porsche GT3 Cup Trophy USA
Spoiler for Ini jadwal resmi Porsche Mobil 1 Supercup musim 2021 gan:
Jadwal resmi Porsche Mobil 1 Supercup musim 2021.
Spoiler for Dan ini penampakan mobil balapnya gan:
Mobil balap Porsche 911 GT3 Cup.
Silahkan menikmati trit baru seputar Porsche Mobil 1 Supercup gan!
Diubah oleh Therius94 09-12-2020 03:52
tien212700 memberi reputasi
1
1.3K
Kutip
3
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Racing / Balap
323Thread•917Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru