• Beranda
  • ...
  • Health
  • Yuk, Simak Manfaat dan Waktu yang Tepat Untuk Tidur Siang!

firdainayahAvatar border
TS
firdainayah
Yuk, Simak Manfaat dan Waktu yang Tepat Untuk Tidur Siang!
Hai, Agan dan Sista


Quote:




Agan dan Sista mungkin sering mendengar Ibu-ibu yang menganjurkan agar anak-anaknya tidur siang. Yakan? Alasannya tentu agar si anak bisa istirahat setelah lelah beraktivitas di sekolah. Eits ... tapi bukan hanya anak-anak saja, lho, yang dianjurkan untuk tidur siang. Orang dewasa pun juga membutuhkannya, GanSist!

Agan dan Sista juga harus tau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur siang. Sebab, jika terlalu lama tidur siang malah akan membuat badan menjadi lemas, serta waktu tidur di malam hari menjadi sedikit terganggu.

Berikut tips dan waktu yang tepat untuk tidur siang:


1. Tidur sekitar jam 2-3 sore

Quote:



Waktu yang baik untuk tidur siang adalah sekitar jam 2-3 siang, GanSist. Kenapa? Karena di jam-jam itulah perut kita mulai terasa kenyang setelah makan siang, serta tubuh yang sudah mulai lelah karena beraktivitas dari pagi.

Di jam-jam ini sering dikatakan sebagai waktu ideal untuk tidur siang karena cenderung tidak akan mengganggu waktu tidur Agan dan Sista saat malam.


2. Tidur selama 10-30 menit saja

GanSist, ternyata tidur siang yang baik dan ideal hanya membutuhkan waktu selama 10-30 menit saja, lho! Semakin lama durasi Agan dan Sista tidur siang, maka besar kemungkinan moodakan terganggu, alias jadi uring-uringan.

Kadang juga bisa membuat badan jadi lemas saat terlalu lama tidur siang. Bener, gak, GanSist? Ane biasanya gitu sih, kalo kelamaan tidur siang emoticon-Cape d...


3. Memilih tempat atau ruangan yang tepat

Quote:




Tempat atau ruangan yang baik untuk tidur siang adalah ruangan yang tidak terlalu terang dengan suasana tenang. Agan dan Sista bisa mematikan lampu kamar untuk bisa lebih menikmati waktu tidur siang.

GanSist, bisa juga mengatur suhu ruangan sesuai dengan yang Agan dan Sista inginkan. Ini juga bisa menambah kenyamanan tidur siang, lho! Jika di kamarnya belum ada AC, tenang, masih ada kipas angin kok hehe ....


4. Jangan buru-buru beraktivitas!

Buru-buru beranjak dari tempat tidur dan beraktivitas, bisa bikin kepala terasa pusing, nyut-nyutan, uring-uringan, lemas, pokoknya nggak enak banget, deh rasanya. Sebaiknya, Agan dan Sista duduk bersandar atau cari posisi yang enak dulu selama 3-5 menit.


***



Agan dan Sista mungkin ada yang bertanya-tanya, apa sih manfaat atau faedahnya tidur siang? Kok banyak orang yang seolah mewajibkan dirinya untuk tidur siang? Serta pertanyaan-pertanyaan lain yang sering muncul di kepala Agan dan Sista.


GanSist, bahkan, di agama islam pun Nabi SAW menganjurkan untuk tidur siang, lho! Tapi, ingat! Lakukan semua hal dalam porsi yang cukup. Tidak kurang dan tidak lebih, termasuk tidur siang. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan itu sangat tidak baik.

Lalu, apa saja manfaat tidur siang?

Nih, ane kasih tau apa saja manfaatnya.

Check this out >>>


1. Mengganti jam tidur malam yang hilang

Agan dan Sista yang sering bergadang, entah itu karena lembur di tempat kerja atau mengerjakan tugas-tugas kuliah yang menumpuk, tentu jam tidur malamnya akan sangat terganggu. Kurangnya tidur pada malam hari bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah, malas beraktivitas dan tentunya jadi lebih mudah mengantuk.

Tidur siang dengan durasi 10-30 menit bisa membantu Agan dan Sista agar mengatasi mudah lelah dan mengantuk saat beraktivitas.

So, mari kita usahakan istirahat sebentar 10-30 menit emoticon-Wowcantik


2. Membantu mengendalikan stres

Kurangnya durasi tidur atau tidur yang tidak nyenyak bisa membuat seseorang menjadi stres dan uring-uringan. Nah, salah satu solusi agar tidak terlalu stres, Agan dan Sista bisa mengendalikannya dengan tidur siang.

Sebuah studi di tahun 2012 oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolismmenunjukkan bukti-bukti jika tidur siang bisa mengurangi hormon stres setelah kurang tidur.



3. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Tidur siang juga ternyata bisa mencegah penyakit jantung dan stroke lho, GanSist!


Bergadang merupakan kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan jantung jika dilakukan secara terus menerus. Saat mengantuk, tetapi dipaksa untuk bekerja, maka saat itu juga jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu, memaksakan meminum kopi atau minuman berkafein lainnya justru akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan loh, GanSist!


Maka dari itu, kita dianjurkan untuk istirahat sejenak (baca: tidur siang), meski hanya sekitar 10-30 menit setiap harinya. Kebiasaan tersebut bisa mencegah penyakit jantung dan stroke.


Nah, gimana GanSist? Masih males buat tidur siang setelah tahu manfaatnya? Yuk, biasakan tidur siang supaya lebih fresh dan bisa menggantikan kurangnya waktu tidur pada malam hari.


Sekian thread dari ane, terima kasih dan sampai jumpa di thread selanjutnya emoticon-Big Kiss
Daniswara92
nirankara
novikikirizkia
novikikirizkia dan 36 lainnya memberi reputasi
35
4.9K
203
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.