Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Penyebab Ikan BIsa Berubah Warna, Anak Cupang, Koki, Koi Masuk!


[ HT# 666 ]

Dirumah lagi koleksi ikan apa nih gan? Saat ini selain lagi musim tanaman rupanya ikan juga lagi rame di pelihara orang. Hewan warna-warni yang elok dan penghilang stress ini ternyata juga bisa berubah warna!

Koleksi ikan penuh warna dan berbagai jenis, dengan percikan air yang setiap saat kita lihat dan dengar memang bisa merelaksasi pikiran. Tapi jangan kaget jika tiba-tiba ada ikan yang berubah warna. Kok bisa, ya?

Saya rasa pembaca disini belum banyak yang tahu kalau ikan jenis air tawar seperti koki, ikan cupang, louhan, dan beberapa ikan lain bisa berubah warnanya?

Nah, biar tidak ketipu saat membeli simak artikel saya kali ini, ya.


Secara garis besar perubahan warna pada tubuh ikan dibagi menjadi 2 sebab, yakni perubahan secara alami dan buatan.


PERUBAHAN SECARA ALAMI



Menurut sumber yang saya baca mengapa warna tubuh ikan tiba-tiba bisa berubah warna, tidak serta merta berubah dalam sekejap mata tapi mengalami beberapa tahapan proses dan oleh sebab eksternal.

Dan penyebab utama perubahan ini adalah ikan yang kita miliki saat itu masih dalam tahap pertumbuhan dimana warna-warnanya masih premature/ belum matang, setelah dewasa cirinya; bagian yang tadinya berwarna pucat cenderung akan mencolok atau sebaliknya.

Sebab kedua karena pengaruh makanan yang dikonsumsinya. Ada warna ikan memang berubah warna menjadi semakin gelap atau kuat ketika diberi pakan seperti wortel atau di jemur pada ikan koki dan koi, semakin sehat warna ikan biasanya semakin cerah dan menarik.

Sebab ketiga karena kondisi ikan yang kian memburuk disebabkan ikan sedang sakit. Biasanya karena kualitas air yang tidak sehat, makanan berkualitas rendah, stress, dan karena faktor pencahayaan yang kurang baik.



PERUBAHAN SECARA BUATAN



Nah, ini yang belum diketahui oleh orang awam juga, warna-warni pada ikan ternyata bisa dilakukan secara buatan.

Tentu saja karena tidak alami lebih pada pemaksaan tujuannya adalah agar warna terlihat lebih indah dan gelap akibatnya memiliki efek negatif pada ikan, dilakukan untuk menipu pembeli dan pada ajang kontes ikan.

Cara 'menyuntikan' pewarna lewat hormon makanan tertentu biasa dilakukan oleh oknum yang ingin mengeruk keuntungan sesaat tanpa memperdulikan kesehatan ikan itu sendiri.

Kalau kamu mau tahu jenis pewarna hormon yang dijual dipasaran diantaranya:


Spoiler for jenis hormon:



Ini amat disayangkan karena hewan peliharaan harusnya dipelihara dengan penuh kasih sayang tapi malah di 'manipulasi'. Untuk itu biasanya pada kontes-kontes ikan model hormon pewarna buatan ini tidak boleh dilombakan dan biasanya panitia juga bisa membedakan warna asli atau buatan.

Alasannya karena selain berindikasi menipu biasanya hormon pewarna ini hanya kuat selama sebulan, setelah itu warna ikan kembali seperti aslinya. Jadi jangan kaget kalau ikan yang sudah kamu beli mahal-mahal dirumah tiba-tiba berwarna pucat, tandanya kamu sudah di tipu oleh penjual yang nakal.



Dan buat pemula yang tidak ingin tertipu sebaiknya membeli ikan yang sudah dewasa, kecuali memang berniat beternak, ya, dan hindari ikan hasil sutikkan hormon makanan tadi. Pilihlah bibit yang berkualitas, ini bisa ditanyakan langsung ke penjualnya.


Referensi. tkp1, tkp2
Img.koleksi pribadi, google img






Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS




Diubah oleh iskrim 15-12-2020 23:08
Papa.T.Bob
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.8K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.